Waspada, Ini Ciri-Ciri Terkena Radiasi Handphone

Segala sesuatu yang berlebihan tak mendatangkan kebaikan.

Waspada, Ini Ciri-Ciri Terkena Radiasi Handphone
ilustrasi handphone (unsplash.com/Chad Madden)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kemajuan teknologi menyebabkan masyarakat selalu terhubung dengan perangkat gadget, bahkan tak jarang sampai kecanduan dan menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan. Anda harus waspadai beberapa ciri-ciri terkena Radiasi Handphone

Diketahui, handphone bisa memancarkan radiasi yang bisa berdampak pada tubuh para penggunanya

Berikut, ciri-ciri bila Anda mulai terkena radiasi handphone, seperti yang diulas oleh tipspintar.com.

1. Penglihatan jadi buram

Buram ini bisa termasuk pandangan yang kabur karena mata Anda terlalu sering menatap layar dan terkena radiasi dari layar HP.

Sebaiknya Anda segara atasi gejala ini dengan meneteskan obat mata atau segera beristirahat dari menatap layar HP. Sebab, jika didiamkan, bisa berpotensi membuat mata normal menjadi mata minus atau silinder, di mana Anda tidak bisa melihat objek dari jarak jauh dan melihat objek dengan banyak bayangan.

2. Mata kering

Ciri-ciri seseorang terkena radiasi berikutnya adalah mata kering. Ketika Anda terlalu sering menatap layar HP, mata berpotensi tidak bisa memproduksi pelumas dan membuat mata menjadi kering.

Jika sudah kering, maka akan membuat penglihatan Anda menjadi berkurang. Sama seperti mengatasi mata merah, ketika mata kering cara mengatasinya dengan kurangi penggunaan HP.

3. Sensitif terhadap cahaya

Saat Anda terlalu sering menatap layar HP maka secara perlahan akan membuat mata Anda mengalami sensitivitas yang ekstrem, bahkan bisa menyakitkan bagi mata Anda dan bisa menyebabkan kerusakan.

Oleh sebab itu, untuk menjaga kesehatan mata, segara kurangi penggunaan HP yang berlebihan. Jangan sampai mata Anda mengalami kerusakan dan berujung pada kebutaan.

4. Mata terasa terbakar

Anda akan merasa mata seperti gatal dan juga terbakar, bahkan bisa mengalami pembengkakan. Jika sudah begitu, untuk mengatasi mata bengkak maka Anda harus berkonsultasi dengan dokter spesialist mata dan kurangi penggunaan main HP terlalu lama.

5. Insomnia

Efek radiasi HP bukan hanya menyebabkan Anda cepat lelah, namun bisa membuat Anda mengalami kesulitan tidur.

Dalam kondisi ini, tubuh Anda akan lelah tapi tidak bisa beristirahat karena gangguan sistem syaraf. Oleh sebab itu, untuk mengatasi insomnia, paling ampuh adalah mengurangi penggunaan HP sebelum tidur, kalau bisa 1 jam sebelum waktu tidur.

6. Mudah sakit kepala

Radiasi elektronomagnetik yang dipancarkan HP akan diserap oleh saraf otak sehingga akan membuat Anda mudah sakit kepala atau migrain.

Oleh sebab itu, salah satu cara mengatasi migrain dengan tepat adalah mengurangi penggunaan HP yang berlebihan. Gunakan HP seperlunya, karena radiasi yang terpancar tidak kasat mata.

7. Sulit konsentrasi dan fokus

Efek radiasi HP tidak hanya menyebabkan Anda kelelahan, kurang tidur dan mudah sakit kepala. Fokus Anda akan terpengaruh, sehingga kesulitan untuk berkonsentrasi dengan baik.

Oleh sebab itu, perbaiki dulu kualitas tidur Anda dengan mengurangi penggunaan HP ketika hendak tidur.

8. Gampang lelah

Terpapar radiasi HP terlalu lama tentunya akan membuat tubuh Anda menjadi mudah lelah. Hal ini karena mata harus bekerja ekstra untuk menatap cahaya layar HP terlalu lama.

Jika Anda mengalami tanda tubuh kelelahan karena bekerja, bisa jadi bukan karena overwork, tapi bisa juga disebabkan karena tubuh Anda terkena efek radiasi dari barang elektronik termasuk HP.

9. Perubahan perilaku

Tanda ini biasanya dialami oleh anak-anak, di mana penggunaan HP ini bisa mengubah perilaku dari yang baik menjadi kurang baik. Contohnya membuat Anda menjadi lebih emosional, menarik diri dari pergaulan, hiperaktif dan lain sebagainya.

10. Mual-mual sampai muntah

HP memancarkan radiasi elektromagnetik yang bisa mempengaruhi kesehatan dan memberikan efek negatif. Dalam kondisi parah, akan membuat sistem saraf otak bermasalah, ditandai dengan mengalami mual dan muntah.

Demikianlah beberapa ciri yang dialami seseorang saat terkena radiasi HP. Anda perlu ingat bahwa segala sesuatu yang berlebihan tidak akan menghasilkan kebaikan, malahan bisa membahayakan bagi diri Anda, termasuk soal penggunaan HP.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

7 CEO dengan Gaji Tertinggi di Dunia
Grup Astra Sebar Dividen Interim, Ini Jadwal ASII, AALI, dan UNTR
6 Multifinance Lokal dicaplok Asing, Ini Negara Peminatnya
Mengenal Aplikasi Temu yang Bakal Diblokir Kominfo
Aksi Beli Prajogo Pangestu atas BREN Saat Pemeriksaan OJK
Arsjad Rasjid Dijanjikan Posisi Ketua Dewan Pertimbangan Kadin