NEWS

Gerakkan Ekonomi Rakyat Lewat Adopsi Pohon di Hutan Ranjuri

Berkontribusi selamatkan bumi lewat adopsi pohon.

Gerakkan Ekonomi Rakyat Lewat Adopsi Pohon di Hutan RanjuriSalah satu pohon di hutan Ranjuri yang berusia ratusan tahun/dok. Fortune idn/desy y.
27 June 2023

Jakarta, FORTUNE - Langkah adopsi pohon bukan sekadar tren, tetapi menjadi keharusan seiring meluasnya dampak krisis iklim yang diakibatkan oleh kerusakan hutan dan lingkungan. Taj hanya itu, pohon juga berperan menjadi penopang kualitas udara dan penyerapan karbon.

Upaya memelihara hutan lewat adopsi pohon dijembatani Jejak.in, salah satunya dengan program penanaman dan adopsi pohon di hutan purba, Hutan Ranjuri Desa Beka, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Platform yang mulai beroperasi sejak akhir 2018 ini memanfaatkan teknologi AI dan IoT guna membantu dunia usaha untuk terlibat dalam penurunan laju perubahan iklim. 

Chief of Sustainability and Climate Change Jejak.in, Haris Iskandar, menyebutkan program penanaman dan adopsi pohon di Hutan Ranjuri Desa Beka, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, dapat membuka lapangan kerja dan menggerakkan perekonomian masyarakat.

"Harapannya adalah bagaimana segitiga berkelanjutan yakni ekosistem lingkungan hidup yang terjaga dengan tetap menghidupkan perekonomian masyarakat sekitar yang mana ada manfaat bagi masyarakat dengan menjaga hutan dan secara sosial diharapkan ada perbaikan," ujarnya dalam kegiatan Telusur Hutan Ranjuri, rangkaian Festival Lestari 5 yang diadakan oleh Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) di Kabupaten Sigi, Sabtu (24/6).

Haris menjelaskan, dalam program penanaman pohon,  pihaknya ikut mendorong masyarakat untuk melakukan pembibitan.

"Kalau hal ini bisa dikelola masyarakat sendiri, maka uang untuk membeli bibit bisa masuk ke desa, sehingga perekonomian di daerah tersebut dapat berputar," ujarnya.


 

Kolaborasi untuk adopsi pohon

description
Chief of Sustainability and Climate Change Jejak.in, Haris Iskandar/Dok. Fortune idn/Desy Y.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.