Data NPWP-nya Dikabarkan Bocor, Jokowi Minta Kemenkeu Lakukan Mitigasi

Jokowi minta kebocoran data ditangani secepatnya.

Data NPWP-nya Dikabarkan Bocor, Jokowi Minta Kemenkeu Lakukan Mitigasi
Jokowi melakukan peninjauan harga-harga di Pasar Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara. (dok. Setpres)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Fortune Recap

  • Presiden Jokowi meminta Kemenkeu untuk mitigasi kebocoran data NPWP yang diperjualbelikan di Breach Forum.
  • Kasus tersebut melibatkan 6 juta data NPWP yang dijual seharga Rp150 juta, termasuk milik Jokowi dan sejumlah menteri.
  • Direktorat Jenderal Pajak sedang melakukan pendalaman terkait dugaan kebocoran data NPWP, namun keaslian informasi belum terverifikasi.

Jakarta, FORTUNE - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk memitigasi kebocoran data nomor pokok wajib pajak (NPWP) yang belakangan santer dibicarakan di media sosial. Dia menyampaikan hal tersebut demi merespons kabar ihwal data NPWP miliknya ikut bocor dan diperjualbelikan pada Breach Forum.

"Kemarin saya sudah sampaikan segera dimitigasi. Semuanya, karena memang banyak negara juga mengalami hal yang sama," ujar Jokowi usai mengunjungi Pasar Dukuh Kupang, Surabaya, dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (20/9).

Ia juga menekankan agar mitigasi kebocoran data tersebut dilakukan secepat-cepatnya demi mencegah terulangnya peristiwa memalukan tersebut.

"Saya kira yang paling penting dimitigasi secepat-cepatnya dan ini tidak kejadian lagi," katanya.

Direktorat Jenderal Pajak memastikan bahwa dugaan kebocoran data NPWP tengah didalami. Kasus tersebut sebelumnya mencuat usai pendiri Ethical Hacker Indonesia, Teguh Aprianto, mengunggah tangkapan layar situs Breach Forums.

Melalui akun X @secgron, Teguh mengatakan terdapat 6 juta data NPWP yang diperjualbelikan dalam situs itu oleh akun bernama Bjorka pada 18 September 2024. Selain NPWP, data yang juga terseret adalah nomor induk kependudukan (NIK), alamat, nomor telepon seluler, hingga email. 

Harga jual seluruh data NPWP yang bocor tersebut mencapai Rp150 juta.

"Terkait dengan informasi kebocoran data yang beredar, saat ini tim teknis DJP sedang melakukan pendalaman," ujar Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP Kemenkeu, Dwi Astuti, seperti dikutip Antara, Rabu (18/9).

Pada cuitan yang sama, Teguh mengatakan bahwa data yang bocor juga termasuk milik Jokowi serta kedua putranya, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep.

Selain mereka, sejumlah menteri juga termasuk dalam daftar seperti Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, dan Menteti BUMN Erick Thohir.

Ada pula Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, hingga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Informasi mengenai kebocoran data NPWP itu juga diunggah oleh perusahaan keamanan siber Falcon Feeds pada platform X. Namun, dalam pernyataannya, mereka menyebut keaslian informasi itu belum terverifikasi  

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

OnlyFans Cetak Rekor Pendapatan, Capai US$6,6 Miliar di 2023
The Fed Pangkas Suku Bunga 50 Bps, Sentimen Positif IHSG (19/9)
BREN Batal Masuk FTSE, Saham Prajogo Pangestu Kompak Merah
TikTok Ungkap 4 Jenis Konsumen, Penjual Harus Paham
Ini Strategi Atur Keuangan Hadapi Tekanan Ekonomi Agar Tak Turun Kelas
Transaksi Kripto Pulih, Ini Lokasi Peretas Indodax