Apa Pentingnya Kuliah Setelah Lulus Sekolah? Ini Alasannya

Berguna bagi perkembangan diri

Apa Pentingnya Kuliah Setelah Lulus Sekolah? Ini Alasannya
ilustrasi berkuliah (unsplash/kenny eliason)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Setelah menyelesaikan studi sekolah, biasanya seseorang akan dihadapkan pilihan akan langsung bekerja atau berKuliah. Tidak sedikit yang memilih untuk bekerja karena dianggap lebih menawarkan keuntungan yang pasti.

Kenyataannya kuliah menawarkan beberapa manfaat jangka panjang yang bisa didapatkan seorang mahasiswa. Salah satunya dapat membuka peluang karier yang lebih baik. 

Sebenarnya, apa pentingnya kuliah? Berikut beberapa alasan penting mengapa kuliah penting bagi lulusan sekolah.

1. Memperdalam wawasan

Di perguruan tinggi, tentu Anda mendapatkan pengalaman akademik yang berguna untuk memperdalam wawasan dan mengetahui secara lebih baik.

Ketika bersekolah, materi yang diajarkan bersifat umum atau mendasar. Berbeda di bangku sekolah, topik dan materi yang dipelajari selama berkuliah jauh lebih spesifik. Pembahasannya juga lebih komprehensif karena dibahas satu per satu.

Dengan begitu, Anda bisa memperoleh pengalaman akademik yang jauh lebih baik daripada sekolah. Terutama bagi Anda yang tertarik untuk mempelajari suatu bidang keilmuan lebih dalam. 

Kuliah menjadi pilihan yang tepat untuk dipilih bagi Anda yang ingin memperluas ilmu pengetahuan. Hal tersebut juga nantinya akan membantu Anda dalam mencari pekerjaan dengan keahlian spesifik di bidang tertentu.

2. Membuka peluang karier lebih banyak

Setelah lulus sekolah, seseorang bisa saja memutuskan untuk langsung bekerja. Lowongan lulusan SMA atau deretan juga dibuka. Meskipun begitu, peluang kerjanya jauh lebih sedikit daripada lulusan perguruan tinggi.

Ketika melamar pekerjaan, sebagian besar kualifikasi yang diminta minimal lulusan S1 atau D3. Pasalnya, perusahan besar hingga instansi pemerintah akan lebih memilih kandidat yang memiliki latar belakang pendidikan yang lebih tinggi. 

Artinya, berkuliah sangat membuka peluang karier lebih banyak dan luas. Tidak jarang, gelar sarjana yang sudah diperoleh biasanya memberikan jaminan kerja dan penghasilan lebih baik.

Alasan pentingnya kuliah satu ini yang menjadi pertimbangan terbesar seseorang memilih berkuliah setelah lulus demi mendapatkan peluang karier lebih luas.

3. Membangun jejaring

Hal yang harus Anda pertimbangkan mengapa harus kuliah adalah membangun jejaring dan koneksi. Tidak hanya memperluas wawasan, kuliah juga menjadi tempat bagi mahasiswa untuk membangun jejaring profesional yang memiliki manfaat jangka panjang.

Tidak dapat dipungkiri bahwa koneksi menjadi suatu hal penting saat memasuki dunia perkuliahan yang manfaatnya akan dirasakan ketika bekerja.

Selama berkuliah, Anda akan bertemu dengan banyak orang dari latar belakang yang berbeda. Anda akan menemukan banyak relasi baru, baik dengan teman, dosen, dan lainnya. 

Lewat koneksi tersebut, Anda dapat saling bertukar informasi dan berbagai pengalaman. Anda juga bisa mendapatkan banyak peluang pengalaman dan karier dari koneksi yang telah dibangun.

4. Mengembangkan keterampilan lebih baik

Salah satu alasan pentingnya kuliah berikutnya adalah dapat membantu mengembangkan keterampilan lebih baik. Tidak hanya belajar teori saja, mahasiswa juga akan mendapatkan pengalaman praktik nyata.

