UNTR Bawa Dua Excavator Kelas 30 Ton, Begini Spesifikasinya

UNTR mengusung strategi dual-line product.

UNTR Bawa Dua Excavator Kelas 30 Ton, Begini Spesifikasinya
Ilustrasi: Komatsu PC350LC-8M2 Hydraulic Excavator Kelas 30 Ton. (Dok. UNTR)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Fortune Recap

  • PT United Tractors Tbk (UNTR) membawa dua model ekskavator kelas 30 ton terbaru, yakni PC350LC-8M2 dan PC300-8M2.
  • Marketing Division Head UNTR, Andreas, mengatakan strategi dual line ini memberikan pilihan yang fleksibel dan sesuai kebutuhan pelanggan.
  • PC350LC-8M2 memiliki bucket terbesar di kelasnya, unggul dalam menangani material medium hingga hard. Sedangkan PC300-8M2 mempunyai bucket lebih kecil dengan jangkauan yang lebih panjang.

Jakarta, FORTUNE - PT United Tractors Tbk (UNTR), distributor resmi Alat Berat merek Komatsu di Indonesia, membawa dua model ekskavator kelas 30 ton terbaru, yakni PC350LC-8M2 dan PC300-8M2.

Marketing Division Head UNTR, Andreas, mengatakan strategi dual-line ini dapat memberikan pilihan yang lebih fleksibel dan sesuai dengan kebutuhan spesifik para pelanggan.

“[United Tractors] memastikan bahwa pelanggan dapat memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan operasional mereka, serta memberikan fleksibilitas tambahan dalam menghadapi berbagai tantangan di lapangan,” kata dia dalam keterangannya, Kamis (12/9).

PC350LC-8M2 merupakan ekskavator kelas 30 ton dengan bucket terbesar di kelasnya, dengan kapasitas 2,4 meter kubik. Dilengkapi dengan spesifikasi long crawler, unit ini dirancang untuk tetap stabil dalam segala kondisi, bahkan dengan ukuran bucket yang lebih besar.

Bucket merupakan komponen utama pada ekskavator yang berbentuk seperti keranjang dengan gigi atau garpu pada bagian ujungnya. Fungsi utamanya adalah untuk menggali material. Gigi pada bucket memiliki peran penting dalam mempermudah proses pengerukan.

Dirancang khusus untuk sektor Pertambangan yang mengedepankan produktivitas, produk ini unggul dalam menangani material medium hingga keras, sehingga menjadikannya sebuah pilihan ideal untuk berbagai pekerjaan berat. 

Sedangkan PC300-8M2, yang juga ekskavator kelas 30 ton, memiliki bucket lebih kecil berkapasitas 2,2 meter kubik, namun dengan jangkauan lebih panjang. Unit ini sangat cocok untuk berbagai aplikasi, baik pada sektor konstruksi maupun pertambangan, khususnya dalam pekerjaan support.

Dirancang untuk efisiensi optimal, produk ini unggul dalam menangani material loose hingga medium, menjadikannya solusi tepat untuk berbagai kebutuhan operasional. 

Kedua model unit ini tidak hanya menawarkan performa dan efisiensi, tetapi juga optimal dalam hal biaya operasional.

Berikut spesfikasi atas kedua model ekskavator:

1. Daya tahan

PC300-8M2 dan PC350LC-8M2 hadir dengan 13 pembaruan, termasuk mesin yang lebih awet dan efisien, serta perbaikan pada sistem penyaringan bahan bakar yang lebih hemat biaya perawatan hingga 45 persen dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Keduanya dilengkapi dengan boom dan arm yang diperkuat, dilindungi oleh arm rock protector untuk ketahanan maksimal. Bagian undercarriage juga diperkuat dengan strut pada tracklink dan grease-sealed track untuk memperpanjang usia pakai. Bottom guard melindungi dari kerusakan akibat kayu, batu, dan benda keras lainnya.

Boom atau sering disebut sebagai stick, adalah salah satu komponen penunjang produksi pada ekskavator yang menghubungkan kabin dengan arm. Berkat ukurannya yang panjang, boom memungkinkan arm untuk mencapai area yang lebih jauh dan dapat bekerja secara optimal saat melakukan fungsi penggalian atau kegiatan lainnya.

Blow-by-gas pressure dan clogging censor berguna memastikan deteksi dini untuk mencegah kerusakan serius, membuat sistem hidraulis dan mesin menjadi lebih tahan lama.

2. Fitur keamanan

Baik PC300-8M2 dan PC350LC-8M2 dilengkapi dengan kabin ROPS bersertifikasi ISO 12117-2 dan OPG level 1 ISO 10262, yang dirancang untuk melindungi operator dalam situasi darurat seperti mesin terguling atau tertimpa benda berat.

Kabin ini juga dilengkapi dengan AC, kursi suspensi, port USB, serta fitur keamanan dan interior yang dirancang untuk meningkatkan kenyamanan dan produktivitas operator selama bekerja.

3. Pemantau konsumsi bahan bakar

Kedua mesin ini dirancang dengan kemudahan perawatan yang mencakup desain yang ergonomis, ketersediaan suku cadang, akses komponen yang mudah, serta instruksi perawatan yang jelas. Hal ini memberikan kemudahan dalam melakukan perawatan, serta menghemat waktu dan biaya.

Dilengkapi dengan teknologi KOMTRAX, unit ini memberikan informasi operasional seperti konsumsi bahan bakar, ringkasan beban, dan waktu idle, yang membantu pelanggan menjalankan bisnis dengan lebih efisien.

Selain itu, pelanggan dapat merasa tenang dengan adanya garansi standar 1 tahun tanpa batas jam dan garansi mesin hingga 15.000 jam kerja.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

MoU: Pengertian, Ciri, Tujuan, Jenis, Perbedaan, dan Contoh MoU
Daftar Perusahaan Terbaik di Dunia versi TIME: 5 dari Indonesia
Kisruh Kursi Kepemimpinan Kadin, Begini Kronologinya
Pemangkasan Bunga The Fed jadi Stimulus Ke Perbankan
BI Bakal Luncurkan Lembaga Central Counterparty (CCP), Apa Itu?
7 Saham IPO 2024 yang Mencatat Kinerja Tertinggi di BEI