Meta Rilis Fitur Baru Yang Dukung WhatsApp Dalam Perpesanan Bisnis

Lebih dari90% pebisnis Indonesia gunakan perpesanan bisnis.

Meta Rilis Fitur Baru Yang Dukung WhatsApp Dalam Perpesanan Bisnis
Country Director Meta di Indonesia, Pieter Lydian, di WABS. (dok. Meta)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNEMeta rilis sejumlah fitur baru untuk melengkapi peran penting aplikasi WhatsApp (WA) dalam Perpesanan Bisnis. Fitur baru ini dirancang untuk membantu bisnis membangun imajinya, menciptakan pengalaman percakapan yang menyenangkan, dan terhubung lebih baik dengan pelanggan demi meraih kesuksesan dan berkembang.

Country Director Meta di Indonesia, Pieter Lydian, mengatakan bahwa perpesanan bisnis sangat penting bagi usaha lokal dan ada urgensi untuk mengadopsinya.

“Mengingat 87 persen konsumen Indonesia lebih memilih perpesanan sebagai cara utama untuk berkomunikasi dengan bisnis,” ujarnya dalam acara WhatsApp Business Summit (WABS), Kamis (22/8).

Untuk mendukung adopsi bisnis lokal Indonesia dalam mengadopsi perpesanan bisnis, Pieter mengungkapkan sejumlah fitur baru di aplikasi WA Business yang akan memudahkan pemilik usaha untuk meningkatkan kinerjanya.

Beberapa fitur baru tersebut, sebagai berikut:

  1. Verifikasi Meta
    Verifikasi Meta untuk WA kini telah tersedia melalui aplikasi WhatsApp Business bagi UKM di Indonesia yang memenuhi syarat. Lencana terverifikasi pada profil bisnis akan meningkatkan kepercayaan pelanggan.
    Bisnis yang menggunakan Meta Verified akan menerima dukungan akun tingkat lanjut serta akses multi-perangkat untuk karyawan mereka. Lencana ini juga akan tampil di halaman WhatsApp Channels dan Business mereka, sehingga mudah dibagikan di media sosial dan situs web.
  2. Panggilan dalam chat dengan bisnis berskala besar
    Saat ini WhatsApp sedang menguji fitur baru di mana pelanggan akan dapat melakukan panggilan WA langsung ke bisnis. Fitur ini, yang diaktifkan melalui WhatsApp Business Platform, akan memungkinkan pelanggan terhubung dengan bisnis secara lebih cepat dan nyaman.
  3. Meta AI untuk WhatsApp Business
    WA mulai menerapkan teknologi AI pada bisnis yang menggunakan platform perpesanan ini untuk membantu meningkatkan kualitas dan kecepatan layanannya. Teknologi ini juga memungkinkan pengguna WA Business membuat iklan tanpa biaya tambahan.

Kajian Meta dan BCG

Ilustrasi perpesanan bisnis. (dok. Meta)

Sebelumnya, Meta berkolaborasi dengan Boston Consulting Group (BCG) untuk melakukan survei mendalam tentang perpesanan bisnis di Indonesia. Hasil survei ini menemukan, bahwa lebih dari 90 persen pelaku bisnis di Indonesia kini menggunakan perpesanan di setiap tahap perjalanan konsumen—mulai dari interaksi awal dan prapenjualan, hingga keterlibatan jangka panjang .

Survei Meta tersebut melibatkan 400 bisnis dan 30 wawancara mendalam, menunjukkan bahwa perpesanan tetap menjadi cara terbaik bagi konsumen dan bisnis untuk menyelesaikan berbagai keperluan; baik itu menjawab pertanyaan, mendiskusikan produk, atau menyelesaikan transaksi pembelian.

Vice President of Southeast Asia and Emerging Markets, Meta, Benjamin Joe, mengungkapkan bahwa hasil ini didukung oleh populasi digital Indonesia yang menduduki posisi terbesar keempat di dunia, dengan penetrasi mobile yang tingkatnya cukup tinggi juga.

“Tidak mengherankan jika 88 persen orang Indonesia saat ini mengatakan bahwa mereka mengirim pesan kepada bisnis setidaknya sekali seminggu, sama seperti mereka berkomunikasi dengan teman dan keluarga,” katanya.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

Dari 18,9 Juta Penerima Kartu Prakerja, Mayoritas Milenial dan Gen Z
PTBA Gandeng Tiga Bank Himbara Demi Fasilitas Pemanfaatan DHE
Dirut Krakatau Steel Purwono Widodo Meninggal Dunia, Ini Profilnya
Valuasi X Turun Drastis, Kini Hanya 25% dari Nilai Awal
Grup Astra Sebar Dividen Interim, Ini Jadwal ASII, AALI, dan UNTR
Kenali Modus Penipuan Terbaru, Tetap Waspada!