7 Kota Suhu Terdingin di Indonesia, Capai 9 Derajat Celcius!

Memiliki udara yang sejuk.

7 Kota Suhu Terdingin di Indonesia, Capai 9 Derajat Celcius!
ilustrasi kota suhu terdingin di Indonesia (unsplash.com/Aldri Suganda)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Salah satu negara yang tidak memiliki musim dingin atau beriklim tropis adalah Indonesia. Oleh sebab itu, cuaca di Indonesia cenderung panas bila dibandingkan dengan negara dengan iklim sub tropis maupun dingin.

Meski begitu, terdapat kota suhu terdingin di Indonesia yang memiliki cuaca yang cenderung sejuk. Hal ini karena wilayah tersebut berada di ketinggian dan tertutup oleh vegetasi.

Berikut ini 7 kota suhu terdingin di Indonesia yang bisa Anda kunjungi. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Mamasa - Sulawesi Barat

Kota suhu terdingin di Indonesia adalah kabupaten Mamasa yang terletak di Provinsi Sulawesi Barat. Daerah ini termasuk daerah terdingin di Indonesia karena terletak di ketinggian 1.900 mdpl (meter di atas permukaan laut).

Selain sejuk, pemandangan di wilayah ini juga sangat indah karena terhampar tanaman hijau. Terdapat juga daera agrowsiata dan perkampungan tradisional yang bisa Anda kunjungi.

2. Kota Mulia - Papua

Kota lainnya yang memiliki suhu yang dingin dibandingkan dengan daerah lainnya adalah Kota Mulia yang berlokasi di Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua. Kota ini berada di ketinggian 2.448 mdpl dan memiliki luas 883 km2.

Saking dinginnya, suhu udara di kota ini bisa mencapai 9 derajat celcius di malam hari. Bahkan, Kota Mulia pernah mencapai titik beku. Hal ini karena lokasinya yang berdekatan dengan pegunungan Jaya Wijaya.

Kota ini menjadi satu-satunya daerah yang berpenghuni di pegunungan Jaya Wijaya. Total penduduk di wilayah ini yaitu 24.649 jiwa.

3. Gayo Lues - Aceh

Tidak banyak yang tahu bahwa provinsi Aceh juga memiliki kota suhu terdingin di Indonesia. Kota Gayo Lues memiliki suhu yang lebih dingin karena berada di ketinggian 1.000 mdpl.

Daerah ini menjadi salah satu daerah pendakian menuju gunung Leuser. Selain itu, jika Anda mengunjungi daerah ini jangan lupa untuk singgah di pemandian air panas di Puri Betung.

4. Batu - Jawa Timur

Daerah terdingin lainnya di Indonesia adalah Kota Batu, Jawa Timur. Sebelumnya, kota ini masuk dalam daftar wilayah Kabupaten Malang. Akan tetapi, kini kota tersebut telah berdiri dan menjadi kota administratif sendiri.

Suhu di kota ini sangat sejuk karena bisa 19–12 derajat celcius. Dikarenakan kota ini terletak di ketinggian 700–1.700 mdpl.

Oleh sebab itu, kota ini menjadi salah satu kota obyek wisata terfavorit di Jawa Timur. Udara di sini sangat segar ditambah dengan keindah Kota Batu yang mempesona.

5. Ciwidey - Jawa Barat

Kota suhu terdingin di Indonesia yang sangat terkenal adalah daerah Ciwidey yang berada di Kota Bandung, Jawa Barat. Daerah ini terkenal dengan objek wisatanya yaitu Kawah Putih.

Kota ini berlokasi di ketinggian 1.200 mdpl. Meski di siang hari atau masuk musim kemarau, Anda tetap akan merasakan udara yang sejuk di sini.

6. Baturaden - Jawa Tengah

Kota terdingin di Indonesia lainnya adalah Kota Baturaden yang terletak di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Berlokasi di ketinggian 980 mdpl membuat daerah ini memiliki suhu yang lebih dingin bila dibandingkan daerah lainnya.

Daerah ini juga menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Beberapa objek wisata di daerah ini adalah air terjun dengan nama Pancuran Pitu dan Pancuran Telu.

7. Berastagi - Sumatera Utara

Berastagi menjadi salah satu kota terpopuler oleh para turis mancanegara. Daerah terletak di antara Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung.

Daerah ini berlokasi di ketinggian 1.300 mdpl dan membuatnya masuk dalam jajaran daerah terdingin di Indonesia.

Itulah tadi sejumlah kota suhu terdingin di Indonesia. Tertarik untuk mengunjungi salah satu daerah di atas dan menikmati cuaca sejuk di sana?

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

12 Tahun Dijual, Rumah Mewah Michael Jordan di Chicago Akhirnya Laku
Isak Tangis Sri Mulyani di Banggar DPR Usai Sepakati RUU APBN 2025
OnlyFans Cetak Rekor Pendapatan, Capai US$6,6 Miliar di 2023
Perbedaan Istana Garuda dan Istana Negara IKN, Jangan Keliru
Alibaba Pertahankan Kepemilikan 88 Miliar Saham GoTo hingga 5 Tahun
Bunga Acuan Turun, BI Proyeksikan Kredit Bank Tumbuh 12%