Pengertian Bank Himbara dan Daftarnya di Indonesia

Jaringan perbankan BUMN

Pengertian Bank Himbara dan Daftarnya di Indonesia
ilustrasi gedung bank (unsplash.rifky seno)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Istilah Himbara mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan pelaku perBankan. Istilah tersebut digunakan untuk mengenali himpunan perbankan milik negara.

Selain perbankan swasta, perbankan milik negara menjadi lembaga keuangan yang banyak berperan di Indonesia. Tidak heran, jumlah nasabahnya banyak tersebar di seluruh wilayah.

Untuk memfasilitasi kebutuhan nasabah, sejumlah perbankan tersebut membuat satu jaringan bank. Kolaborasi tersebut juga melahirkan jaringan ATM yang bisa digunakan oleh nasabah, yaitu ATM Link.

Ingin tahu pengertian bank Himbara dan daftarnya di Indonesia? Simak ulasannya di bawah ini.

Apa itu bank Himbara?

Himbara adalah singkatan dari Himpunan Bank Milik Negara. Artinya, bank Himbara merupakan perbankan yang saham mayoritasnya dimiliki oleh pemerintah Indonesia.

Istilah Himbara sendiri populer digunakan dari era Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno yang menjabat dari tahun 2014 sampai 2019. 

Himpunan tersebut bisa dikatakan sebagai program sinergi antar BUMN yang digagas oleh Kementerian BUMN untuk menunjang kinerja dan integrasi.

Selain itu, Himbara juga menjadi jaringan yang berguna sebagai fasilitas penyaluran bantuan dari pemerintah kepada masyarakat.

Daftar anggota bank Himbara

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, himpunan satu ini berisi beberapa bank pelat merah. 

Jaringan Himbara beranggotakan perbankan BUMN. Seluruh bank milik negara termasuk ke dalam daftar anggota Himbara. Adapun daftar anggota bank Himbara, yaitu sebagai berikut:

  • Bank Rakyat Indonesia (BRI);
  • Bank Negara Indonesia (BNI);
  • Bank Mandiri;
  • Bank Tabungan Negara (BTN).

Penggunaan ATM Link

Salah satu sinergi yang dibentuk dari program tersebut adalah dibentuknya ATM Link. ATM tersebut melayani kebutuhan transaksi nasabah dari bank Himbara.

Hingga saat ini, jumlah ATM Link sudah ada lebih dari 45 ribu unit yang tersebar di Indonesia. Nasabah juga bisa mudah mengenalinya dengan logo Link yang dilengkapi dengan logo masing-masing bank pemilik ATM.

Lewat mesin ATM tersebut, nasabah bisa melakukan transaksi antar bank BUMN tanpa biaya admin. Beberapa transaksi tersebut meliputi penarikan tunai dan cek saldo.

Untuk biaya transfer, masih terdapat biaya administrasi. Biaya transfer antar Himbara sebesar Rp4.000, sedangkan Rp6.500 untuk bank selain Himbara.

Demikian pengertian bank Himbara dan daftarnya yang tergabung dalam jaringan ATM Link di seluruh Indonesia. Apakah Anda termasuk salah satu nasabahnya?

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

Astra (ASII) Akuisisi Rumah Sakit Jantung Ini Senilai Rp643 Miliar
Satgas Perumahan Prabowo Usul Hapus PPN Perumahan dan BPHTB
Grup Emtek Borong Saham BUKA, Transaksi Rp1,18 T
Menkominfo Resmi Blokir Aplikasi Temu
Menkominfo Tegur 5 E-Wallet Fasilitator Judol, Ada GoPay hingga Dana
Tuduhan Sarang Pedofil Guncang Saham Roblox