Tiga Pesan Penting Sidang Kabinet Terakhir Jokowi di IKN

Jokowi akan berkantor selama 40 hari di IKN.

Tiga Pesan Penting Sidang Kabinet Terakhir Jokowi di IKN
Tangkapan layar saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka sidang kabinet terakhirnya bersama Kabinet Indonesia Maju di Ibu Kota Nusantara (IKN), Jumat (13/9).
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Fortune Recap

  • Presiden Jokowi menggelar sidang kabinet terakhirnya sebelum masa jabatannya berakhir.
  • Jokowi memberikan tiga pesan penting dalam masa transisi pemerintahan.
  • Jokowi menegaskan pentingnya menyelesaikan program-program kerja utama yang masih berjalan pada bulan terakhir masa jabatan.

Jakarta, FORTUNE - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar sidang kabinet terakhirnya bersama Kabinet Indonesia Maju di Ibu Kota Nusantara (IKN) sebelum masa jabatannya berakhir pada 20 Oktober mendatang.

Dalam sidang tersebut, Jokowi menyampaikan apresiasinya atas kerja para menterinya selama sepuluh tahun terakhir, dan dia melontarkan tiga pesan penting untuk masa transisi pemerintahan.

Bagi mantan Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta itu, sidang kabinet ini menjadi momen reflektif menjelang berakhirnya masa tugas dan menyambut kepemimpinan selanjutnya oleh seorang eks militer, Prabowo Subianto.

“Terkait [transisi], saya ingin menegaskan beberapa hal,” kata dia saat membuka sidang kabinet, seperti ditayangkan pada kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (13/9).

Pada pesan pertamanya, Jokowi menegaskan pentingnya menyelesaikan program-program kerja utama yang masih berjalan pada bulan terakhir masa jabatan.

"Segera tuntaskan program kerja utama yang sudah dimulai, baik yang berkaitan dengan serapan, administrasi pertanggungjawaban, maupun kendala yang belum terselesaikan," ujar Jokowi, yang menegaskan bahwa itu ditujukan agar tidak ada program yang tertunda ketika pemerintahan baru dimulai.

Jokowi meminta pemerintahan berikut didukung sepenuhnya

Untuk pesan kedua, Jokowi menekankan pentingnya mendukung penuh program-program yang akan dijalankan oleh presiden terpilih.

"Pastikan transisi pemerintahan berjalan efektif," katanya.

Jika diperlukan regulasi baru atau kebijakan untuk mendukung program unggulan Prabowo, Jokowi meminta agar hal tersebut segera disiapkan. Hal ini bertujuan agar pemerintahan baru dapat langsung bekerja secara optimal.

Selanjutnya, dia berpesan pula mengenai pentingnya menjaga stabilitas ekonomi dan keamanan menjelang transisi pemerintahan.

"Kita butuh stabilitas untuk tetap tumbuh dan melakukan pembangunan," ujarnya.

Tidak melakukan kebijakan yang ekstrem

Jokowi meminta agar menteri-menterinya tidak membuat kebijakan ekstrem yang dapat memicu gejolak pada masyarakat. Menjaga daya beli masyarakat, inflasi, pertumbuhan ekonomi, serta keamanan menjadi kunci dalam menjaga situasi tetap kondusif untuk melaksanakan transisi pemerintahan.

Dalam penutupannya, Jokowi menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh menterinya jika selama sepuluh tahun pemerintahan terdapat hal-hal yang kurang berkenan.

“Saya ingin mohon maaf yang sebesar-besarnya,” ujarnya.

Sidang kabinet paripurna kali ini merupakan sidang kedua yang diadakan di IKN. Transisi pemerintahan dan laporan menteri-menteri koordinator menjadi sejumlah agenda yang dibahas dalam sidang.

Jokowi akan menghabiskan sisa jabatannya dengan berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur selama 40 hari ke depan.

 

Related Topics

JokowiPrabowoIKN

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

12 Tahun Dijual, Rumah Mewah Michael Jordan di Chicago Akhirnya Laku
Isak Tangis Sri Mulyani di Banggar DPR Usai Sepakati RUU APBN 2025
OnlyFans Cetak Rekor Pendapatan, Capai US$6,6 Miliar di 2023
Perbedaan Istana Garuda dan Istana Negara IKN, Jangan Keliru
Alibaba Pertahankan Kepemilikan 88 Miliar Saham GoTo hingga 5 Tahun
Bunga Acuan Turun, BI Proyeksikan Kredit Bank Tumbuh 12%