8 Mobil untuk Usaha yang Dipamerkan pada GIIAS 2024

Menawarkan kemajuan teknologi.

8 Mobil untuk Usaha yang Dipamerkan pada GIIAS 2024
Suasana pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 yang dimulai Rabu (17/7) di BSD, Tangerang. (Dok. Istimewa)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Fortune Recap

  • GIIAS 2024 menjadi tuan rumah untuk merek kendaraan penumpang dan komersial dengan teknologi terbaru
  • Kendaraan komersial berperan penting dalam industri logistik, transportasi, konstruksi, dan layanan publik
  • Pameran otomotif ini menampilkan inovasi terbaru dalam teknologi kendaraan komersial dan menjadi platform bagi para profesional industri

Jakarta, FORTUNE - Pameran otomotif berskala internasional, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 di Indonesia, tidak hanya menjadi tuan rumah bagi merek-merek kendaraan penumpang, tapi juga beragam kendaraan komersial yang menampilkan teknologi terbaru dan inovasi terkini.  

Kendaraan komersial berperan penting dalam berbagai industri, mulai dari logistik dan transportasi hingga konstruksi dan layanan publik. Pada pameran otomotif tersebut, pengunjung berkesempatan untuk menjelajah langsung kemajuan terbaru dan inovasi dalam teknologi kendaraan komersial.

GIIAS 2024 tidak hanya menampilkan berbagai jenis kendaraan komersial yang dapat diandalkan, tetapi juga menyajikan platform bagi para profesional industri dan pengusaha untuk menjelajahi solusi-solusi terkini dalam transportasi dan Mobilitas berbasis kendaraan.

Berikut delapan kendaraan komersial dengan berbagai merek yang dipamerkan pada ajang GIIAS 2024:

DFSK

Ilustrasi: DFSK Gelora E yang baru saja diluncurkan beberapa waktu lalu di Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021. (Dok. DFSK)

DFSK hadir di Hall 3 GIIAS 2024 dengan membawa unit DFSK Gelora E, yang merupakan kendaraan listrik komersial ringan pertama di Indonesia dengan menawarkan solusi mobilitas hemat energi. Kendaraan bermodel van ini siap mengoptimalkan berbagai sektor usaha, seperti transportasi, pariwisata, hingga logistik.

Hino

Ilustrasi: Hino 700 ZS 4141 (Dok. Hino)

Hino juga turut memeriahkan GIIAS 2024 di Hall 1 dengan total line-up enam kendaraan Hino yang menjadi showcase selama 11 hari penyelenggaraan, termasuk bus Hino AK 240, Hino 300 dengan LED box, hingga Hino 700 ZS 4141 heavy duty.

Isuzu

Ilustrasi: Isuzu Traga Bus yang dipajang di GIIAS 2024. (Dok. Isuzu)

Isuzu hadir di Hall 2 GIIAS 2024 dengan membawa line-up truk yang telah dimodifikasi oleh Moda, kemudian kolaborasi dengan Brimob, Isuzu Lef NPS water treatment untuk pengolahan air, selanjutnya Traga bus sebagai solusi transportasi bisnis angkutan penumpang dan MU-X serta D-Max single cabin 2024 yang keduanya tampil dengan pembaruan.

Mitsubishi Fuso

Ilustrasi: PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) di Indonesia. (Dok. Mitsubishi Fuso)

Mitsubishi Fuso yang juga hadir di Hall 2 secara resmi meluncurkan truk listrik, eCanter di pasar Indonesia pada ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.

Truk listrik eCanter menggendong baterai berukuran M berkapasitas 83 kWh yang mampu berjalan sejauh 140 kilometer dengan GVW sebesar 6 ton. 

Truk eCanter ini hadir dengan wheelbase 3,4 meter dan torsi yang besar cocok untuk mengangkut muatan dengan volume maksimal.

UD Trucks

Ilustrasi: UD Trucks yang saat GIIAS 2023. (Dok. UD Trucks)

UD Trucks menempati Hall 1 GIIAS 2024 dengan mengumumkan peluncuran UD Trucks Quester baru dengan transmisi otomatis yang disebut ESCOT.

ESCOT, kependekan dari Easy and Safe Controlled Transmission, dirancang untuk memberikan solusi komprehensif dengan menawarkan truk yang sederhana dan cerdas.

Transmisi otomatis ESCOT tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga menurunkan konsumsi bahan bakar dan emisi.

Wuling

Ilustrasi: Wuling Formo Max saat dipamerkan di GIIAS 2023. (Dok. Wuling)

Wuling yang berlokasi di Hall 8 menampilkan kendaraan komersial ringan (light commercial vehicle/LCV) yang digunakan untuk usaha, yakni Formo Max.

Secara spesifikasi, Wuling Formo Max dibekali dengan panjang 5.135 mm, lebar 1.725 dan tinggi 1.740 mm dengan wheelbase 3.160 mm.

Guna memaksimalkan bawaan para pengusaha, Wuling membekali kendaraan itu dengan ukuran panjang 2,695 mm x lebar 1,725 mm x dan tinggi 390 mm.

Toyota

Ilustrasi: Toyota Hilux Rangga. (Dok. Toyota)

Toyota yang berada di Hall 5 memamerkan Hilux Rangga dalam dua varian, yakni Standard dan High dengan opsi mesin bensin serta diesel. Penempatan posisi mesin Rangga berada di depan kabin untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan berkendara.

Mitsubishi Motors

Ilustrasi: Mitsubishi L100 EV (disebut Minicab EV di Jepang) merupakan sebuah kendaraan niaga ringan. (Dok. Mitshubishi)

Mitsubishi Motors hadir membawa Mitsubishi L100 EV pada GIIAS 2024 di Hall 10.

Mitsubishi L100 EV merupakan kendaraan listrik niaga ringan yang dirakit di pabrik Mitsubishi di Indonesia.

Kendaraan niaga ringan kelas kei-car berbasis baterai (BEV) ini dilengkapi komponen listrik termasuk motor dan baterai penggerak.

 

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

35 Ucapan Maulid Nabi Muhammad 2024, Penuh Makna!
Meninjau Valuasi Spin-Off Anak Usaha Adaro dan Dampaknya
Adhi Karya Digugat PKPU Gara-Gara Proyek Hambalang
Apakah Uang Rp100 Ribu Bisa investasi? Ini Pilihannya
Mobil BYD Mulai Banyak Terlihat di Jalan, Ini Data Impornya
Tiga Pesan Penting Sidang Kabinet Terakhir Jokowi di IKN