NEWS

Ini Potensi Sumber Daya Alam Indonesia dan Kegunaannya

SDA Indonesia mulai dari batubara hingga laut.

Ini Potensi Sumber Daya Alam Indonesia dan Kegunaannyailustrasi bendera Indonesia (unsplash.com/Anggit Rizkianto)
04 January 2023

Jakarta FORTUNE - Sumber daya alam (SDA) Indonesia sangat melimpah, mulai dari minyak bumi, gas, batu bara, hingga emas. Jika seluruh kekayaan alam tersebut dicairkan dalam bentuk uang, Indonesia diperkirakan memiliki aset hingga mencapai ratusan ribu triliun rupiah.

Secara umum, SDA adalah segala sesuatu yang berasal dari alam dan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh manusia untuk keberlangsungan hidupnya. SDA dibedakan menjadi dua jenis, dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbarui.

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui merupakan kekayaan alam yang dapat didaur ulang dan ketersediaannya di alam tidak terbatas. Contoh dari SDA yang dapat diperbaharui seperti air, udara, tanah, hewan, dan tumbuhan.

Sedangkan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah sumber daya yang tidak bisa didaur ulang lagi alias akan habis jika diambil terus-terusan. Contohnya, gas alam, minyak bumi, emas, timah, tembaga, batubara, dan besi.

Berdasarkan jenisnya SDA juga dibagi menjadi dua, yaitu hayati dan non hayati. Sumber daya alam hayati berasal dari makhluk hidup, seperti sapi, ayam, kambing, dan tumbuh-tumbuhan. Sedangkan, SDA non hayati adalah sumber daya yang bukan berasal dari makhluk hidup. Contohnya, minyak bumi, air, matahari, tambang, emas, dan sebagainya.

Batubara

Bisnis jasa  logistik  batubara tumbuh di semester I 2022. Dok, RMK Energy
Bisnis jasa logistik batubara naik. Dok, RMK Energy

Indonesia memiliki kandungan SDA potensial yang bisa membuat RI kaya-raya. Melansir data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), salah satu SDA potensial tersebut yakni batubara.

Kementerian ESDM mencatat, cadangan batubara Indonesia saat ini mencapai 38,84 miliar ton. Dengan rata-rata produksi batubara sebesar 600 juta ton per tahun, maka umur cadangan batubara masih 65 tahun apabila diasumsikan tidak ada temuan cadangan baru.

Selain cadangan batubara, masih ada juga sumber daya batubara yang tercatat sebesar 143,7 miliar ton. Untuk itu, Pemerintah terus mendorong upaya pemanfaatan untuk memberikan kesejahteraan ke seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Berdasarkan sebran, Pulau Kalimantan menyimpan 62,1 persen dari total potensi cadangan dan sumber daya batubara terbesar di Indonesia, yaitu 88,31 miliar ton sumber daya dan cadangan 25,84 miliar ton. Selanjutnya, wilayah lain yang mempunyai potensi tinggi adalah Pulau Sumatera sebesar 55,08 miliar ton (sumber daya) dan 12,96 miliar ton (cadangan). 

Nikel dan gas

Foto udara aktivitas pengolahan nikel (smelter) yang berada di Kawasan Industri Virtue Dragon Nickel Industrial (VDNI) di Kecamatan Morosi, Konawe, Sulawesi Tenggara, Selasa (14/12/2021). ANTARA FOTO/Jojon/foc.
Foto udara aktivitas pengolahan nikel (smelter) yang berada di Kawasan Industri Virtue Dragon Nickel Industrial (VDNI) di Kecamatan Morosi, Konawe, Sulawesi Tenggara, Selasa (14/12/2021). ANTARA FOTO/Jojon/foc.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.