MLPT Dukung Optimalisasi Keamanan Otomatisasi Bisnis Dengan Cisco SASE

Cisco terapkan zero trust pada sistem cloud terkonvergensi.

MLPT Dukung Optimalisasi Keamanan Otomatisasi Bisnis Dengan Cisco SASE
Ilustrasi Cyber Security. (ShutterStock/Ilus_Man)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT Multipolar Technology Tbk (MLPT) dorong optimalisasi keamanan otomatisasi Bisnis terutama dari sisi bahaya siber, bersama Cisco Secure Access Service Edge (SASE).

Director Hybrid Infrastructure Services Business Multipolar Technology, Yohan Gunawan, mengatakan masalah keamanan konektivitas membutuhkan perhatian khusus. “Mayoritas infrastruktur jaringan perusahaan tidak dirancang untuk pola kerja hybrid sehingga kinerjanya tidak maksimal,” katanya dalam keterangan yang diterima Fortune Indonesia, kamis (25/7).

Cisco SASE hadir untuk menjawab tantangan keamanan ini, dengan menggabungkan fungsi jaringan dan keamanan secara terpadu. Solusi ini mampu mendukung konektivitas layanan bisnis perusahaan yang aman dan optimal.

Teknologi yang mendukung

PT Multipolar Technology Tbk (MLPT). (multipolar.com)

Yihan mengatakan, Cisco SASE memiliki dua teknologi yang mendukung fungsi itu, pertama, Cisco SD-WAN yang bertugas mengelola lalu lintas jaringan berbasis multicloud, sehingga dapat berjalan lebih cepat dan lebih baik. Berikutnya, Cisco Secure Access, karena lalu lintas jaringan berasal dari mana saja (karyawan dan pelanggan), melibatkan perangkat apa saja (PC, laptop, dan smartphone), ke jaringan apa saja (situs web, aplikasi).

Fitur Multiprotocol Label Switching (MPLS) yang terdapat pada Cisco SD-WAN, mampu memilihkan rute lalu lintas ke situs web atau aplikasi perusahaan melalui jalur tercepat secara otomatis.

Fitur ini cocok untuk mengakomodasi perusahaan dengan cabang atau situs, layanan, dan pelanggan yang banyak, termasuk kesibukan lalu lintas jaringan yang tinggi.

“Jadi, dapat disimpulkan bahwa Cisco SASE merupakan solusi yang mampu menjamin konektivitas melalui jaringan yang ada, baik di dalam kantor maupun di luar kantor, secara optimal serta aman dari ancaman siber. Penerapan solusi ini tentunya akan mendukung aktivitas dan layanan bisnis secara aman dari mana saja,” ujar Yohan.

Zero trust

Raksasa teknologi Cisco (Dok. Cisco)

Cisco Secure Access tergolong teknologi keamanan cloud terkonvergensi yang bersifat Zero Trust, atau menganggap semua lalu lintas jaringan tidak bisa dipercaya. Teknologi tersebut dilengkapi fitur Secure Web Gateway (SWG), Cloud Access Security Broker (CASB) dan DLP, Zero Trust Network Accesss (ZTNA), Firewall-as-a-Services (FaaS).

“Jika perusahaan ingin mengimplementasikannya, tim ahli yang berpengalaman dan tersertifikasi dari Multipolar Technology sebagai Cisco Gold Partner siap membantu,” kata Yohan.

Cisco Secure Access dilengkapi dengan fitur Cisco AI Assistant with Secure Access yang sanggup mempercepat administrasi kebijakan hingga 70 persen dan mengurangi potensi kesalahan manusia.

Sementara fitur Experience Insights, dashboard dapat memantau user experience, serta lalu lintas jaringan ke situs web dan aplikasi perusahaan; serta fitur-fitur keamanan lainnya.

Related Topics

MLPTCiscoBisnis

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

35 Ucapan Maulid Nabi Muhammad 2024, Penuh Makna!
Meninjau Valuasi Spin-Off Anak Usaha Adaro dan Dampaknya
Adhi Karya Digugat PKPU Gara-Gara Proyek Hambalang
Apakah Uang Rp100 Ribu Bisa investasi? Ini Pilihannya
Mobil BYD Mulai Banyak Terlihat di Jalan, Ini Data Impornya
Tiga Pesan Penting Sidang Kabinet Terakhir Jokowi di IKN