Apple Ungkap13 Pengumuman Penting di WWDC 2024, Apa Saja?

Mulai dari Apple Intelligence sampai pembaruan AirPods.

Apple Ungkap13 Pengumuman Penting di WWDC 2024, Apa Saja?
Apple. (ShutterStock/emka74)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE Apple baru saja menyelesaikan Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024. Ada banyak hal menarik yang mereka umumkan.

The Verge menuliskan, terdapat 13 pengumuman penting yang diungkapkan oleh Apple dalam acara tersebut, mencakup teknologi terbaru yang dikembangkan maupun yang tertanam di dalam perangkat.

Berikut poin- poin pengumuman resmi Apple di ajang tersebut. 

1. Apple Intelligence

Apple memperkenalkan sistem kecerdasan pribadi baru yang menempatkan model teknologi AI generatif yang kuat pada inti produk Apple, seperti iPhone, iPad, dan Mac. Fitur ini memungkinkan pembuatan gambar dan ringkasan teks di berbagai aplikasi Apple.

Apple Intelligence hadir dengan penekanan besar pada keamanan, karena sistem akan secara otomatis memutuskan apakah perlu menggunakan pemrosesan pada perangkat atau menghubungi server komputasi awan pribadi Apple untuk memenuhi permintaan Anda.

2. Siri ditingkatkan dengan kemampuan AI

Siri kini lebih terintegrasi dengan iPhone, muncul sebagai cahaya berkedip di tepi perangkat, dan bisa membantu mencari informasi dalam email atau menampilkan foto teman Anda.

Apple mengandalkan Large Language Model (LLM) untuk membantu Siri lebih memahami apa yang Anda katakan dan melacak permintaan dan pertanyaan tindak lanjut.

3. Pengimplementasian ChatGPT ke Siri

Siri juga akan terhubung dengan ChatGPT dari OpenAI untuk menjawab pertanyaan yang lebih kompleks. Hal ini merupakan bagian dari peningkatan AI di Siri secara besar-besaran.

Dengan integrasi baru, Siri akan secara otomatis menentukan apakah suatu permintaan akan lebih cocok untuk ChatGPT, lalu meminta izin Anda sebelum mengirimkan permintaannya ke ChatGPT. Anda dapat menggunakan ChatGPT melalui Siri secara gratis dan tanpa akun.

4. Fitur AI di Mail, Pesan, Foto, dan lebih banyak lagi

Apple meluncurkan sejumlah fitur AI baru di seluruh aplikasinya di iOS 18, termasuk cara merangkum email dan menghasilkan tanggapan. Perusahaan memamerkan fitur Genmoji barunya, memungkinkan Anda membuat emoji khusus berdasarkan perintah teks, bersama dengan generator gambar AI baru yang disebut Image Playground.

Selain itu, dengan teknologi AI, Apple memberi Anda kemampuan untuk mencari foto menggunakan bahasa alami. Anda juga dapat membersihkan objek di latar belakang gambar, mirip fitur Magic Eraser di Google. Apple juga menambahkan transkripsi dan ringkasan yang didukung AI ke Notes dan aplikasi Telepon.

5. Kemudahan penyesuaian iPhone di iOS 18

Apple juga meluncurkan cara untuk secara bebas menempatkan ikon aplikasi di layar beranda Anda. Perusahaan juga mengizinkan Anda mengunci aplikasi tertentu dengan pembaruan yang akan datang, mencegah orang lain menggunakannya saat Anda menyerahkan ponsel Anda kepada mereka.

Perubahan besar lainnya termasuk desain ulang aplikasi Foto dan Mode Game baru untuk iPhone yang meminimalkan aktivitas latar belakang untuk mengoptimalkan gameplay.

6. Dukungan RCS di iOS 18

Apple mengonfirmasi fitur Rich Communication Services (RCS) akan hadir dengan iOS 18. iMessage juga mendapatkan beberapa peningkatan lainnya, termasuk kemampuan untuk menjadwalkan SMS dan dukungan untuk pesan SMS melalui satelit.

