Survei: 77 Tenaga Kesehatan RI SIap Adopsi Solusi Digital

Future Health Index (FHI) Indonesia 2023.

Survei: 77 Tenaga Kesehatan RI SIap Adopsi Solusi Digital
Peluncuran FHI Indonesia 2023/Dok. Fortune idn/Desy y.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Sejumlah profesional dan pemimpin industri Kesehatan bersiap memanfaatkan teknologi guna mengatasi kekurangan tenaga kerja, terutama di daerah pedesaan. Sebanyak 77% responden aktif menggunakan atau berencana menggunakan solusi kesehatan digital untuk tujuan ini, melebihi rata-rata global (56%). 

Selain itu, para profesional kesehatan muda sangat tertarik untuk bekerja di institusi rumah sakit yang memiliki teknologi canggih. 

Hal itu terungkap dalam Future Health Index (FHI) Indonesia 2023 rilisan perusahaan teknologi kesehatan Royal Philips. Future Health Index (FHI) 2023 merupakan survei yang diselenggarakan oleh Philips di 14 negara, termasuk Indonesia. Astri menyebut Indonesia merupakan pasar yang penting sehingga banyak responden Indonesia yang dilibatkan dalam survei tersebut. Dari 3.000 responden di 14 negara, 200 berasal dari Indonesia, yang merupakan pemimpin pelayanan kesehatan dan tenaga kesehatan muda.

Dalam survei, sepertiga dari responden Indonesia memberikan prioritas akses ke kecerdasan buatan dalam perawatan kesehatan dan pengiriman perawatan terhubung saat memilih tempat kerja. Mereka menyebutkan pelatihan yang lebih baik tentang teknologi baru (46%) dan akses ke alat diagnostik canggih (42%) sebagai faktor kunci untuk meningkatkan perawatan pasien. 

Berdasarkan hampir 3.000 tanggapan dari 14 negara, termasuk Indonesia, laporan ini mengeksplorasi bagaimana sistem kesehatan berinovasi dalam memberikan pelayanan perawatan untuk memenuhi kebutuhan pasien yang terus berkembang. 

Direktur Utama Philips Indonesia, Astri Ramayanti, mengatakan, laporan Philips Future Health Index 2023 Indonesia kali ini memperkuat urgensi perlunya adopsi teknologi untuk membangun sistem kesehatan yang lebih tangguh dan berorientasi pada pasien.

"Laporan ini juga menekankan kekuatan transformatif inovasi digital dalam meredefinisi pemberian layanan kesehatan guna menangani kompleksitas lanskap kesehatan di Indonesia serta mengakomodasi kebutuhan pasien yang semakin berkembang," ujarnya.

Perlu Riset dan Pengembangan

Terkait hal ini, Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin, meminta perusahaan kesehatan membuka pusat penelitian dan pengembangan untuk melatih dokter Indonesia dan mengembangkan kemampuannya.

“Jika ingin membuka usaha di Indonesia, pemerintah Indonesia akan memprioritaskan pembangunan pusat penelitian dan pengembangan. Setelah peralatannya siap, kita akan memiliki tenaga untuk mengoperasikan mesin tersebut,” ujarnya di Jakarta, Selasa (12/12).

Menurutnya, pusat penelitian dan pengembangan diperlukan untuk membantu para praktisi kesehatan bertukar pandangan dan mendapatkan pelatihan untuk mengoperasikan peralatan medis terkini di rumah sakit.

Investasi AI untuk pengiriman perawatan dan efisiensi operasional

Pemimpin kesehatan Indonesia semakin beralih ke kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) untuk meningkatkan pemberian perawatan dan efisiensi operasional. Saat ini, hampir sepertiga (32%) berinvestasi dalam teknologi kecerdasan buatan, dengan 76% berencana melakukannya dalam tiga tahun mendatang. 

Laporan ini menyoroti minat bersama dalam kecerdasan buatan di antara kedua kelompok, baik pemimpin maupun profesional muda. Kedua kelompok memprioritaskan penggunaan kecerdasan buatan untuk memprediksi hasil pasien, mendukung keputusan klinis, dan mengoptimalkan efisiensi operasional. 

Mengatasi tantangan dan membuka akses ke perawatan

ilustrasi command center di rumah sakit/Dok. Fortune idn/desy y.

Keinginan untuk melakukan cara baru dalam memberikan perawatan guna meningkatkan kesehatan bagi semua orang sangat terlihat di antara para profesional kesehatan muda Indonesia. Mereka menginginkan manajemen rumah sakit atau fasilitas kesehatan memastikan bahwa cara baru dalam memberikan perawatan dapat meningkatkan hasil untuk pasien.

Ada beberapa opsi yang menjadi perhatian, di antaranya opsi yang berpusat pada komunitas, termasuk berkonsultasi dengan populasi rentan dan tidak terlayani (37%) dan membangun kemitraan di luar sistem kesehatan mereka untuk dapat memberikan perawatan sebaik mungkin (31%).

Baik pemimpin maupun profesional muda juga menyebutkan bahwa berkolaborasi dengan komunitas lokal untuk meningkatkan kesehatan populasi (33%) sebagai keuntungan dari model pemberian perawatan yang baru. 

Perluasan akses laboratorium dan teknologi

Ke depannya, para pemimpin di dunia kesehatan berencana untuk fokus pada perluasan akses ke laboratorium berbasis kantor (47%), pusat layanan tanpa janji (43%), dan tenaga kesehatan masyarakat (41%) dalam tiga tahun mendatang

Namun, para profesional muda lebih memprioritaskan implementasi tenaga kesehatan/perawat (79%), pusat layanan tanpa janji (78%), dan program literasi atau edukasi kesehatan (74%). 

Selanjutnya, bukti secara klinis dan finansial mengenai manfaat model pemberian layanan baru akan menjadi pendorong penting untuk penerapan lebih lanjut oleh penyedia layanan kesehatan dan pengguna. Uji coba kecil yang dilakukan bersama mitra dapat membantu menghasilkan bukti tersebut, menunjukkan bagaimana inovasi digital dapat meningkatkan hasil kesehatan pasien serta pengalaman pasien dan staf.

Demikian pula, kemampuan untuk mengukur kemajuan pada tujuan keberlanjutan lingkungan akan membantu mendorong inisiatif hijau dalam layanan kesehatan. Pada akhirnya, inilah cara pasien dan alam mendapatkan manfaat dari model pengiriman perawatan baru yang melayani semua orang, di mana pun mereka berada. 

Sejak tahun 2016, Philips telah melakukan penelitian untuk membantu menentukan kesiapan suatu negara menghadapi tantangan kesehatan global dan membangun sistem kesehatan yang efisien dan efektif. Untuk informasi lebih lanjut tentang metodologi laporan Future Health Index dan akses ke laporan lengkap Future Health Index 2023, kunjungi situs ini. 

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

Daftar Saham Afiliasi Para Calon Menteri dalam Pemerintahan Prabowo
Ini Biaya dan Perbandingan Franchise Alfamart dan Indomaret
BI Masih Cermati Ruang Penurunan Suku Bunga Acuan
BI: Biaya Transaksi QRIS Gratis hingga Rp500 Ribu per 1 Desember 2024
Ini 3 Waktu Terbaik untuk Memulai Investasi Emas
Investor Asal Korsel dan Cina Bakal ke Indonesia Bawa Dana Jumbo