NEWS

Bicara Udara Dorong Pergub Pengendalian Pencemaran Udara DKI Disahkan

Langkah nyata demi perbaikan kualitas udara di DKI Jakarta.

Bicara Udara Dorong Pergub Pengendalian Pencemaran Udara DKI DisahkanDiskusi Publik ‘Mengawal Kebijakan Udara Bersih Jakarta, Sudah Sampai Mana?’, Rabu (25/1)/Fortune IDN/Desy Y.
25 January 2023

Jakarta, FORTUNE - Polusi udara masih menjadi permasalahan krusial di ibu kota Jakarta. Peraturan Gubernur (Pergub) udara bersih pun diharapkan bisa menjadi jawaban dari persoalan tersebut. Berdasarkan laporan Indeks Kualitas Lingkungan Hidup Indonesia, Jakarta menjadi provinsi dengan nilai Indeks Kualitas Udara (IKU) terendah selama tiga tahun terakhir. Polusi udara menyebabkan angka harapan hidup warga DKI berkurang 5,5 tahun dan menjadi salah satu penyebab dari berbagai masalah kesehatan.

Kondisi kualitas udara di Jakarta yang mengkhawatirkan tersebut mendorong Bicara Udara membuat petisi di platform Change.org bertajuk "Jakarta Darurat Polusi! Gubernur DKI Jakarta Sahkan Pergub Udara Bersih Secepatnya!". Petisi ini telah didukung oleh lebih dari 12.000 warganet. Namun, pergub ini masih dalam bentuk draf dan belum kunjung disahkan. Lantas, sudah sejauh mana langkah pengendalian pencemaran udara di ibu kota?

Co-Founder Bicara Udara, Novita Natalia dalam Diskusi Publik: ‘Mengawal Kebijakan Udara Bersih Jakarta, Sudah Sampai Mana?’ yang berlangsung secara daring, Rabu (25/1) menekankan bahwa Peraturan Gubernur (Pergub) Udara Bersih menjadi peraturan yang paling ditunggu warga DKI dalam upaya pengendalian polusi udara. Sebab, polusi udara telah menjadi salah satu masalah dan tantangan pencemaran lingkungan dengan risiko yang sangat besar terhadap kesehatan warga ibukota Jakarta.

Bicara Udara sebagai komunitas yang berfokus pada pencemaran menciptakan learning citizen dan active citizen untuk mendorong mendorong kembali pembicaraan mengenai Strategi Pengendalian Pencemaran Udara (SPPU) di Jakarta dan mengingatkan betapa pentingnya kualitas udara bagi kehidupan warga Jakarta.

"Kebijakan SPPU adalah komitmen dari semua pihak khususnya pemerintah untuk mewujudkan kota dan komunitas yang berkelanjutan. Isu Polusi udara tidak hanya masalah lingkungan, tapi juga menjadi masalah kesehatan publik dan ekonomi, sehingga kami sangat mendorong Pemprov DKI Jakarta untuk mempercepat pengesahan kebijakan SPPU ini," ungkap Novita.

Data DLH Jakarta menunjukkan, konsentrasi PM2,5 di Jakarta dan Bandung menjadi yang tertinggi di Pulau Jawa. Hal ini mengindikasikan perlunya kebijakan tentang strategi pengendalian pencemaran udara untuk keberlangsungan hidup warga Jakarta.

Melalui rancangan kebijakan ini, diharapkan Jakarta mampu mengoptimalkan identifikasi sumber utama polusi udara dan mengimplementasikan langkah-langkah untuk menjadikan Jakarta sebagai kota yang lebih sehat dan bersih.

Perlu langkah nyata demi kualitas udara di DKI Jakarta

source_name

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.