Apple juga meluncurkan opsi Tapback berwarna-warni dan memungkinkan Anda menebalkan, menggarisbawahi, dan mencetak miring teks.

7. Fitur baru Apple TV Plus

Pada layanan ini, Apple TV Plus memungkinkan pengguna menggeser remote untuk menampilkan aktor dan karakter dalam film atau acara TV yang sedang ditonton, serta menambahkan lagu yang sedang diputar ke daftar putar Apple Music. Apple TV Plus akan secara otomatis menampilkan subtitle saat Anda mematikan suara acara dan akan mendukung proyektor 21:9.

8. Aplikasi passwords baru

Apple memperkenalkan aplikasi Passwords baru yang memungkinkan pengguna melacak detail login di berbagai perangkat dan membuat serta menyimpan kata sandi. Aplikasi ini akan tersedia di iOS, iPadOS, macOS, visionOS, dan Windows.

9. Dukungan Apple Pencil di aplikasi kalkulator

Kalkulator Apple Muncul dengan fitur baru yang disebut Math Notes. Fitur ini memungkinkan Anda menggunakan Apple Pencil untuk menulis persamaan di iPad Anda dan meminta aplikasi menyelesaikannya untuk Anda.

Apple juga meluncurkan fitur Smart Script, yang menggunakan machine learning untuk meningkatkan tampilan tulisan tangan Anda dan memeriksa ejaan catatan.

10. MacOS15 memungkinkan iPhone pada mode mirror

Dengan pembaruan ini, Anda akan dapat berinteraksi dengan iPhone langsung dari Mac, memungkinkan Anda melihat notifikasi dan mendengar audio diputar dari perangkat seluler Anda.

Ada juga fitur ‘Highlight baru yang hadir di Safari, dengan kelengkapan Machine Learning untuk memilih bagian halaman yang menarik.

11. Tampilan widget otomatis di watchOS11

Apple menambahkan kemampuan baru yang menampilkan widget secara otomatis berdasarkan saat Anda membutuhkannya di jam Apple. Mereka juga meluncurkan aplikasi Vitals baru yang memungkinkan Anda ‘menjelajahi metrik kesehatan terpenting Anda hanya dengan sekilas’ serta fitur pelacakan siklus baru, Live Activities, dan dukungan untuk Check In, memungkinkan orang yang Anda cintai melacak Anda selama berolahraga.

12. Foto spasial dan layar Mac ultrawide di visionOS2

Salah satu fitur baru yang hadir di Vision Pro menggunakan pembelajaran mesin untuk memberikan kedalaman pada foto yang ada.

Pembaruan ini juga akan memperkenalkan dukungan untuk tampilan Mac virtual ultrawide, gerakan yang lebih intuitif, dan dukungan untuk mode perjalanan di kereta.

13. Pembaruan AirPods Pro

Pembaruan terkini di perangkat ini memungkinkan Anda merespons Siri secara diam-diam.

Apple meluncurkan Interaksi Siri dalam pembaruan perangkat lunak AirPods Pro berikutnya, memungkinkan Anda menggelengkan kepala ya atau tidak untuk menanggapi pengumuman Siri. AirPods Pro juga mendapatkan Isolasi Suara untuk meningkatkan kualitas suara dan mengurangi kebisingan latar belakang.

Demikianlah beberapa pembaruan yang diungkapkan oleh Apple pada acara WWCD 2024 lalu. Semoga bermanfaat dan memberikan wawasan yang menarik bagi Anda.

Related Topics

AppleWWDC 2024

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

MoU: Pengertian, Ciri, Tujuan, Jenis, Perbedaan, dan Contoh MoU
Daftar Perusahaan Terbaik di Dunia versi TIME: 5 dari Indonesia
Kisruh Kursi Kepemimpinan Kadin, Begini Kronologinya
Pemangkasan Bunga The Fed jadi Stimulus Ke Perbankan
BI Bakal Luncurkan Lembaga Central Counterparty (CCP), Apa Itu?
7 Saham IPO 2024 yang Mencatat Kinerja Tertinggi di BEI