6 Jenis-Jenis Kurma yang Patut Dicoba, Tekstur Beragam!

Jenis-jenis kurma ini bisa jadi referensi makanan buka puasa

6 Jenis-Jenis Kurma yang Patut Dicoba, Tekstur Beragam!
Kurma Medjool/Dok. ilovelife.co.id
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Kurma identik dengan momen puasa, karena dianjurkan dikonsumsi sebagai makanan saat buka puasa. Jenis-jenis kurma pun umumnya banyak dicari selama ramadan.

Mengapa kurma mendadak banyak diminati setiap kali puasa datang? Itu karena sejumlah manfaat yang dimiliki kurma. Menurut laman resmi Kementerian Kesehatan, kurma mengandung vitamin B-6 dan zat besi, serta penuh serat.

Satu perempat cangkir kurma setara 12 persen kebutuhan serat sehari-hari. Karena itu, kurma cocok dikonsumsi saat berbuka puasa. Selain itu, kurma pun dapat membantu memperlancar sistem pencernaan.

Lebih lanjut, Jurnal Food Science Nutrition menyebut, biji kurma juga dapat menjadi sumber asam oleat, unsur fluor yang bisa melindungi gigi, serta memiliki selenium yang dapat membantu meningkatkan imun.

Jenis-jenis kurma yang patut dicoba

ilustrasi kurma (unsplash.com/Rauf Alvi)

Dengan kandungan-kandungan nutrisi itu, Anda dapat memilih jenis-jenis kurma untuk dikonsumsi. Sebab, setiap jenis memiliki tekstur dan rasa yang beragam. Berikut ini sejumlah jenis kurma yang mungkin bisa Anda cicipi di jam buka puasa nanti.

  • Kurma Safawi

Budidaya kurma berwarna hitam ini berjalan di Madinah. Salah satu khasiat utamanya ialah dapat membantu proses penyembuhan. Berapa harganya? Berkisar dari Rp23.000 sampai dengan Rp145.000.

  • Kurma Mazafati

Kurma berjulukan bam anggur yang satu ini asli Iran. Dagingnya digadang-gadang lembut, serta dapat melancarkan sistem pencernaan. Di situs web e-commerce, harganya dimulai dari Rp29.000 sampai dengan Rp490.000. 

  • Kurma Medjool

Kuma Medjool berwarna gelap, tapi tidak sampai hitam. Nama lainnya Bard Valley, asli dari California. Berapa kisaran harganya? Mulai dari Rp80.000 sampai dengan Rp300.000.

  • Kurma Sukari

Kurma dengan nama lain ‘kurma raja’ ini merupakan kesukaan raja-raja Arab. Warnanya kuning kecokelatan. Rasa manisnya alami, tanpa gula tambahan.

  • Kurma Ruthob

Nah, kalau jenis kurma yang satu ini warnanya beda dari yang lain; cenderung kuning. Teksturnya renyah, rasanya pun tidak begitu manis. Anda bisa membelinya di e-commerce dengan kisaran harga Rp185.000 sampai dengan Rp250.000.

  • Kurma Sayer

Kurma Sayer berbentuk oval dan berasal dari Iran. Secara rata-rata, ukurannya relatif lebih kecil dari jenis kurma pada umumnya. Karena sarat aan serat, maka daging kurma sayer tergolong lembut. Harganya berkisar antara Rp18.000 sampai dengan Rp225.000, tergantung kuantitas pembelian.

Demikian jenis-jenis kurma yang patut Anda coba ketika buka puasa nanti. Apa jenis yang sangat ingin Anda cicipi?

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

35 Ucapan Maulid Nabi Muhammad 2024, Penuh Makna!
Meninjau Valuasi Spin-Off Anak Usaha Adaro dan Dampaknya
Adhi Karya Digugat PKPU Gara-Gara Proyek Hambalang
Apakah Uang Rp100 Ribu Bisa investasi? Ini Pilihannya
Mobil BYD Mulai Banyak Terlihat di Jalan, Ini Data Impornya
Tiga Pesan Penting Sidang Kabinet Terakhir Jokowi di IKN