Arsjad Rasjid Dijanjikan Posisi Ketua Dewan Pertimbangan Kadin

Arsjad Rasjid legowo Anindya Bakrie jadi ketum usai Munas.

Arsjad Rasjid Dijanjikan Posisi Ketua Dewan Pertimbangan Kadin
Ketua Umum Kadin periode 2021-2026, M. Arsjad Rasjid saat ditemui di kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Jumat (4/10). (Eko Wahyudi/FORTUNE Indonesia)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Fortune Recap

  • Pertemuan antara Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2021-2026, M. Arsjad Rasjid, dan Anindya Bakrie, menghasilkan kesepakatan penting bagi masa depan Kadin.
  • Munas Kadin akan dilaksanakan setelah pelantikan Presiden terpilih, Prabowo Subianto, sesuai dengan kesepakatan tertulis yang ditandatangani oleh kedua pihak.
  • Arsjad Rasjid akan menduduki posisi sebagai Ketua Dewan Pembina Kadin setelah Munas berlangsung, sementara Anindya Bakrie didukung untuk menjadi Ketua Umum Kadin periode selanjutnya.

Jakarta, FORTUNE - Ketua Umum KADIN Indonesia periode 2021-2026, M. Arsjad Rasjid, dan Anindya Bakrie bertemu di kediaman Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia pada Jumat (27/9). Pertemuan ini menghasilkan sejumlah kesepakatan penting bagi masa depan Kadin.

Salah satu kesepakatan mengenai rencana Musyawarah Nasional (Munas) Kadin akan dilaksanakan setelah pelantikan Presiden terpilih, Prabowo Subianto.

Arsjad Rasjid mengatakan, kesepakatan tersebut telah dibuat dalam bentuk tertulis dan ditandatangani di atas materai oleh kedua pihak.

"Satu kesepakatan yang tertulis dan bermaterai sudah ada. Kita menyepakati adanya Munas yang akan dilaksanakan setelah pelantikan Presiden," kata Arsjad saat ditemui di Jakarta, Jumat (4/10).

Munas akan mengikuti jadwal resmi dari pemerintah, di mana kehadiran Presiden telah menjadi tradisi penting dalam pelaksanaan Munas Kadin.

Dalam kesepakatan itu, Arsjad Rasjid juga mengungkapkan nantinya ia akan menempati posisi sebagai Ketua Dewan Pembina Kadin setelah Munas berlangsung. Sementara Anindya Bakrie didukung untuk menjadi Ketua Umum Kadin periode selanjutnya.

“Iya betul. Maksudnya bahwa ini kita memang menjaga kesatuan,” ujarnya.

Munas akan diserahkan kepada anggota Kadin

Meski begitu, Arsjad mengatakan keputusan akhir tetap berada di tangan para anggota Kadin yang memiliki hak suara. "Saya tidak punya vote. Yang punya vote adalah Kadin-kadin daerah serta anggota luar biasa," ujarnya.

Persiapan menuju Munas sudah mulai dilakukan, terutama dengan konvensi untuk anggota luar biasa Kadin yang terdiri dari 238 asosiasi dan himpunan. Arsjad menyebut, proses ini sudah dimulai dan akan berlangsung hingga perwakilan terpilih dari anggota luar biasa siap untuk mengikuti Munas.

"Konvensi ini sudah dimulai sejak kemarin, dan kami ingin memastikan semuanya siap saat Munas dilaksanakan nanti," ujarnya.

Terkait kepemimpinan Kadin saat ini, menurutnya hingga Munas dilaksanakan, tidak akan terdapat perubahan atau pergantian dalam struktur organisasi. Dia juga menekankan bahwa kesatuan Kadin merupakan hal penting, sehingga tidak ada kebingungan di kalangan dunia usaha terkait siapa yang memimpin organisasi.

"Sebelum Munas terjadi, belum ada perubahan. Jadi saat ini status saya sebagai Ketua Umum masih berlaku," ujarnya.

Arsjad juga menekankan bahwa kesatuan Kadin adalah hal yang paling penting, sehingga tidak ada kebingungan di kalangan dunia usaha terkait siapa yang memimpin organisasi tersebut.

Kesepakatan ini diharapkan dapat membawa Kadin menuju kepemimpinan yang solid dan memastikan stabilitas di kalangan dunia usaha, terutama menjelang Munas yang akan datang.

"Intinya, Kadin harus bersatu. Yang penting dunia usaha tidak bingung, dan pemangku kepentingan juga memahami dengan jelas arah kepemimpinan Kadin," kata Arsjad.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

Dari 18,9 Juta Penerima Kartu Prakerja, Mayoritas Milenial dan Gen Z
PTBA Gandeng Tiga Bank Himbara Demi Fasilitas Pemanfaatan DHE
Dirut Krakatau Steel Purwono Widodo Meninggal Dunia, Ini Profilnya
Valuasi X Turun Drastis, Kini Hanya 25% dari Nilai Awal
Grup Astra Sebar Dividen Interim, Ini Jadwal ASII, AALI, dan UNTR
Kenali Modus Penipuan Terbaru, Tetap Waspada!