NEWS

Jokowi Tegaskan Kerja Sama yang Setara dan Inklusif di KTT BRICS

Negara berkembang harus bersatu dan berjuang demi keadilan.

Jokowi Tegaskan Kerja Sama yang Setara dan Inklusif di KTT BRICSJokowi menghadiri KTT BRICS ke-15 di Afrika Selatan, Kamis (24/8). (dok. Setpres)
25 August 2023

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko "Jokowi" Widodo menegaskan pentingnya kesetaraan dan inklusivitas dalam berbagai kerja sama antarnegara di KTT BRICS (Brazil, Russia, India, China, South Africa), di Afrika Selatan, Kamis (24/8).

Presiden Jokowi mengatakan segala tindak diskriminasi terhadap upaya kemajuan negara-negara berkembang harus dihilangkan.

“Negara berkembang harus bersatu untuk memperjuangkan hak-haknya,” ujarnya dalam sesi BRICS-Africa Outreach and BRICS Plus Dialogue. 

Menurutnya, negara-negara anggota BRICS dapat menjadi bagian penting untuk memperjuangkan keadilan pembangunan bagi seluruh negara di dunia.

“BRICS dapat jadi bagian terdepan untuk memperjuangkan keadilan pembangunan dan mereformasi tata kelola dunia yang lebih adil,” katanya.

Ketidakadilan tidak boleh dibiarkan

Jokowi menghadiri KTT BRICS ke-15 di Afrika Selatan, Kamis (24/8).
Jokowi menghadiri KTT BRICS ke-15 di Afrika Selatan, Kamis (24/8). (dok. Setpres)

Jokowi memandang tatanan perekonomian dunia saat ini tidak adil, karena masih menyisakan kesenjangan pembangunan ekonomi yang besar antara negara berkembang dan negara maju. “Situasi seperti ini tidak boleh dibiarkan,” ujarnya.

Ketidakadilan dalam perekonomian antarnegara di dunia saat ini justru menimbulkan kesenjangan pembangunan yang semakin lebar. Rakyat miskin pun semakin menderita, diikuti oleh kelaparan yang terus membayangi dan membuat kesejahteraan sulit terwujud. Oleh karena itu, hak-hak negara berkembang–sebagai pihak yang banyak dirugikan–harus diperjuangkan bersama oleh banyak negara, salah satunya melalui BRICS.

Indonesia belum bergabung ke BRICS

Jokowi ungkap Indonesia belum bergabung dengan BRICS.
Jokowi ungkap Indonesia belum bergabung dengan BRICS. (Dok. Setpres)

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.