Mengenal 9 Tipe Gawai Wearable yang Populer di Masyarakat

Gawai wearable makin banyak digunakan oleh masyarakat.

Mengenal 9 Tipe Gawai Wearable yang Populer di Masyarakat
Jenis-jenis gawai wearable. (Pixabay/Nam Nguyen)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Penggunaan Gawai Wearable makin meningkat di tengah masyarakat. Menurut Grandview Research, ukuran pasar teknologi wearable dari 2021-2028 secara global dengan proyeksi pertumbuhan rata-rata tahunan (CAGR) 13,8 persen.

Selain itu, peningkatan gaya hidup sehat dan keterbukaan akses internet di tengah masyarakat juga memacu lonjakan permintaan jenis gawai pelengkap gawai utama yang sering digunakan masyarakat.

Berikut ini, Fortune Indonesia akan mengulas beberapa jenis gawai wearable yang populer di tengah masyarakat.

1. Smartwatch

ilustrasi smartwatch (unsplash.com/al amin mir)

Jam tangan sudah bisa lebih dari sekadar penunjuk waktu, namun juga bisa berfungsi sebagai pelacak kebugaran, pemantau tidur, dan mempertahankan fungsi dasar sebagai jam. Smartwatch menyediakan banyak fitur lain, seperti memungkinkan Anda membuat dan menerima panggilan telepon, serta memeriksa pesan.

Beberapa model smartwatch juga dilengkapi fitur untuk memutar radio FM atau file audio-video dengan headset Bluetooth. Mereka biasanya terhubung dengan smartphone melalui aplikasi dan berperan sebagai perangkat pendukung.

Banyaknya fitur yang dapat diakses melalui layar sentuh, membuat smartwatch kerap disebut sebagai ‘Komputer Genggam' yang dipakai di pergelangan tangan.

2. Fitness Trackers

Ilustrasi fitness trackers. (Pixabay/Phi Nguyễn)

Pelacak Kebugaran adalah salah satu perangkat teknologi wearable yang dipakai di pergelangan tangan. Awalnya dirancang untuk menghitung jumlah langkah (pedometer), kini alat ini telah berkembang menjadi alat pemantauan kesehatan secara keseluruhan. Alat ini dapat melacak detak jantung, tidur, kalori terbakar, dan berbagai metrik lainnya.

Data yang terkumpul akan dibagikan ke aplikasi di smartphone. Secara keseluruhan, mereka sangat berguna sebagai alat pelacak kesehatan.

Beberapa perangkat bahkan dapat secara rutin membagikan informasi metrik penggunanya kepada dokter untuk membantu deteksi dini masalah kesehatan.

3. Perhiasan Pintar

Ilustrasi cincin pintar. (Pixabay/tung256)

Pernahkah terpikir bahwa perhiasan bisa memberi notifikasi tentang panggilan masuk atau melacak langkah Anda? Perhiasan pintar kini bukan lagi sekadar hiasan biasa di leher atau tangan, tetapi telah menjadi cerdas.

Perhiasan pintar seperti kalung, gelang pergelangan tangan, gelang, atau cincin yang dilengkapi teknologi untuk membantu melacak langkah, memonitor detak jantung dan tidur, dan bahkan memberi notifikasi panggilan masuk.

4. Simulator gim

ilustrasi VR (dok. apple)

Berkembangnya teknologi realitas virtual (VR) dalam dunia permainan telah melahirkan banyak perangkat wearable yang mensimulasikan lingkungan permainan dan membuat pengalaman bermain lebih realistis, seru, dan menawarkan petualangan lebih nyata.

Perangkat-perangkat ini termasuk headset VR–disebut juga Head Mounted Displays (HMD)–yang menciptakan simulasi visual serta gelang yang dilengkapi sensor terintegrasi untuk mendeteksi gerakan Anda. Gelang ini memungkinkan Anda mengendalikan gerakan dalam permainan menggunakan gestur tangan.

5. Pakaian Pintar

Ilustrasi pakaian pintar. (Wikimedia Common/Forster Rohner AG)

Berkembangnya teknologi Internet of Things (IoT) telah mendorong lahirnya banyak inovasi, termasuk Smart Clothing atau pakaian pintar. Gawai ini dikenal juga sebagai e-Textile karena dilengkapi dengan perangkat elektronik yang mengukur metrik kesehatan penggunanya.

