Belum Termasuk Insentif Pajak, IKN Sudah Serap APBN Rp37,3 Triliun

BKF akan segera laporkan belanja pajak untuk IKN.

Belum Termasuk Insentif Pajak, IKN Sudah Serap APBN Rp37,3 Triliun
Pembangunan bandara IKN. (Doc: Kementerian Perhubungan)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Fortune Recap

  • Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melaporkan penyaluran anggaran pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) mencapai Rp4,8 triliun per 30 April 2024.
  • Total APBN yang terserap sejak 2022 mencapai Rp37,7 triliun, dengan alokasi anggaran untuk pembangunan IKN tahun ini sebesar Rp39,8 triliun.
  • Dari total anggaran yang tersalurkan, sebesar Rp2,8 triliun digunakan untuk pembangunan klaster infrastruktur dan Rp2 triliun untuk klaster noninfrastruktur.

Jakarta, FORTUNE - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melaporkan penyaluran anggaran pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) telah mencapai Rp4,8 triliun per 30 April 2024. Sementara total APBN yang telah terserap sejak 2022 mencapai Rp37,7 triliun.

Pasalnya, realisasi anggaran IKN pada APBN 2022 mencapai Rp5,5 triliun, sedangkan tahun lalu meningkat menjadi Rp27 triliun.

Adapun tahun ini, alokasi anggaran untuk pembangunan IKN ditetapkan sebesar Rp39,8 triliun.

Hngga akhir 2024, total APBN yang digelontorkan untuk pembangunan ibu kota baru tersebut mencapai Rp72,3 triliun. 

"Kalau kita lihat belanja untuk IKN meningkat dari tahun ke tahun dari Tahun 2022 Rp5,5 triliun naik ke Rp27,0 triliun (2023) dan tahun ini 39,8 triliun ada di dalam APBN kita," ujarnya dalam konferensi pers APBN KiTa, Senin (27/5).

Dia memaparkan dari total anggaran yang telah tersalurkan, sebesar Rp2,8 triliun di antaranya digunakan untuk pembangunan klaster infrastruktur. Ini terdiri dari pembangunan gedung di kawasan Istana Negara, kementerian koordinator, dan kementerian lainnya serta gedung Otorita IKN (OIKN).

Kemudian, untuk pembangunan tower rusun ASN dan pertahanan keamanan (hankam), rumah tapak menteri, dan rumah sakit IKN. Selain itu, anggaran juga digunakan untuk pembangunan jalan tol IKN, jalan dan jembatan IKN, serta bandara VVIP.

Ada pula kebutuhan untuk penataan dan penyempurnaan kawasan Bendungan Sepaku Semoi, embung KIPP (Kawasan Inti Pusat Pemerintahan), serta pengendalian banjir IKN.

Sisa Rp2 triliun digunakan untuk pembangunan klaster noninfrastruktur yang total pagu anggarannya mencapai Rp3,2 triliun.

Klaster noninfrastruktur digunakan untuk perencanaan, koordinasi, dan penyiapan pemindahan; promosi/publikasi/sosialisasi IKN; laporan dan rekomendasi kebijakan pada kementerian/lembaga (K/L); kegiatan pemetaan, pemantauan, dan evaluasi; dukungan pengamanan Polri; serta operasional OIKN.

Belanja pajak

Meski demikian, alokasi tersebut belum termasuk dengan belanja pajak yang telah disiapkan pemerintah untuk memberikan insentif pada investor dalam pembangunan IKN. Kepala Badan Kebijakan Fiskal, Febrio Nathan Kacaribu, mengatakan insentif digelontorkan pemerintah lantaran pembangunan IKN diharapkan dapat mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang lebih merata.

"Lalu, yang kedua, pembangunan IKN ini dilakukan secara bertahap dan ditopang pendanaannya tidak hanya dari APBN bahkan nanti akan lebih besar terutama dari KPBU dan juga peran swasta. Nah, dalam hal mendorong peran swasta ini memang pemerintah menyiapkan insentif perpajakannya ini diatur di dalam PP 12 2023 lalu diatur lagi dengan PMK 28 2024," katanya.

Prinsipnya, pemerintah ingin penanaman modal yang baru di IKN dapat menarik lebih banyak investasi ke sana.

"Tetapi prinsip yang ketiga yang tidak kalah pentingnya adalah pemberian insentif ini tidak akan menggerus existing basis penerimaan kita. Lalu berapa nanti akan digunakan? Ini akan tergantung penggunaannya dan seperti belanja perpajakan lainnya kita akan nanti monitor dan laporkan dalam laporan belanja perpajakan," ujarnya.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

Daftar Saham Afiliasi Para Calon Menteri dalam Pemerintahan Prabowo
Ini Biaya dan Perbandingan Franchise Alfamart dan Indomaret
BI Masih Cermati Ruang Penurunan Suku Bunga Acuan
BI: Biaya Transaksi QRIS Gratis hingga Rp500 Ribu per 1 Desember 2024
Ini 3 Waktu Terbaik untuk Memulai Investasi Emas
Investor Asal Korsel dan Cina Bakal ke Indonesia Bawa Dana Jumbo