Zuckerberg Salip Bezos, Jadi Orang Terkaya Kedua di Dunia

Saham Meta terus naik.

Zuckerberg Salip Bezos, Jadi Orang Terkaya Kedua di Dunia
CEO Meta, Mark Zuckerberg/Dok. instagram.com/zuck
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Mark Zuckerberg untuk pertama kalinya menjadi orang terkaya kedua di dunia pada Kamis (3/10). Ia berhasil menyalip Jeff Bezos berkat saham Meta Platforms Inc. yang terus meningkat.

Taruhan Zuckerberg pada metaverse — yang awalnya terlihat sebagai sebuah kegagalan besar — telah terbayar dalam beberapa bulan terakhir. Meta mendorong kekayaannya mencapai titik tertinggi sebesar US$206,2 miliar, menurut Bloomberg Billionaires Index. Dengan pencapaian ini, Zuckerberg kini menempatkan dirinya US$1,1 miliar lebih unggul dari Bezos dan hampir US$50 miliar di belakang Elon Musk dari Tesla Inc.  

Saham Meta telah mengalami peningkatan sebesar 23 persen sejak perusahaan melaporkan penjualan yang lebih baik dari yang diperkirakan pada kuartal kedua. Meta juga mempromosikan upayanya dalam model bahasa besar yang mendukung chatbot AI, dengan harga saham ditutup pada hari Kamis mencapai titik tertinggi sepanjang masa, yaitu US$582,77.  

Investasi pembangunan pusat data dan AI

Meta telah banyak berinvestasi dalam pembangunan pusat data dan peningkatan kekuatan komputasi, saat Zuckerberg berupaya membangun posisi terdepan dalam perlombaan kecerdasan buatan (AI) yang sedang berlangsung di industri. Selain itu, Meta juga telah melanjutkan proyek jangka panjang lainnya, termasuk peluncuran kacamata realitas augmentasi Orion yang diperkenalkan bulan lalu.  

Zuckerberg, yang memiliki 13 persen saham di perusahaan yang berbasis di Menlo Park, California, telah melihat kekayaannya tumbuh sebesar $78 miliar sejauh tahun ini. Angka ini merupakan jumlah terbesar di antara 500 orang terkaya di dunia yang dilacak oleh indeks Bloomberg.  

Pendiri dan CEO berusia 40 tahun ini juga telah naik empat peringkat tahun ini dalam indeks kekayaan, menegaskan posisinya di puncak dunia bisnis.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

Dari 18,9 Juta Penerima Kartu Prakerja, Mayoritas Milenial dan Gen Z
PTBA Gandeng Tiga Bank Himbara Demi Fasilitas Pemanfaatan DHE
Dirut Krakatau Steel Purwono Widodo Meninggal Dunia, Ini Profilnya
Valuasi X Turun Drastis, Kini Hanya 25% dari Nilai Awal
Grup Astra Sebar Dividen Interim, Ini Jadwal ASII, AALI, dan UNTR
Kenali Modus Penipuan Terbaru, Tetap Waspada!