Kubu Arsjad Tolak Kepengurusan Kadin Anindya: Langgar Kesepakatan

Munas sepakat digelar usai pelantikan presiden terpilih.

Kubu Arsjad Tolak Kepengurusan Kadin Anindya: Langgar Kesepakatan
Ketua Umum Kadin periode 2021-2026 Arsjad Rasjid saat menggelar konferensi pers di Jakarta, Minggu (15/9). (Dok. Humas Kadin)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Fortune Recap

  • Kadin Indonesia menyatakan pengumuman kepengurusan hasil Munaslub melanggar kesepakatan antara Arsjad Rasjid dan Anindya Bakrie.
  • Kadin berpegang pada kesepakatan untuk menggelar Musyawarah Nasional setelah pelantikan presiden terpilih Prabowo Subianto.
  • Pengurus organisasi harus selalu mengacu pada AD/ART Kadin Indonesia demi menjaga nama baik dan integritas sebagai mitra strategis pemerintah.

Jakarta, FORTUNE - Dewan Pengurus Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia menyatakan bahwa pengumuman kepengurusan Kadin hasil Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) melanggar kesepakatan yang telah dibuat dalam pertemuan antara Arsjad Rasjid, dan Anindya Bakrie di kediaman Menteri ESDM, Bahlil Lahadalia, Jumat (27/9). 

“Pengumuman kepengurusan tersebut merupakan pelanggaran kesepakatan yang ditandatangani kedua belah pihak. Kami tidak mengetahui dan tidak terlibat dalam proses penyusunan pengumuman kepengurusan yang dimaksud. Kadin Indonesia berpegang pada kesepakatan pada tanggal 27 September 2024,” kata Wakil Ketua Umum Bidang Hukum dan HAM Kadin Indonesia, Dhaniswara K. Harjono, dalam keterangan resmi, Senin (7/10).

Dhaniswara mengatakan dalam pertemuan tersebut terjadi kesepakatan untuk menggelar Munas untuk menyelesaikan masalah internal Kadin setelah presiden terpilih, Prabowo Subianto, resmi dilantik.

Kesepakatan yang dituangkan secara tertulis serta ditandatangani di atas materai tersebut dibuat untuk menjaga n nama baik ganisasi Kadin Indonesia sesuai Undang-Undang No.1/1987 (UU Kadin) dan Keputusan Presiden (Keppres) No.18/2022 tentang perubahan AD/ART Kadin Indonesia.

“Semua pihak setuju untuk menjaga muruah organisasi melalui pelaksanaan Munas yang akan dilaksanakan setelah pelantikan presiden terpilih dengan waktu sesuai arahan pemerintah. Dan saat ini kami sedang mematangkan persiapan Rapimnas menuju Munas IX Kadin Indonesia,” kata Dhaniswara.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi Kadin Indonesia, Eka Sastra, mengatakan setiap langkah yang diambil, termasuk penetapan pengurus organisasi, harus selalu mengacu pada AD/ART Kadin Indonesia.

“Oleh karena itu, kami mengimbau semua pihak untuk tidak berspekulasi dan hanya merujuk pada informasi resmi yang dikeluarkan oleh Kadin Indonesia, demi menjaga nama baik dan integritas Kadin Indonesia sebagai mitra strategis pemerintah,” ujar Eka.

Kesepakatan tertulis yang telah disetujui

Anindya Bakrie telah mengumumkan nama-nama sebagian pengurus Kadin hasil Munaslub, Senin (7/10), di Menara Kadin, Jakarta.

Dalam daftar tersebut, Arsjad Rasjid ditetapkan sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Kadin.

Selain itu, ada Rosan P. Roeslani sebagai Ketua Dewan Kehormatan Kadin, dan nama adik Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo, sebagai Dewan Penasehat Kadin.

Sebelumnya, Arsjad mengatakan akan menempati posisi sebagai Ketua Dewan Pembina Kadin setelah Munas berlangsung, sementara Anindya didukung untuk menjadi Ketua Umum Kadin periode selanjutnya.

“Iya betul. Maksudnya bahwa ini kita memang menjaga kesatuan,” ujarnya, Jumat (4/10).

Dia menegaskan bahwa kepemimpinan Kadin saat ini hingga Munas dilaksanakan tidak akan melakukan perubahan atau pergantian dalam struktur organisasi. Dia juga menekankan bahwa kesatuan Kadin merupakan hal penting, sehingga tidak ada kebingungan di kalangan dunia usaha terkait siapa yang memimpin organisasi.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

Riset: Gaji Pekerja Startup di Indonesia Menurun Tajam Sepanjang 2023
Jokowi: Deflasi dan Inflasi Harus Tetap Seimbang dan Terkendali
Kurs Rupiah terhadap Dolar Hari Ini, 7 Oktober 2024: Melemah 0,92%
OJK Ungkap 5 Modus Kejahatan yang Bisa Kuras Isi Saldo M-Banking
OJK Sebut Paylater Sebabkan Anak Muda Terlalu Banyak Utang
BUKA Melejit 25% di Awal Pekan Ini, Ada Isu Akuisisi Temu