Pahami Pengertian Dari Integrasi Nasional

Waspadai ancaman integrasi nasional.

Pahami Pengertian Dari Integrasi Nasional
ilustrasi bendera Indonesia (unsplash.com/Anggit Rizkianto)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Indonesia dapat melewati tantangan yang dapat menyebabkan perpecahan bangsa dengan adanya integrasi nasional. Karena, Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki beragam ras, suku, bahasa, dan agama. 

Apalagi, Indonesia berada di posisi silang yang sangat strategis karena diapit oleh dua benua, yaitu Asia dan Australia, serta dua samudera, yaitu samudera Hindia dan Pasifik. Selain itu, Indonesia juga dilewati garis khatulistiwa. Namun, kedaulatan dan persatuan juga dapat terjaga karena adanya integrasi bangsa.

Menurut Liddle, integrasi nasional yang tangguh hanya bisa berkembang apabila sebagian besar anggota suatu masyarakat bersepakat tentang batas-batas teritorial dari negara sebagai suatu kehidupan politik di mana mereka menjadi warganya. Selain itu, integrasi nasional dapat terwujud apabila sebagian besar anggota masyarakat tersebut bersepakat mengenai struktur pemerintahan dan aturan-aturan daripada proses-proses politik yang berlaku bagi seluruh
masyarakat diatas wilayah negara tersebut. 

Namun, apa pengertian integrasi nasional sebenarnya? Dan apa saja ancaman integrasi nasional di masa depan? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Defisini integrasi nasional

Salah satu atraksi budaya daerah di kawasan desa wisata. (dok. Kemenparekraf)

Integrasi berasal dari bahasa latin, “integer” yang memiliki arti utuh atau menyeluruh. Karena itu, integrasi bangsa merupakan bersatunya suatu bangsa yang menempati wilayah tertentu dalam sebuah negara berdaulat. Pembauran tersebut akan membentuk suatu kesatuan yang bulat dan utuh.

Adapun integrasi nasional adalah usaha dan proses mempersatukan perbedaan perbedaan yang ada pada suatu negara sehingga terciptanya keserasian dan keselarasan secara nasional. Seperti yang kita ketahui, Indonesia merupakan bangsa yang sangat besar baik dari kebudayaan ataupun wilayahnya. 

Di satu sisi, hal ini juga membawa dampak positif bagi bangsa karena kita bisa memanfaatkan kekayaan alam Indonesia secara bijak atau mengelola budaya budaya yang melimpah untuk kesejahteraan rakyat. Namun, di sisi lain dapat menimbulkan masalah baru yang dapat mengancam keutuhan bangsa Indonesia. 

Waspadai ancaman integrasi nasional

Ilustrasi perang. (Pixabay/Defence-Imagery)

1. Ancaman di bidang ideologi

Masalah keamanan bukan hanya menghadapi ancaman tradisional melalui kekuatan militer, tetapi juga melindungi masyarakat dari ancaman non-militer dari dalam dan luar negeri. Ancaman dalam aspek ideologi merupakan ancaman yang dinilai memiliki kemampuan yang membahayakan pemikiran masyarakat dalam suatu negara sehingga dapat mengancam Pancasila.
 
Misalnya, kecenderungan masyarakat yang mengarah kepada kehidupan liberal dengan menekankan pada aspek kebebasan individu. Bukan hanya berdampak positif, pengaruh ini berdampak negatif karena gaya hidup bebas yang menjadi ancaman kepribadian bangsa.

2. Ancaman di bidang politik

Ancaman di bidang politik dinilai dapat mengancam kedaulatan, keutuhan, serta keselamatan bangsa. Salah satunya ialah separatisme. Separatisme adalah gerakan yang menempuh pola perjuangan politik tanpa senjata dan perjuangan bersenjata. 

3. Ancaman di bidang ekonomi

Ancaman di bidang ekonomi bagi Indonesia, antara lain inflasi, pengangguran, dan sebagainya. Sementara itu, ancaman dari luar dapat berupa kinerja ekonomi yang buruk, rendahnya daya saing, terlebih dengan adanya pasar bebas. Selain itu, sektor ekonomi masyarakat akan berkurang sehingga pengangguran dan kemiskinan akan menjamur.

Untuk mencapai Integrasi Nasional dibutuhkan suatu proses yang matang agar kelak keintegrasian tersebut tidak terpecah belah oleh berbagai ancaman, gangguan, dan hambatan
yang datangnya berasal dari dalam ataupun luar negeri. Semoga bermanfaat!

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

12 Tahun Dijual, Rumah Mewah Michael Jordan di Chicago Akhirnya Laku
Isak Tangis Sri Mulyani di Banggar DPR Usai Sepakati RUU APBN 2025
OnlyFans Cetak Rekor Pendapatan, Capai US$6,6 Miliar di 2023
Perbedaan Istana Garuda dan Istana Negara IKN, Jangan Keliru
Alibaba Pertahankan Kepemilikan 88 Miliar Saham GoTo hingga 5 Tahun
Bunga Acuan Turun, BI Proyeksikan Kredit Bank Tumbuh 12%