Pakaian pintar membantu mengukur berbagai aspek kesehatan seperti detak jantung, laju pernapasan, tidur, suhu tubuh, dan memberikan informasi tersebut kepada Anda.

Selain itu, jenis gawai wearable ini juga mencakup sepatu pintar yang memantau kesehatan kaki, langkah, kelelahan, dan mengumpulkan metrik lain untuk membantu meningkatkan kesehatan dan mencegah cedera.

6. Smart Glasses

kacamata mewah De Rigo Vision (dok.wonderfulengineering)

Gawai ini dimulai dari kacamata pintar sederhana yang dilengkapi dengan musik nirkabel Bluetooth dan panggilan telepon tanpa menggunakan tangan hingga kacamata yang mampu streaming video secara langsung untuk mengambil foto, serta kacamata pintar canggih yang mendukung teknologi Augmented Reality (AR) untuk memberikan pengalaman imersif, kacamata pintar ini adalah pilihan yang menarik.

Kacamata pintar memungkinkan pengguna untuk membaca dan membalas pesan teks tanpa harus menggunakan tangan. Beberapa kacamata pintar bahkan dilengkapi dengan akses internet dan dapat menjelajah menggunakan perintah suara.

7. Pelacak Detak Jantung dan Tekanan Darah

xiaomi mi watch (mi.co.id)

Terdapat juga pelacak kebugaran yang khusus dirancang untuk memantau detak jantung atau mengukur tekanan darah secara teratur. Perangkat-perangkat ini membantu melacak metrik kesehatan pada orang-orang yang mengalami masalah kesehatan terkait.

Data yang tercatat akan diberikan secara rutin kepada pemakai perangkat, dan beberapa di antaranya dapat membagikan informasi kepada dokter.

8. Earbuds Pintar

Ilustrasi smart earbuds. (Pixabay/Array Heart)

Earbuds baru masuk ke pasar teknologi wearable belakangan ini. Perangkat ini sebelumnya sudah dikenal dengan teknologi Bluetooth untuk mendengarkan musik dan telepon, layaknya earphone kabel. Namun, baru-baru ini banyak perusahaan teknologi mulai mengembangkan earbuds pintar yang mampu mengumpulkan data dan mengirimkannya.

Earbuds pintar dilengkapi dengan giroskop, GPS, dan kompas bawaan. Sensor-sensor di earbuds ini mengirimkan informasi ke smartphone, memungkinkannya untuk mengetahui arah dan gerakan Anda secara real-time.

9. Lensa Kontak Pintar

ilustrasi lensa (unsplash.com/lensabl)

Lensa Kontak Pintar adalah salah satu inovasi terbaru pengembangan dari kaca mata pintar (smart glasses) yang dimungkinkan oleh teknologi IoT. Lensa kontak pintar yang tersedia saat ini bermanfaat untuk alasan medis, membantu memonitor kesehatan mata untuk berbagai penyakit seperti diabetes, glukoma, dan katarak.

Lensa ini juga membantu dalam pengobatan rabun jauh. Selain aplikasi medis, beberapa perusahaan sedang mengembangkan lensa kontak pintar yang mendukung AR, beroperasi dengan tenaga surya, dan dapat mengambil serta menyimpan gambar dan video. Lensa kontak pintar termasuk dalam kategori perangkat yang dapat ditanam.

Demikianlah beberapa jenis teknologi gawai wearable yang populer di tengah masyarakat modern saat ini dan mempermudah berbagai aktivitas sehari-hari manusia.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

35 Ucapan Maulid Nabi Muhammad 2024, Penuh Makna!
Meninjau Valuasi Spin-Off Anak Usaha Adaro dan Dampaknya
Adhi Karya Digugat PKPU Gara-Gara Proyek Hambalang
Apakah Uang Rp100 Ribu Bisa investasi? Ini Pilihannya
Mobil BYD Mulai Banyak Terlihat di Jalan, Ini Data Impornya
Tiga Pesan Penting Sidang Kabinet Terakhir Jokowi di IKN