10 Album Musik Terlaris di Dunia Sepanjang Masa!

Adakah musisi favorit Anda?

10 Album Musik Terlaris di Dunia Sepanjang Masa!
Ilustrasi album musik (Unsplash/@introspectivedsgn)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Industri musik adalah dunia yang penuh dengan talenta dan keajaiban. Di sana, lahirlah nama-nama besar yang karyanya abadi dan didengarkan oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Sebut saja Michael Jackson, Pink Floyd, Eagles, dan masih banyak nama lainnya yang harum melalui mahakaryanya.

Selain karena musik telah menjadi bagian dari hidupnya, musik juga menjadi sebuah industri yang membuat mereka mampu meraup keuntungan dari penjualan Album-album hasil karyanya.

Bahkan, terdapat beberapa musisi yang karyanya dinobatkan sebagai album musik terlaris di dunia karena angka penjualannya begitu fantastis.

Lantas, siapa saja musisi yang mampu meraih gelar tersebut? Simak daftarnya pada informasi berikut ini, seperti yang telah dirangkum Fortune Indonesia.

10. Saturday Night Fever Soundtrack

Saturday Night Fever Soundtrack (amazon.com)

Di urutan ke-10 album musik terlaris di dunia adalah soundtrack film Saturday Night Fever yang dirilis pada tahun 1977. Saat album ini dirilis, grup musik Bee Gees sedang berada di puncak kariernya. 

Mereka membawakan beberapa lagu hits dalam album ini, termasuk “Night Fever”, “How Deep Is Your Love”, dan “Stayin' Alive”.

Selain lagu-lagu Bee Gees, ada juga beberapa lagu dari artis lain yang tidak kalah populer, seperti “A Fifth Of Beethoven”, “Boogie Shoes”, dan “Disco Inferno”. 

Meskipun soundtrack ini sangat kental dengan era 70-an, tetapi lagu-lagunya tetap diputar hingga sekarang. Secara keseluruhan, penjualan album ini tembus hingga 40 juta copy.

9. Rumours – Fleetwood Mac

Album Rumours (Wikimedia Commons)

Meskipun pada waktu itu telah merilis 10 album, Fleetwood Mac baru mencapai puncak popularitasnya setelah merilis album Rumours pada tahun 1977 dan telah terjual sebanyak 40 juta salinan. 

Album ini dianggap sebagai mahakarya dengan durasi kurang dari 40 menit dan menjadi pencapaian besar di akhir tahun 1970-an.

Beberapa single dari album ini, seperti “Go Your Own Way”, “Dreams”, “Don't Stop”, dan “You Make Loving Fun” menjadi sangat hits dan disukai para penggemar. 

Bahkan, lagu-lagu tersebut masih sering digunakan dalam iklan dan menghasilkan keuntungan hingga sekarang.

Keberhasilan album ini menjadikan Fleetwood Mac salah satu band paling ikonik dan berpengaruh dalam sejarah musik.

8. Come On Over – Shania Twain

Shania Twain (Wikimedia Commons)

Album terlaris dekade 90-an bukan berasal dari musisi rock atau pop klasik, melainkan penyanyi country bernama Shania Twain. 

Bertajuk Come On Over, album ini menjadi fenomenal karena memadukan musik country dan pop dengan begitu apik.

Lagu-lagu populer seperti "You're Still The One", "From This Moment On", dan "That Don't Impress Me Much" menjadi soundtrack bagi kehidupan banyak orang. 

Album ini juga menghasilkan banyak single dan melambungkan nama Shania Twain menjadi bintang terkenal.

Selain itu, album yang telah terjual sebanyak 40 juta kali ini menjadi bukti bahwa musik country bisa diterima oleh publik yang lebih luas dan menjadi ikon budaya pop era 90-an.

7. Hotel California – Eagles

Konser Eagles membawakan Hotel California (Wikimedia Commons)

Tahun 1976 menjadi tahun gemilang bagi Eagles. Dimulai dengan suksesnya album yang dirilis awal tahun, mereka kemudian menutup tahun dengan album Hotel California yang tak kalah fenomenalnya. 

Album ini menjadi debut Joe Walsh sebagai gitaris Eagles dan mengantarkan mereka ke puncak popularitas.

"Hotel California" bukan hanya album biasa, karena lagu-lagunya yang berjudul "New Kid In Town", "The Last Resort", dan "Life In The Fast Lane" sangat hits dan mendongkrak nama Eagles. 

Puncaknya, album ini berhasil memboyong dua Grammy Awards dan telah terjual 42 juta salinan, sehingga menjadikannya salah satu album musik terlaris di dunia.

6. Bat Out of Hell – Meat Loaf

Meat Loaf saat berada di GalaxyCon, 2019 (Wikimedia Commons)

Bat Out of Hell merupakan album debut Meat Loaf yang dirilis tahun 1977, dan telah menjadi legenda dalam dunia musik. 

Sampul albumnya yang khas dan lagu-lagunya yang berdurasi panjang telah memikat hati para penggemar musik di seluruh dunia.

Meskipun hanya terdiri dari tujuh lagu, durasi album ini mencapai lebih dari 46 menit. 

Kemudian, sisi kedua album ini berisi lagu-lagu hits, seperti "Two Out Of Three Ain't Bad" dan "Paradise By The Dashboard Light" yang berkolaborasi dengan Ellen Foley. 