Pengalaman praktik memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai bidang pekerjaan terkait program studi. Lewat pengalaman tersebut, mahasiswa bisa mengasah keterampilan soft skill yang sangat berguna dalam dunia kerja nantinya. 

Contohnya, kemampuan berkomunikasi dengan berbagai macam orang dengan latar belakang yang berbeda. Hal tersebut juga membantu seseorang untuk mengembang kemampuan interpersonal yang lebih baik.

5. Mempersiapkan diri ke dunia profesional

Selama berkuliah, kurikulum dan rencana pembelajaran sudah disusun sedemikian rupa oleh pihak perguruan tinggi. Bukan tanpa alasan, mata kuliah yang disusun tersebut berguna untuk mempersiapkan mahasiswa memasuki dunia profesional. 

Dalam perkuliahan, Anda akan belajar bekerja secara profesional. Mulai dari kegiatan organisasi, proyek perkuliahan, hingga pengalaman magang. Berbekal ilmu dan pengalaman tersebut, Anda akan lebih siap menghadapi dunia kerja.

Hal tersebut yang menjadikan modal Anda dalam persaingan kerja. Terlebih persaingan kerja semakin ketat di era globalisasi. Menyelesaikan pendidikan tinggi dapat menjadi keunggulan tersendiri di industri yang semakin kompetitif.

6. Mengeksplorasi minat

Berkuliah bukan tentang mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, perguruan tinggi juga bisa menjadi tempat mahasiswa untuk mengeksplorasi minatnya. Alasan pentingnya kuliah satu ini membuat pandangan pada dunia jadi lebih luas.

Anda bisa menjelajahi minat khusus secara lebih spesifik, baik lewat kelas, organisasi, hingga komunitas yang bisa diikuti dengan bebas. Lewat kebebasan yang diberikan, mahasiswa diberikan kesempatan yang luas untuk mencari dan mengeksplorasi bidang dan minat baru. 

Saat berkuliah, Anda juga akan mendapatkan kesempatan mengambil kelas di luar program studi. Peluang tersebut bisa Anda bisa manfaatkan untuk mempelajari keterampilan baru dan mengembangkan minat yang mungkin sulit dikembangkan di jurusan Anda.

7. Meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif

Sebagian besar orang beranggapan bahwa perguruan tinggi bertujuan mempersiapkan mahasiswa untuk berkarier di bidang tertentu. Meskipun benar, perguruan tinggi juga melatih setiap mahasiswa untuk berpikir kritis dan kreatif.

Dalam dunia perkuliahan, mahasiswa akan diajarkan bagaimana menganalisis suatu masalah secara mendalam untuk menemukan solusi yang paling tepat. Lewat pembelajaran tersebut, kreatifitas Anda akan turut dilatih lewat inovasi-inovasi untuk memperoleh solusi yang efektif.

Keterampilan tersebut tentunya akan sangat membantu dalam menghadapi kesulitan dalam hidup dan dunia kerja. 

Itu dia beberapa alasan pentingnya kuliah setelah lulus yang memberikan banyak manfaat bagi perkembangan diri dan karier di masa mendatang. Semoga artikel ini bermanfaat.

Related Topics

Kuliah

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

12 Tahun Dijual, Rumah Mewah Michael Jordan di Chicago Akhirnya Laku
Isak Tangis Sri Mulyani di Banggar DPR Usai Sepakati RUU APBN 2025
OnlyFans Cetak Rekor Pendapatan, Capai US$6,6 Miliar di 2023
Perbedaan Istana Garuda dan Istana Negara IKN, Jangan Keliru
Alibaba Pertahankan Kepemilikan 88 Miliar Saham GoTo hingga 5 Tahun
Bunga Acuan Turun, BI Proyeksikan Kredit Bank Tumbuh 12%