7 Tips Beli Tanah Kavling agar Lebih Menguntungkan dan Aman

Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan

7 Tips Beli Tanah Kavling agar Lebih Menguntungkan dan Aman
ilustrasi tanah kavling (unsplash/point3d commercial imaging ltd)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Properti menjadi salah satu investasi yang memiliki prospek yang menguntungkan. Tidak heran, ada cukup investor yang mencari sebidang Tanah, baik untuk investasi atau dimanfaatkan untuk membuat hunian impian.

Salah satu pilihan properti yang bisa dipilih adalah tanah kavling. Biasanya, tanah yang ditawarkan sudah dipetak-petak dalam ukuran tertentu. Dengan begitu, Anda cukup menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Agar pembelian properti lebih menguntungkan dan aman, berikut beberapa tips beli tanah kavling yang bisa diperhatikan sebelum membeli jenis properti tersebut.

1. Riset tanah kavling yang ingin dibeli

Langkah pertama yang bisa dilakukan sebelum membeli tanah kavling adalah melakukan riset. Anda bisa mendata beberapa tanah kavling yang cocok dan sesuai dengan keinginan. 

Agar lebih mudah dipahami, buatkan dalam bentuk list dan poin-poin yang pentingnya, mulai dari lokasi, harga, dan lain sebagainya. 

Lewat catatan yang dibuat, Anda bisa mengkategorikan beberapa properti menjadi lebih mudah. Tips beli tanah kavling satu ini juga membantu Anda menentukan tanah kavling mana saja yang potensial untuk diinvestasikan atau dibeli.

Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah untuk melakukan keputusan pembelian lewat informasi yang sudah terangkum sedemikian rupa tersebut.

2. Cek kelengkapan dan keaslian dokumen

Sebelum membeli sebidang tanah, penting untuk memastikan kelengkapan dokumennya atau legalitasnya. Dokumen tersebut mencakup sertifikat Hak Milik (SHM) atau sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB).

Jangan ragu untuk menanyakan jenis sertifikat yang dimiliki oleh tanah kavling tersebut pada penjualnya. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pengecekan pada dokumen terkait ke kantor BPN setempat atau lewat online.

Pastikan juga bahwa sertifikat tanah tersebut sesuai dengan kartu identitas milik penjual sehingga memastikan tanah kavling tersebut tidak fiktif.

Langkah ini sangat penting untuk dilakukan oleh setiap investor atau Anda yang hendak membeli suatu properti. Tujuannya membantu Anda menghindari masalah sengketa lahan yang merugikan di masa mendatang.

3. Cek lokasi dan kondisi tanah

Meninjau lokasi dan kondisi tanah menjadi tips beli tanah kavling yang wajib untuk dilakukan. Anda bisa mengecek lokasi sekitar tanah kavling.

Pastikan lokasi tersebut memiliki aksesibilitas yang baik, fasilitas umum, dan potensi pertumbuhan.

Kondisi sekitar juga masuk bahan pertimbangan yang penting untuk diperhatikan. Periksa apakah kondisi sekitar sering banjir, gempa, atau masalah ekologi lainnya.

Selain itu, Anda bisa mengecek lokasi tersebut rawan maling atau tindak kejahatan lainnya. 

Hal tersebut bertujuan untuk memastikan kenyamanan dan keamanan lokasi ketika Anda ingin membangun bangunan di sana.

Anda bisa memperoleh informasi lebih detail dengan menanyakan tetangga sekitar atau pemilik tanah tersebut. Meskipun cukup memakan banyak waktu, proses ini akan membantu mengoptimalkan keuntungan pembelian dengan cermat melihat potensinya.

4. Perhatikan luas dan batas

Mengingat tanah kavling terdiri dari sejumlah tanah yang sudah memiliki ukuran yang pasti. Anda harus memeriksa kembali luas dan batas tanah dengan baik.

Meskipun Anda menemukannya di internet, Anda wajib untuk mendatangi lokasinya langsung untuk memastikan ukurannya sudah benar.

Perhatikan juga batas tanah dengan tetangga atau tanah sekitar. Tujuannya untuk menghindari kerugian dan kesalahpahaman yang tidak diinginkan di masa mendatang.

Anda bisa memeriksa informasi tersebut lewat sertifikat tanah yang dimiliki dengan lokasinya. Meminta bantuan pada ahli juga bisa dilakukan untuk memvalidasi kebenarannya.

5. Pertimbangkan bujet yang disiapkan

Tips beli tanah kavling berikutnya adalah mempertimbangkan bujet yang disiapkan dengan harga tanah. Membeli properti, terutama tanah tentu membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Terlebih bagi Anda yang mengincar tanah kavling yang berada di kota atau tempat yang strategis. 

Maka dari itu, Anda harus mempersiapkan bujet terlebih dahulu. Pertimbangkan dengan baik-baik antara harga yang ditawarkan dengan bujet yang dimiliki.

Dengan begitu, biayanya tidak terlalu memberatkan atau mempengaruhi kesehatan finansial Anda.

Untuk mendapatkan harga terbaik, Anda bisa mempertimbangkan berbagai penawaran yang ditawarkan penjual. Jika bujet terbatas, tanah kavling di luar kawasan kota juga cukup menarik untuk dibeli.

6. Lakukan pembelian di tempat yang terpercaya

Maraknya modus penipuan tanah menjadi fenomena yang harus Anda waspadai dalam melakukan pembelian properti. Untuk menghindari penipuan, pastikan Anda melakukan pembelian tanah kavling di tempat yang terpercaya.

Jika Anda memakai jasa agen properti, cari tahu reputasi dan legalitasnya sehingga pihak tersebut bisa terpercaya. Dengan begitu, pembelian properti bisa berjalan dengan aman dan menghindari masalah di masa mendatang.

7. Meminta bantuan agen properti

Jika sudah mendapatkan tanah kavling yang cocok, jangan terburu-buru untuk melakukan pembelian atas properti tersebut. Anda bisa meminta bantuan agen properti untuk membantu dalam proses pembelian tersebut.

Adanya pihak yang membantu tentunya mempermudah Anda dalam mengurus administrasi hingga properti tersebut berhasil didapatkan dengan aman.

Selain agen properti, berkonsultasi pada ahli bisa menjadi langkah yang baik untuk memastikan keputusan investasi Anda. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh sudut pandang yang objektif mengenai tanah yang ingin dibeli.

Itu dia beberapa tips beli tanah kavling yang bisa Anda jadikan panduan sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian. Semoga artikel ini membantu Anda mencari properti yang sesuai dengan kebutuhan.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

35 Ucapan Maulid Nabi Muhammad 2024, Penuh Makna!
Meninjau Valuasi Spin-Off Anak Usaha Adaro dan Dampaknya
Adhi Karya Digugat PKPU Gara-Gara Proyek Hambalang
Apakah Uang Rp100 Ribu Bisa investasi? Ini Pilihannya
Mobil BYD Mulai Banyak Terlihat di Jalan, Ini Data Impornya
Tiga Pesan Penting Sidang Kabinet Terakhir Jokowi di IKN