Sebagai informasi, lagu "Paradise By The Dashboard Light" sendiri sangatlah unik karena terdiri dari tiga bagian dan pernah menjadi salah satu single terpanjang yang dirilis untuk radio, meskipun telah dipotong dari durasi aslinya 27 menit.

Secara keseluruhan, Bat Out of Hell telah laku terjual sebanyak 43 juta salinan.

5. Their Greatest Hits (1971-1975) – Eagles

Eagles saat tampil di atas panggung (Wikimedia Commons)

Album kompilasi "greatest hits" merupakan strategi jitu bagi band untuk mendulang keuntungan. 

Mirip dengan soundtrack film, album ini memungkinkan para penggemar menikmati lagu-lagu terbaik tanpa harus membeli album secara keseluruhan. 

The Eagles termasuk salah satu pelopor dalam strategi ini. Terbukti, album Their Greatest Hits (1971–1975) sempat menjadi album musik terlaris di dunia sepanjang masa dengan penjualan sebanyak 45 juta copy, sebelum akhirnya dilampaui oleh Thriller karya Michael Jackson.

Dirilis pada awal tahun 1976, album ini berisi lagu-lagu hits The Eagles seperti "Take It Easy", "Witchy Woman", dan "Desperado". 

Kendatipun demikian, album ini hanya meraih posisi nomor dua di tangga lagu Billboard 200 Amerika Serikat.

4. The Dark Side Of The Moon – Pink Floyd

Album The Dark Side of The Moon (amazon.com)

Pink Floyd merupakan band rock legendaris yang terkenal dengan musiknya yang meimliki tempat di hati berbagai penggemar lintas genre pada era 1970-an. 

Di antara daftar album mereka yang sukses, The Dark Side of the Moon adalah yang paling menonjol.

Album ini dirilis pada tahun 1973 dan mencapai puncak popularitasnya dengan menghabiskan hampir 1.000 minggu di tangga lagu Billboard. 

Kesuksesan ini didorong oleh musiknya yang lebih radio-friendly, terbukti dengan hits seperti "Money" dan "Us And Them". 

Meskipun tidak dirilis sebagai single, "Brain Damage" dan "The Great Gig in the Sky" juga menjadi favorit para penggemar.

Album ini telah terjual sebanyak 45 juta copy, sehingga tidak bisa terbantahkan bahwa ini adalah salah satu album musik terlaris di dunia.

3. The Bodyguard Soundtrack

Kevin Costner dan Whitney Houstin (billboard.com)

Album ini menjadi soundtrack untuk film The Bodyguard. Film yang dirilis pada tahun 1992 ini dan dibintangi oleh Whitney Houston. 

Tidak hanya beradu akting, hampir seluruh suara dalam album ini juga tidak lepas dari peran Whitney Houston.

Di antara beberapa lagu dalam album tersebut, yang paling fenomenal hingga sekarang tentu saja adalah "I Will Always Love You", sebuah mahakarya yang ditulis oleh Dolly Parton.

Album yang satu ini juga sangat laku keras di pasaran, dengan torehan penjualan sebanyak 45 juta salinan.

2. Back In Black – AC/DC

Album Back in Black (billboard.com)

AC/DC bukan sekadar band rock biasa. Pasalnya, mereka digemari oleh orang-orang dari berbagai usia dan genre musik. Dari orang dewasa hingga anak muda bisa menikmati musik AC/DC.

Albumnya bertajuk Back In Black menjadi bukti popularitas AC/DC, yang juga menjadi album terlaris kedua sepanjang masa, melanjutkan kesuksesan album Highway To Hell.

Back In Black berisikan lagu-lagu rock klasik seperti "You Shook Me All Night Long" dan "Hells Bells". 

Sampai saat ini, lagu-lagu tersebut masih sering diputar di radio dan disukai oleh banyak orang.

Tercatat, Back In Black mencatatkan penjualan sebanyak 45 juta kali, dan menempati posisi kedua sebagai album musik terlaris di dunia dalam daftar ini.

1. Thriller – Michael Jackson

Michael Jackson (Wikimedia Commons)

Siapa yang tidak mengenal mendiang Michael Jackson. Setelah wafat pada tahun 2009 silam, Michael Jackson meninggalkan beberapa mahakarya yang terus eksis hingga saat ini, salah satunya adalah album berjudul Thriller.

Album ini berhasil memenangkan delapan penghargaan Grammy Awards, dan menjadikannya album dengan perolehan penghargaan terbanyak pada saat itu.

Lagu-lagu dalam albumnya berjudul "Billie Jean", "Beat It", dan "The Girl Is Mine" adalah bukti kejeniusan seorang Michael Jackson saat meramu lirik dan musik dengan padu.

Tak tanggung-tanggung, penjualan album ini telah menyentuh sebanyak 70 juta salinan, dan berhasil merengkuh gelar sebagai album musik terlaris di dunia sepanjang masa.

Dari semua lagunya dalam album ini, adakah yang jadi favorit Anda sampai sekarang?

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

Daftar Saham Afiliasi Para Calon Menteri dalam Pemerintahan Prabowo
Ini Biaya dan Perbandingan Franchise Alfamart dan Indomaret
BI Masih Cermati Ruang Penurunan Suku Bunga Acuan
BI: Biaya Transaksi QRIS Gratis hingga Rp500 Ribu per 1 Desember 2024
Ini 3 Waktu Terbaik untuk Memulai Investasi Emas
Investor Asal Korsel dan Cina Bakal ke Indonesia Bawa Dana Jumbo