11 Bahasa Tertua di Dunia, Ada yang Masih Digunakan

Cikal bakal bahasa.

11 Bahasa Tertua di Dunia, Ada yang Masih Digunakan
ilustrasi bahasa tertua di dunia (unsplash.com/NEOM)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Mungkin Anda sudah familiar dengan sejumlah bahasa asing, seperti Inggris, Jerman, Mandarin, dan lainnya. Akan tetapi, sebelum hal tersebut populer, terdapat sejumlah Bahasa Tertua di dunia.

Dilansir setkab.go.id, terdapat 6.700 bahasa yang diucapkan oleh penduduk dunia menurut laman UNESCO.

Setiap bahasa memiliki keunikan serta karakter masing-masing, mulai dari huruf, kalimat, bunyi, serta maknanya. Lalu, apa bahasa pertama di dunia?

Sebenarnya, sulit memastikan kemunculan cikal bakal bahasa. Akan tetapi, sistem penulisan pada peradaban modern pertama (lebih dari 5 ribu tahun lalu) serta peninggalannya bisa dimanfaatkan untuk mengetahuinya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini daftar bahasa tertua di dunia. Simak selengkapnya!

1. Yunani

ilustrasi bahasa yunani (unsplash/arno senoner)

Bahasa tertua di dunia yang pertama adalah bahasa Yunani. Uniknya, bahasa ini sudah digunakan sejak abad 16 SM. Artinya, bahasa ini sudah berusia sekitar lebih dari tigas millennium.

Bahasa Yunani termasuk salah satu bahasa yang memiliki sejarah panjang dan terdokumentasi dengan baik. Berkembang pada era klasik, bahasa Yunani kerap dipakai oleh para ahli filsuf, matematika, hingga penulis drama. 

Bahasa Indo-Eropa ini menjadi cikal bakal dalam bahasa modern. Pada abad ke-19, bahasa Yunani modern menjadi bahasa resmi Kerajaan Yunani. Hingga saat ini, bahasa Yunani masih dipakai oleh penuturnya dan banyak dipelajari.

2. Mesir Koptik

ilustrasi bahasa mesir kuno (worldhistory.org)

Mesir Koptik merupakan bahasa peninggalan Mesir kuno. Bahasa ini berasal dan berkembang dari Lembah Nil di Afrika Timur Laut. Hal ini diketahui melalui makam yang berusia 3200 SM. 

Menurut sejarahnya, dinasti pertama Mesir tersebut berdiri pada tahun 3100 SM. Bahasa satu ini juga telah mengalami banyak perkembangan variasi. Mulai dari Mesir Kuno, Mesir Tengah, Mesir Akhir, hingga alfabet Koptik.

Dalam kontribusinya, bahasa Mesir Kuno memberikan wawasan mengenai sejarah, kegiatan keagamaan, dan kehidupan sehari-hari masyarakat pada masa tersebut. Hal tersebut juga masih terus diteliti sampai saat ini.

Bahasa tersebut digunakan dalam percakapan sehari-hari sampai abad ke-17 hingga digantikan dengan Bahasa Arab.

3. China

ilustrasi kaligrafi (unsplash/alexander schimmeck)

Selanjutnya, ada bahasa China yang juga menjadi bahasa tertua di dunia dan telah ditemukan sejak 300 tahun lalu. Bahasa ini diketahui berasal dari masyarakat Dinasti Shang menggunakan Bahasa China Kuno. 

Sering dikenal sebagai bahasa Mandarin, ada cukup banyak variasi bentuknya. Hingga saat ini, bahasa ini  menjadi bahasa induk China modern. Bahkan, bahasa China termasuk ke dalam bahasa terbesar dengan jumlah penutur sebanyak 1,4 miliar.

Selain itu, bahasa ini telah banyak berkontribusi dalam sejarah dan perkembangan sastra dan kaligrafi dunia.

4. Latin

ilustrasi tulisan bahasa latin (unsplash/nick fewings)

Bahasa Latin mungkin sudah tidak asing lagi digunakan oleh masyarakat Roma. Ternyata, Latin telah digunakan untuk percakapn sejak 7 SM. 

Bahasa ini diketahui awalnya berasal dari masyarakat yang tinggal di dekat Sungai Tiber. Seiring berjalannya waktu, bahasa Latin menyebar ke sebagian besar daerah Eropa hingga pesisir Mediterania.  

Bahasa tersebut terus mengalami perkembangan dan digunakan di beberapa daerah, seperti Inggris, Italia, dan Prancis. Semenjak Abad Pertengahan hingga kini, bahasa tersebut paling banyak dipakai dalam tulisan ilmiah ataupun sastra.

Selain itu, penggunaan bahasa Latin juga masih digunakan dalam perayaan liturgi Gereja Katolik Roma.

5. Sansekerta

ilustrasi tulisan sansekerta (wikimedia commons/meurault2004)

Bahasa Sansekerta Veda digunakan sebagai bahasa kesusastraan Hindu Kuno sejak 3500 tahun lalu di India Kuno. Bahasa ini juga masih cukup banyak dipakai dalam ajaran Jainisme, Sikhisme, dan Buddha. Pada karya sastra, sains, keagamaan, dan filosofis, bahasa Sansekerta juga kerap ditemui.

Di antara banyaknya peninggalan, kitab Mahabharata dan Ramayana menjadi peninggalan paling terkenal dan masih banyak dipakai hingga saat ini.

