AI Berpotensi Tambah Cuan Perbankan Global US$2 Triliun pada 2028

Industri keuangan dengan cepat mengadopsi AI.

AI Berpotensi Tambah Cuan Perbankan Global US$2 Triliun pada 2028
CEO Citi Indonesia/Batara Sianturi/Dok. Fortune IDN/Desy Y.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Teknologi kecerdasan buatan atau AI semakin penting dalam dunia perbankan global. Banyak bank kini berlomba-lomba mengimplementasikan teknologi ini untuk tetap kompetitif di era digitalisasi, termasuk Citi Indonesia

Chief Executive Officer (CEO) Citi Indonesia, Batara Sianturi meyakini AI akan mengubah masa depan di industri keuangan dunia, termasuk di Indonesia.

"AI berpotensi meningkatkan keuntungan industri perbankan global hingga US$2 triliun pada 2028, atau meningkat sebesar 9 persen dalam lima tahun ke depan," kata Batara di acara Citi Indonesia Digital Leaders Summit 2024 di Jakarta, Rabu (7/8).

Ia menyatakan bahwa industri keuangan merupakan sektor yang kaya data dan dengan klien yang cepat mengadopsi AI, akan menjadi yang terdepan dalam menyambut era perubahan ini. Di Citi Indonesia, Batara memastikan bahwa pihaknya akan terus memodernisasi sistem dan kapabilitas, serta fokus pada inovasi dan digitalisasi produk.

"Tujuannya yakni untuk memposisikan diri sebagai pilar penting stabilitas pasar domestik dan klien kami," katanya.

Memperkuat posisi di industri perbankan

Batara menjelaskan bahwa struktur baru Citi Indonesia yang kini beroperasi sepenuhnya di bisnis institutional banking akan mendukung visi untuk menjadi mitra perbankan terkemuka bagi klien dengan kebutuhan lintas negara.

Citi Indonesia telah mencapai kemajuan signifikan melalui bisnis yang saling terhubung di Indonesia, termasuk Citi Commercial Bank (CCB) dalam bisnis banking serta Treasury & Trade Solutions yang merupakan bagian dari bisnis services Citi Indonesia.

"Citi Commercial Bank merupakan bagian penting dari strategi Citi sebagai pendorong pertumbuhan utama, sementara Treasury & Trade Solutions sangat penting bagi ribuan perusahaan global, dengan jaringan globalnya yang luas menjadi inti dari strategi Citi," ujar Batara.

Citi Indonesia Digital Leader Summit 2024 akan mempertemukan para pelaku usaha ekonomi digital dan pemain industri terkait untuk membahas solusi dan inisiatif yang mampu mempercepat laju pertumbuhan ekonomi digital di tanah air.

Forum ini juga membahas peluang pertumbuhan bisnis di sektor berbasis teknologi dan energi terbarukan, implikasi kecerdasan buatan bagi industri keuangan, serta lanskap pendanaan perusahaan rintisan di Indonesia dari sudut pandang investor dan pelaku usaha. 

Head of Citi Commercial Bank, Citi Indonesia, Edwin Pribadi, mengatakan CCB menyediakan solusi perbankan global bagi perusahaan skala menengah yang berambisi untuk berkembang cepat dan memperluas operasi ke pasar internasional. CCB melayani perusahaan menengah di berbagai sektor utama, termasuk teknologi digital, ritel, layanan kesehatan, dan industri, melalui jaringan luas Citi yang tersebar di lebih dari 90 pasar global.

"Melalui solusi yang ditawarkan oleh CCB, perusahaan skala menengah dapat mengakses layanan perbankan global yang sama dengan klien korporat besar kami," kata Edwin.

Related Topics

Citi IndonesiaResesi

Magazine

SEE MORE>
Businessperson of the Year 2024
Edisi Oktober 2024
Turning Headwinds Into Tailwinds
Edisi September 2024
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024

Most Popular

Daftar Menteri Kabinet Prabowo dan Jabatannya, Lengkap!
Tugas Luhut usai Dilantik jadi Ketua Dewan Ekonomi Nasional
Ini Profil 3 Eks-Bankir yang Masuk Kabinet Presiden Prabowo
Izin Usaha Investree Dicabut OJK, Bagaimana Nasib Nasabah?
Prabowo Lantik Raffi Ahmad hingga Gus Miftah Jadi Utusan Presiden
Prabowo Lantik Luhut Jadi Kepala Dewan Ekonomi Nasional