Siapa Pemilik Roblox? Ternyata Ini Orangnya

Pemilik platform game online terbesar

Siapa Pemilik Roblox? Ternyata Ini Orangnya
David Baszucki (Wikimedia commons/techcrunch)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Roblox mungkin tidak terdengar asing lagi di kalangan penggemar game. Pasalnya, Roblox merupakan salah satu platform game online yang terkenal dari anak-anak hingga orang dewasa.

Berbeda dengan game online lainnya, Roblox memungkinkan penggunanya untuk merancang dan memainkan game buatan pengguna lainnya. Bahkan, pengguna bisa saling berkomunikasi lewat platform tersebut.

Tidak hanya menghibur, platform ini juga dapat mendidik penggunanya. Lantas, siapa pemilik Roblox yang saat ini jadi perusahaan game online sukses? Temukan jawabannya di bawah ini.

Siapa pemilik Roblox?

Tidak sedikit yang menanyakan siapa pemilik Roblox ketika membahas platform game online tersebut. Ternyata sosok di balik Roblox adalah David Baszucki dan Erik Cassel.

Hingga saat ini, David Baszucki masih menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO) Roblox Corporation. Erik Cassel salah satu pendirinya diketahui sudah menutup usia pada tahun 2013.

Di bawah kepemimpinannya, Roblox berhasil menjadi perusahaan perangkat lunak yang sukses dan berkembang. Roblox juga masih diminati oleh para penggunanya di tengah maraknya game online lainnya.

Profil David Baszucki

Pertanyaan mengenai siapa pemilik Roblox sudah terjawab sebelumnya. Sosok David Baszucki memang menjadi salah satu inspirasi di bidang pembuatan game.

Ternyata laki-laki kelahiran tahun 1963 ini merupakan lulusan teknik elektro dari Universitas Stanford. Setelah lulus, David mendirikan perusahaan Knowledge Revolution. 

Dari tahun 1989 sampai 1998, David Baszucki menjabat beberapa posisi di perusahaan tersebut. Di sana, ia juga terlibat dalam proyek pembuatan perangkat lunak berupa simulator fisika bernama Interactive Physics. 

Sayangnya, perusahaan tersebut telah diambil alih oleh MSC Software Corporation pada Desember 1998. Setelah bekerja selama beberapa tahun, ia mulai membangun dan mengembangkan Roblox bersama dengan Erik Cassel.

Roblox tumbuh jadi perusahaan bergengsi

Pada tahun 2004, Roblox akhirnya diluncurkan oleh David Baszucki dan Erik Cassel. Roblox hadir sebagai platform game yang bisa diakses oleh para penggunanya. Di sana, para pengguna bisa bermain permainan dengan pengguna lainnya.

Tidak hanya menawarkan gameplay yang menarik, pengguna juga bisa membuat dan merancang permainan sendiri. Bahkan, pengguna lain bisa memainkan permainan yang Anda buat.

Tidak heran, Roblox juga menjadi tempat bagi developer muda untuk mendukung potensinya dalam industri pembuatan game online.

Selain bisa bermain sepuasnya, pengguna bisa mendapatkan keuntungan dari game yang dibuatnya tersebut.

Kesuksesan Roblox ini juga turut ambil bagian dalam kekayaan yang dimiliki oleh David Baszucki. Dilansir laman Forbes, total kekayaan bersihnya secara real time mencapai 2,4 miliar dolar AS.

Dengan kekayaan tersebut, ia berhasil masuk jajaran miliarder di urutan 1286 pada tahun 2024. Pada tahun 2022, ia juga sempat masuk ke dalam daftar Forbes 400.

Salah satu pendiri Baszucki Group

Tidak hanya Roblox saja, David Baszucki juga memperluas portofolionya pada sektor lainnya. Bersama dengan istrinya, Jan Ellison, David Baszucki membangun Baszucki Group di tahun 2021.

Baszucki Group merupakan organisasi sosial yang mendorong upaya untuk mengatasi permasalahan sosial di tengah masyarakat.

Baszucki Group berinvestasi pada sumber daya manusia, platform, dan organisasi yang mengatasi permasalahan dari sumbernya, sehingga mendorong perubahan secara sistematis.

Ada beberapa topik yang menjadi fokus kegiatan, seperti kesehatan mental, biomedis, pertanian regeneratif, pemilu, dan komunitas.

Jadi, siapa pemilik Roblox? Sosok di balik kesuksesan platform satu ini adalah David Baszucki dan Erik Cassel. Lewat konsisten yang ditunjukkan dalam industri teknologi, perusahaan yang dibangun bisa sukses dan berkembang.

Related Topics

RobloxKaiKai Now

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

49.062 Orang Dapat Insentif Motor Listrik, Ini Cara Pengajuannya
Kemendag: Aplikasi Temu Bisa Dapat Izin jika Taati Aturan Permendag 31
Satgas Perumahan Prabowo Usul Hapus PPN Perumahan dan BPHTB
Isu Akuisisi Bukalapak oleh Temu: Respons BUKA dan Analisis
Manajemen Bukalapak Bantah Ada Informasi Akan Diakuisisi Temu
Menkominfo Resmi Blokir Aplikasi Temu