Selain berkontribusi pada bidang sastra dan linguistik, bahasa Sansekerta juga berperan dalam ilmu aljabar dan prinsip geometris dalam bidang ilmu matematika.

6. Aram

ilustrasi bahasa aram (flickr/sylvia beth yakub)

Bahasa tertua di dunia selanjutnya adalah Aram yang telah dipakai sejak 1100 SM. Bahkan, pendudukan Aram Kuno telah menggunakan circa 3500 SM saat Zaman Perunggu di wilayah Suriah modern.

Bahasa Aram diketahui berasal dari Timur Tengah kuno yang ditempati oleh masyarakat Aram. Uniknya, bahasa ini memiliki hubungan dengan bahasa Ibrani, Siria, dan Fenisia dan ditulis dalam aksara yang berasal dari alfabet Fenisia.

7. Ibrani

ilustrasi bahasa ibrani (wikimedia commons)

Ada yang menyebutkan Ibrani menjadi bahasa lisan pertama di dunia. Akan tetapi, Ibrani mulai ditinggal dalam kehidupan sehari-hari pada periode 200–4000 M. Pada era tersebut, bahasa Ibrani awalnya digunakan untuk kegiatan keagamaan.

Pada abad 19, bahasa tersebut pun dilafalkan kembali dan menjadi bahasa resmi di daerah Israel. Hingga saat ini, bahasa Ibrani dipelajari untuk mengidentifikasi peninggalan beberapa teks kuno dan kitab suci.

8. Tamil

ilustrasi bahasa tamil (flickr/symphoney symphoney)

Tamil merupakan bahasa tertua di dunia yang berasal dari India. Diketahui banyak prasasti yang ditemukan di gua serta sejumlah tembikar menggunakan bahasa ini. Penggunaan Tamil mulai digunakan sejak 300 SM.

Selain prasasti, warisan sejarah berupa karya klasik dan puisi juga diketahui ditulis menggunakan bahasa Tamil. Tidak heran, bahasa Tamil memegang peranan yang besar pada bidang seni, budaya, dan ilmu Pengetahuan.

9. Arab

ilustrasi kaligrafi arab (unsplash/paradigm visuals)

Jika dibandingkan bahasa lainnya, Arab menjadi bahasa tertua di dunia yang cukup modern. Penggunannya dimulai sejak 1 SM, tapi ada pula yang memperkirakan jauh sebelum itu.

Awalnya, bahasa Arab pertama kali muncul di barat laut Semenjung Arab. Masih berkerabat dengan bahasa Semit, bahasa Arab juga mencangkup bahasa Ibrani dan Aram. Pada ketiga dan keenam, bahasa Arab mengalami perubahan yang cukup signifikan.

10. Persia

ilustrasi bahasa persia (YouTube.com/Talk Like A Persian)

Pada tahun 600 SM, penduduk Iran Kuno menggunakan Bahasa Persia untuk percakapan sehari-hari. Bahasa tersebut terbagi dalam tiga periode, yakni Persia Kuno (525–300 SM), Persia Tengah (300 SM–800 M) dan Persa Modern.

Berasal dari Iran, bahasa Persia masih digunakan menjadi bahasa resmi di sana. Selain itu, negara Afghanistan dan Tajikistan juga menggunakan bahasa Persia untuk komunikasi sehari-harinya.

11. Sumeria

ilustrasi bahasa sumeria (wikimedia commons/gary tood)

Berbeda dengan bahasa lainnya, bahasa Sumeria menjadi bahasa pertama yang memiliki bukti tertulis dalam aksara paku. Aksara tersebut terdiri dari 600-1000 karakter yang dicetak di tanah liat.

Sudah ada sejak sekitar tahun 3100 SM, bahasa ini diketahui berasal dari bagian selatan Mesopotamia.Ada empat periode yang ada pada bahasa ini, yaitu Sumeria Kuno, Sumeria Lama atau Klasik, Sumeria Baru, dan Pasca-Sumeria.

Bahasa kuno yang masih digunakan sekarang

ilustrasi bahasa tertua di dunia (unsplash.com/Rohan Solankurkar)

Dilansir Discover Magazine, terdapat delapan bahasa tertua di dunia yang masih digunakan hingga saat ini, antara lain:

  1. Yunani
  2. China
  3. Tamil
  4. Sansekerta
  5. Ibrani
  6. Arab
  7. Nahuati
  8. Euskara/Basque.

Itulah tadi sederet bahasa tertua di dunia. Semoga artikel di atas dapat menambah pengetahuan Anda.

Magazine

SEE MORE>
Businessperson of the Year 2024
Edisi Oktober 2024
Turning Headwinds Into Tailwinds
Edisi September 2024
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024

IDN Channels

Most Popular

Izin Usaha Investree Dicabut OJK, Bagaimana Nasib Nasabah?
Prabowo Lantik Raffi Ahmad hingga Gus Miftah Jadi Utusan Presiden
Kemenkeu Tidak Lagi di Bawah Menko, Langsung Koordinasi ke Presiden
Ferrari F80, Supercar Edisi Terbatas Rp60 Miliar Resmi Mengaspal
Prabowo Lantik Luhut Jadi Penasihat Khusus Presiden
Daftar Kepala Badan, Utusan Hingga Penasihat Khusus Prabowo