NEWS

Indonesia Pecahkan Rekor Dunia Pergelaran Angklung Terbesar

Pergelaran angklung dalam rangka sambut Hari Kemerdekaan RI.

Indonesia Pecahkan Rekor Dunia Pergelaran Angklung TerbesarPemecahan rekor dunia pergelaran angklung terbesar, Sabtu (5/8). (indonesia.go.id)
07 August 2023

Jakarta, FORTUNE – Indonesia memecahakan rekor dunia pergelaran angklung terbesar yang dicatat oleh Guinness World Records (GWR), di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Sabtu (5/8). 

Penilai resmi dari GWR, Sonia Usirogochi, mengatakan dengan jumlah peserta yang lebih dari 15.000 orang, menempatkan Indonesia sebagai pemecah rekor GWR, untuk pergelaran angklung terbesar. “Rekor saat ini adalah 5.182 peserta. Selain itu, di Indonesia per bulan lalu, Indonesia sendiri memiliki 124 Guinness World Record. Jakarta punya 13 rekor,” katanya di laman resmi Setkab, seperti dikutip Fortune Indonesia, Senin (7/8).

Seperti diketahui, rekor pergelaran angklung sebelumnya juga dipegang oleh Indonesia dalam acara yang diselenggarakan Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat dan Badan Kerja Sama Penanaman Modal (BKPM) di Washington DC, dengan 5.182 peserta pada 2011.

Dalam pemecahan rekor terbaru kali ini, pergelaran angklung diikuti oleh peserta dari berbagai kalangan–seperti Kementerian/Lembaga, Sekolah Menengah Atas (SMA), hingga Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) yang secara harmonis membawakan lagu ‘Berkibarlah Benderaku’ ciptaan Ibu Sud dan ‘Wind of Change’ yang dipopulerkan oleh band Scorpions, di bawah panduan Saung Angklung Udjo (SAU).

Rayakan Kemerdekaan RI

Pemecahan Rekor Dunia Pergelaran Angklung, di Stadion Utama GBK, Jakarta, Sabtu (5/8).
Pemecahan Rekor Dunia Pergelaran Angklung, di Stadion Utama GBK, Jakarta, Sabtu (5/8). (dok. Setpres)

Ketua panitia pergelaran,Tri Tito Karnavian, menyampaikan ajang pemecahan rekor dunia pergelaran angklung ini merupakan bagian dari perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 yang akan jatuh pada 17 Agustus. “Setelah upaya ini angklung akan terus bangkit, semakin dicintai semua generasi, dan menjadi bagian dari seni musik tidak hanya di daerah asalnya Jawa Barat dan negara Indonesia tapi bergaung di seluruh dunia,” ujarnya.

Belasan ribu peserta telah mempersiapkan pemecahan rekor dunia ini sejak Oktober 2022 dan sudah berlatih secara intens dalam tiga bulan terakhir. Seluruh peserta  berupaya memberikan penampilan terbaik dalam memainkan harmonisasi alat musik tradisional asli Indonesia ini.

Membangkitkan ekosistem angklung

Proses latihan pemecahan rekor dunia pergelaran angklung, di Kemendikbudristek.
Proses latihan pemecahan rekor dunia pergelaran angklung, di Kemendikbudristek. (dok. kemendikbudristek)

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.