Pertamina Perluas Distribusi SAF untuk Helikopter

Sayap Garuda Indah jadi perusahaan pertama yang gunakan SAF.

Pertamina Perluas Distribusi SAF untuk Helikopter
Pertamina perluas penggunaan SAF ke helikopter. (Doc: Pertamina Patra Niaga)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Fortune Recap

  • PT Pertamina Patra Niaga bekerja sama dengan Sayap Garuda Indah (SGI) untuk menggunakan Sustainable Aviation Fuel (SAF) pada helikopter di Bali International Airshow 2024.
  • Selain digunakan pada pesawat komersial, SAF juga diadopsi oleh SGI untuk helikopter Bell 407 sebagai upaya mengurangi emisi karbon dan mendukung perubahan iklim global.
  • SAF telah memenuhi standar internasional.

Jakarta, FORTUNE - PT Pertamina Patra Niaga memperluas penggunaan Sustainable Aviation Fuel (SAF) ke helikopter via kerja sama dengan Sayap Garuda Indah (SGI) pada perhelatan Bali International Airshow 2024 di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan, mengatakan komitmen distribusi Pertamina SAF pada helikopter diharapkan turut berperan mencapai jejak karbon lebih rendah pada sektor penerbangan.

"Bila tahun lalu Pertamina SAF telah berhasil melalui flight test pada pesawat komersial berjenis Boeing 737-800 NG, saat ini SGI resmi mengadopsi Pertamina SAF untuk helikopter Bell 407 dan menjadi Helikopter pertama yang menggunakan SAF di Indonesia untuk mengurangi emisi karbon dan mendukung upaya global dalam memerangi perubahan iklim," kata Riva, dalam acara pengisian perdana dan demo penerbangan helikopter SGI di Bali International Air Show 2024 (19/9).

Saat ini SAF menjadi solusi jangka menengah bagi sektor penerbangan untuk mengurangi jejak karbon, tanpa memerlukan perubahan pada pesawat, infrastruktur bandara, atau rantai pasokan bahan bakar jet.

Pertamina SAF telah memenuhi berbagai standar internasional, termasuk sertifikasi International Sustainability and Carbon Certification (ISCC) untuk program Carbon Offsetting and Reduction Scheme for International Aviation (CORSIA) dan Renewable Energy Directive-European Union (RED-EU). 

Pertamina juga memastikanSAF aman digunakan, memenuhi standar yang ditetapkan oleh American Society of Testing and Materials (ASTM), dan terdaftar sebagai Corsia Eligible Fuel (CEF) oleh International Civil Aviation Organization (ICAO).

“Sinergi ini tidak hanya mendorong teknologi penerbangan berkelanjutan, tetapi juga menunjukkan visi bersama Pertamina Patra Niaga, SGI, dan Bell dalam menciptakan masa depan penerbangan yang lebih bersih dan ramah lingkungan,” ujar Riva.

CEO PT Sayap Garuda Indah, François Lassale, mengatakan investasi SGI dalam SAF sejalan dengan komitmennya terhadap praktik berkelanjutan.

Selain itu, menurutnya, kemitraan Pertamina sangat selaras dengan tujuan ESG perusahaan.

"Kolaborasi ini menjadi contoh kuat tentang bagaimana kita dapat mencapai dampak lingkungan yang berarti melalui kemitraan strategis, dan kami berharap dapat memperluas penggunaan SAF sebagai bagian dari misi kami yang lebih luas untuk memimpin jalan dalam penerbangan berkelanjutan di seluruh wilayah,” katanya.

Sinergi penggunaan SAF di SGI juga terwujud berkat dukungan Bell Textron Inc, produsen helikopter terkemuka yang mendukung implementasi SAF dalam armada buatannya.

Kemitraan ini memfasilitasi transisi ke praktik penerbangan yang lebih berkelanjutan dan mempercepat pengurangan emisi karbon pada sektor penerbangan.

“Ini menyoroti dedikasi Bell terhadap solusi bahan bakar alternatif dan diskusi berkelanjutan kami dengan para pelanggan dan regulator di seluruh Indonesia dan kawasan ini terkait penerapan SAF. Bersama-sama, kami berharap dapat memajukan penerapan teknologi penerbangan rendah karbon,” ujar William Dickey, Direktur Pengembangan Bisnis Bell untuk Asia Pasifik.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

OnlyFans Cetak Rekor Pendapatan, Capai US$6,6 Miliar di 2023
The Fed Pangkas Suku Bunga 50 Bps, Sentimen Positif IHSG (19/9)
BREN Batal Masuk FTSE, Saham Prajogo Pangestu Kompak Merah
TikTok Ungkap 4 Jenis Konsumen, Penjual Harus Paham
Ini Strategi Atur Keuangan Hadapi Tekanan Ekonomi Agar Tak Turun Kelas
Transaksi Kripto Pulih, Ini Lokasi Peretas Indodax