Lee Sun-kyun dari film Parasite Wafat, Ini Sederet Prestasinya

Dia ditemukan telah meninggal pada Rabu (27/12).

Lee Sun-kyun dari film Parasite Wafat, Ini Sederet Prestasinya
Lee Sun-kyun. (Kinocine, CC BY-SA 4.0 , via Wikimedia Commons)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Seoul, FORTUNE - Aktor Korea Selatan, Lee Sun-kyun, meninggal dunia. Pemeran Mr Park dalam film peraih Oscar, Parasite, itu ditemukan pada Rabu (27/12).

Kantor Polisi Seongbuk, Seoul menemukan Lee, yang berusia 48, di dalam mobil yang berada di dekat Taman Waryong, Seoul pada pukul 10.30 KST (08.30 WIB). Jenazahnya lalu dibawa ke Rumah Sakit Universitas Nasional Seoul.

Tak hanya itu, polisi pun menemukan briket arang di kursi penumpang depan mobil. Briket arang bisa menyebabkan keracunan karbon monoksida dalam tingkat berbahaya.

Sebelumnya, sebagaimana dilaporkan oleh The Korea Times, Manajer Lee telah melapor ke polisi bahwa Lee meninggalkan rumah setelah menuliskan memo serupa wasiat. Karena Lee tak bisa dihubungi, manajernya pun telah mendatangi rumah Lee yang berlokasi di Cheongdam-dong, bagian selatan Seoul.

Agensi Lee, Hody&U Entertainment telah mengonfirmasi kabar itu. Perusahaan pun meminta agar publik menahan diri agar tidak menyebarkan informasi palsu lewat spekulasi atau pernyataan berniat jahat.

Lebih lanjut, laporan Spot TV yang dikutip Pink Villa menyebut, pemakaman Lee akan dilakukan secara tertutup. Sehingga hanya keluarga dan rekan yang bisa menghadirinya.

Riwayat karier Lee

Nama Lee mulai melejit ke kancah global setelah membintangi Parasite (2019) sebagai karakter utama. Bahkan, dia berhasil menyabet Academy Award pada 2020.

Pada 2021, Lee berhasil memenangkan Screen Actors Guild Award bersama rekan pemeran dari film fenomenal itu. Tak hanya itu, Lee juga berhasil masuk nominasi penghargaan aktor terbaik di International Emmy Awards berkat perannya dalam film fiksi ilmiah Dr. Brain (2021).

Kemudian pada 2023, dua film Lee, yakni film horor Sleep karya Jason Yu dan film thriller bencana karya Kim Tae-gon bertajuk Project Silence, diundang khusus ke Festival Film Cannes ke-76.

Baru-baru ini, Lee juga terlibat dalam penyelidikan atas dugaan penggunaan narkoba. Sejak awal 2023, ia sudah menempuh tiga kali pemeriksaan dengan polisi, atas dugaan pemakaian ganja dan obat-obatan terlarang lainnya di rumah sebuah perempuan yang bekerja di bar kelas atas di Distrik Gangnam, Seoul. Salah satu pemeriksaannya dilakukan pada Sabtu (23/12), yang berlangsung selama 19 jam.

Yonhap melaporkan, polisi menetapkan Lee sebagai tersangka pada akhir Oktober dalam penyelidikan itu. Lee sendiri mengeklaim ditipu oleh pekerja bar itu untuk menggunakan narkoba, sedangkan ia tak mengetahui jenis obat yang ia konsumsi.

Pada bulan lalu, Lee dinyatakan negatif dalam tes reagen singkat yang digelar selama penyelidikan polisi dan tes narkoba berbasis laboratorium oleh Badan Forensik Nasional.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

OPEC+ Sepakat Tunda Kenaikan Produksi Minyak Hingga November
Bisnis Manajemen Fasilitas ISS Tumbuh 5% saat Perlambatan Ekonomi
7 Jet Pribadi Termahal di Dunia, Harganya Fantastis!
Gagal Tembus Resisten, IHSG Diprediksi Konsolidasi
Fitur AI Jadi Alasan Canva Naikkan Harga hingga 300%
Pertamina Siapkan 15 Persen Belanja Modal untuk Transisi Energi