Jokowi Resmikan Superblok Rp3 T di IKN Nusantara, Rampung Agustus 2024

Investor Kalimantan ikut partisipasi.

Jokowi Resmikan Superblok Rp3 T di IKN Nusantara, Rampung Agustus 2024
Presiden Jokowi melakukan pelatakan batu pertama Pakuwon Nusantara di Kawasan IKN, Provinsi Kalimantan Timur (1/11). (dok. Setkab)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Presiden Jokowi telah meresmikan dan melaksanakan groundbreaking proyek Superblok Nusantara senilai Rp3 triliun di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Pada proyek yang dibangun di atas lahan 7,5 hektare (Ha) tersebut, akan dibangun pusat perbelanjaan, hotel berbintang, rumah sakit, apartemen, gedung perkantoran, hingga sekolah internasional. 

Jokowi menyebut, khusus untuk progres pembangunan Hotel Nusantara telah mencapai 34 persen. Sedangkan untuk pembangunan sejumlah infrastruktur lainnya di Superblok Nusantara dinilai memiliki progres pembangunan yang hampir sama dengan Hotel Nusantara.

“Kalau melihat seperti ini akan selesai kira-kira sebelum Agustus 2024,” ucap Jokowi dalam keterangan resmi yang dikutip di Jakarta, Rabu (20/12).

Nilai proyek capai Rp3 triliun investor Kalimantan turut partisipasi

Groundbreaking Hotel Nusantara di IKN, Kamis (21/9). (Tangkapan layar)

Jokowi juga menyampaikan, nilai dari proyek Superblok Nusantara tersebut mencapai Rp3 triliun dengan investor dari Kalimantan Timur hingga Balikpapan yang turut berpartisipasi. “Bukan hanya dari Jawa, bukan hanya dari Jakarta, ada yang dari investor dari Balikpapan juga ikut memulai, ini sangat bagus,” ujarnya.

Meski didanai oleh investor daerah, Ia berharap desain dari pembangunan Superblok Nusantara ini tidak kalah dengan desain di Jakarta. Untuk itu Jokowi juga berpesan agar pembangunan infrastruktur tersebut mengedepankan konsep ramah lingkungan.

Soal investor asing dalam pembangunan IKN, Presiden Jokowi menjelaskan bahwa selama ini minat investor dalam negeri masih tinggi, pemerintah akan memprioritaskan investor dalam negeri.

“Tapi juga sebetulnya yang investor dalam negeri pun sebetulnya sudah partner-an dengan yang asing, satu dua saya tahu sudah partner-an sama asing, saya kira sama saja,” tandasnya.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

OPEC+ Sepakat Tunda Kenaikan Produksi Minyak Hingga November
Bisnis Manajemen Fasilitas ISS Tumbuh 5% saat Perlambatan Ekonomi
7 Jet Pribadi Termahal di Dunia, Harganya Fantastis!
Gagal Tembus Resisten, IHSG Diprediksi Konsolidasi
Fitur AI Jadi Alasan Canva Naikkan Harga hingga 300%
Pertamina Siapkan 15 Persen Belanja Modal untuk Transisi Energi