NEWS

5 Cara Mengatasi Isi Token Listrik Gagal, Dijamin Ampuh!

Lakukan langkah berikut ini.

5 Cara Mengatasi Isi Token Listrik Gagal, Dijamin Ampuh!ilustrasi meteran listrik (unsplash.com/taner ardali)
06 April 2023

Mungkin Anda pernah bertanya bagaimana cara mengatasi isi token listrik gagal. Permasalahan ini selalu terjadi bagi pengguna listrik prabayar gagal, dimana gagal memasukkan token listrik ke MPB (Meter Prabayar).

Hal ini tentu akan mengganggu Anda yang sedang memerlukan aliran listrik untuk kebutuhan mendesak. Terlebih lagi jika token listrik di MPB benar-benar hais.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Berikut ini terdapat cara mengatasi isi token listrik gagal yang bisa Anda lakukan. Mari simak selengkapnya!

Cara mengatasi isi token listrik gagal

Bagi Anda yang mengalami permasalahan gagal memasukkan token listrik ke MPB, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan, di antaranya:

1. Memeriksa limit kWh

Cara mengatasi isi token listrik gagal adalah dengan memeriksa limit kWh. PLN telah mengatur batas maksimum kWh untuk setiap MPB per bulannya.

Jika MPB di rumah Anda telah mencapai batas maksimum yang telah ditentukan, Anda tidak bisa input token listrik. Sebaiknya, tanyakan limit kWH MPB Anda kepada petugas PLN agar permasalahan ini tidak terjadi.

2. Mengecek kembali kode token listrik yang dibeli

Seringkali permasalahan gagal mengisi token listrik karena kesalahan input yang Anda lakukan. Sebelum Anda menekan tombol Enter pada MPB, cek kembali kode yang Anda masukan.

Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena jika Anda salah input kode token tiga kali berturut-turut, maka MPB Anda dapat terblokir. Untuk itu, berhati-hatilah dalam memasukkan kode token ke MPB.

3. Memastikan tidak ada gangguan server PLN

Cara mengatasi token listrik gagal lainnya adalah memastikan tidak ada gangguan server PLN. Meski gangguan ini tidak sering terjadi, tetapi hal seperti ini bisa membuat Anda tidak dapat mengisi token listrik.

Jika hal ini menimpa pada Anda, solusinya adalah menunggu server pulih kembali. Biasanya, PLN akan melakukan pemberitahuan terlebih dahulu di media sosial mereka jika mengalami gangguan server.

4. Memastikan kondisi instalasi listrik

Sebelum Anda memasukkan kode listrik ke MPN, jangan lupa untuk cek ulang instalasi listrik di rumah Anda. Pastikan tidak ada gangguan maupun kerusakan.

Jika instalasi listrik Anda mengalami kerusakan, token tidak akan bisa di-input ke MPB. Hal ini malah dapat memicu terjadinya korsleting listrik.

Untuk itu, Anda bisa mengecek terlebih dahulu kondisi MPB di rumah. Jika terdapat pesan blocked atau gambar telapak tangan, itu artinya mesin MPB dalam kondisi rusak. Anda tidak bisa memasukkan token listrik kecuali diperbaiki terlebih dahulu.

5. Menghubungi petugas PLN jika permasalahan berlanjut

Jika beberapa cara mengatasi isi token listrik gagal di atas tidak berhasil, sebaiknya Anda segera menghubungi petugas PLN.

Anda bisa menghubungi contact center PLN di nomor 123. Anda juga bisa kontak langsung di akun media sosial resmi PLN atau melalui aplikasi PLN Mobile. Langkah ini merupakan cara yang aman untuk menghindari risiko korsleting listrik.

Membeli token listrik di tempat terpercaya

Jika permasalah di atas sudah dilakukan tapi masih gagal juga, bisa jadi token yang Anda beli bermasalah. Untuk itu, belilah token listrik di tempat terpercaya. Anda bisa membeli token di minimarket, melalui m-banking, e-commerce, dan lainnya.

Itulah tadi sejumlah cara mengatasi isi token listrik gagal yang bisa Anda lakukan. Semoga tips di atas bisa membantu Anda!

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.