Cara Membuat Kartu Ucapan Lebaran Menggunakan Aplikasi Canva

Membuat kartu ucapan Lebaran bisa lebih mudah dan personal.

Cara Membuat Kartu Ucapan Lebaran Menggunakan Aplikasi Canva
Ragam desain kartu ucapan Lebaran di Canva. (Tangkapan layar)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Perkembangan teknologi memudahkan banyak hal, seperti untuk berkreasi dengan membuat kartu ucapan Lebaran atau Idulfitri 1444 Hijriyah. Ada banyak aplikasi yang bisa dicoba, salah satunya adalah Canva.

Canva merupakan aplikasi yang juga bisa diakses melalui website untuk memenuhi kebutuhan desain visual, seperti kartu ucapan, flyer, postingan media sosial, spanduk, poster digital, sampai cover album dan artwork lainnya. Dengan kemajuan teknologi, aplikasi seperti Canva akan membuat pekerjaan desain menjadi lebih mudah, meskipun Anda tak mahir mendesain. 

Selain menyediakan berbagai pilihan desain unik dan menarik, Canva juga memiliki sejumlah template kartu ucapan yang bisa langsung digunakan, atau dipersonalisasi seperti membuat kartu ucapan bertema Ramadan atau Idul Fitri.

Langkah pembuatan

Canva. (Canva.com)

Berikut sejumlah langkah pembuatan kartu ucapan Ramadan dan Idul Fitri melalui aplikasi ini : 

  1. Buka aplikasi Canva
    Canva bisa diakses melalui website maupun aplikasi smartphone. Perlu diingat, bahwa sebelum memulai untuk mendesain, kita akan diminta untuk mendaftar lebih dulu. Setelah semua prosedur pendaftaran dilakukan, selanjutnya masuk ke Canva dan pilih kategori desain, dan selanjutnya pilih ke ‘kartu ucapan’. Kita bisa memilih untuk menggunakan template yang ada atau memulai desain baru dari awal. Untuk memulai desain kartu ucapan Lebaran, kita bisa mengetikan kata kunci ‘Ramadhan’ pada halaman utama, supaya lebih mudah menemukan berbagai desain yang terkait Lebaran.
  2. Tambah elemen desain
    Canva menyediakan sejumlah elemen desain yang bisa ditambahkan untuk mempercantik kartu ucapan yang kita buat, mulai dari logo, ikon, stiker, teks, animasi, dan lainnya. Hal ini akan mempermudah sekaligus menginspirasi kita dalam mendesain kartu ucapan, meski tak punya dasar ilmu desain sekalipun.
  3. Pilih foto atau latar
    Anda bisa menggunakan foto pribadi kita atau gambar latar bernuansa Ramadan yang memang sudah tersedia di Canva. Hebatnya, kita bisa menggunakannya secara gratis dengan ragam pilihan yang menarik.
  4. Tambahkan tulisan
    Banyak jenis font yang bisa kita gunakan untuk menampilkan ucapan yang kita terakan pada kartu ucapan. Meski begitu, bila kita tak sempat membuat ucapan secara personal, Canva sudah menyediakan sejumlah pilihan untuk para penggunanya.
  5. Saatnya mengedit
    Proses editing adalah momentum yang paling menyenangkan dalam membuat kartu ucapan Lebaran. Kita bisa berkreasi sesuai yang kita inginkan dan mencoba berbagai perpaduan latar, elemen, dan tulisan yang berbeda-beda, sampai akhirnya menemukan sebuah desain yang paling cocok bagi kita, dengan keunikan yang hanya ada satu di dunia, karena berasal dari ide kita yang otentik.
  6. Simpan dan bagikan
    Setelah selesai mendesain, kita bisa menyimpan hasil editan kita, bila pada waktu mendatang ingin kita ubah lagi. Klik Unduh atau download di pojok kanan atas tampilan aplikasi. Secara otomatis, karya kita akan langsung tersimpan di perangkat yang kita gunakan. Bila memang kita merasa desain sudah mantap, maka kita bisa langsung membagikannya di berbagai media sosial bagi para sahabat, rekan, maupun keluarga tercinta.

Demikian tadi sejumlah langkah yang bisa dilakukan untuk membuat kartu ucapan Lebaran di Canva. Tak hanya ucapan Lebaran, tapi kita juga bisa mendesain banyak hal lain yang menarik, seperti stiker, cover album, sampai poster atau spanduk, dengan berbagai latar tema yang berbeda-beda.

Related Topics

LebaranCanva

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

12 Tahun Dijual, Rumah Mewah Michael Jordan di Chicago Akhirnya Laku
Isak Tangis Sri Mulyani di Banggar DPR Usai Sepakati RUU APBN 2025
OnlyFans Cetak Rekor Pendapatan, Capai US$6,6 Miliar di 2023
Perbedaan Istana Garuda dan Istana Negara IKN, Jangan Keliru
Alibaba Pertahankan Kepemilikan 88 Miliar Saham GoTo hingga 5 Tahun
Bunga Acuan Turun, BI Proyeksikan Kredit Bank Tumbuh 12%