Tentang Unusual Traffic Error: Cara Mengatasi dan Penyebabnya

Penyebab Unusual Traffic Error bisa kebiasaan atau malware.

Tentang Unusual Traffic Error: Cara Mengatasi dan Penyebabnya
Ilustrasi error di komputer. (Pixabay/Mohamed Hassan)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Berselancar dunia maya melalui browser atau aplikasi barangkali Anda pernah menjumpai pesan tentang unusual traffic error, sehingga aplikasi tidak bisa digunakan.

Jangan panik, munculmya notifikasi ‘Our systems have detected unusual traffic from your computer network’, merupakan cara sederhana sistem memberi tahu pengguna bahwa ada masalah dengan perangkat atau software dan belum tentu hal ini menunjukkan ada infeksi malware di komputer Anda.

Menurut laman resmi Google, biasanya error tersebut dikarenakan jaringan internet yang Anda gunakan terdeteksi banyak melakukan akses ke layanan Google.

Penyebab hal ini, tak selalu dari perangkat yang Anda gunakan, karena layanan Google terhubung dalam jaringan. Bisa saja berasal dari perangkat orang lain yang menggunakan operator yang sama, mengingat alamat IP (Internet Protocol) selalu mengalami perubahan jika menggunakan operator selular atau layanan internet lain.

Biasanya, untuk bisa melanjutkan browsing, Anda akan diminta untuk menyelesaikan CAPTCHA (Completely Automatic Public Turing Test to Tell Computers and Human Apart) dan memverifikasi bahwa Anda bukan robot. Sayangnya, seringkali pesan error tadi akan muncul kembali, meski Anda sudah menyelesaikan proses Captcha.

Cara mengatasi

Contoh pesan unusual traffic error di browser. (Google)

Untuk mengatasi unusual traffic error, Anda bisa mulai dengan yang paling sederhana, yakni menghapus cache, riwayat, dan cookie browser. Menurut laman monitorteknologi.com, hal ini bisa dilakukan bila Anda terlalu cepat dalam menggunakan keyword research tool.

Jika menggunakan desktop, langkah ini cukup mudah dilakukan dengan ‘Ctrl + Shift + Delete’; menu pop-up muncul; lalu pilih item yang akan dihapus. Fitur ini akan berfungsi di Chrome, Firefox, Safari, maupun Edge.

Sedangkan untuk perangkat seluler sedikit rumit, yakni dengan mengakses menu Settings browser, dan menavigasi ke Clear browsing data atau Clear History and Website Data.

Jika Anda curiga VPN, proxy, atau software lain di perangkat Anda, nonaktifkan saja dan lihat apakah pesan error-nya hilang. Jika gagal, coba restart modem atau router Anda secara manual. Cabut, tunggu beberapa menit, lalu pasang kembali. Cara lainnya, Anda dapat menekan tombol reset di bagian belakang.

Apabila cara-cara di atas masih belum juga berhasil menghilangkan pesan unsual traffic error, mungkin keamanan gawai dan jaringan Anda terganggu, apalagi jika melihat tanda-tanda lain dari infeksi malware, seperti lagging, overheating, sistem crash, pesan pop-up, iklan, dan sebagainya.

Oleh sebab itu, Anda perlu menggunakan tool antivirus gratis yang banyak tersedia dapat dipilih. Sedangkan, jika ponsel Android Anda memiliki malware, cobalah untuk menghapusnya daripada langsung melakukan reset pabrik, yang akan mengembalikan ponsel ke keadaan semula.

Penyebab

Malware. (Pixabay/kalhh)

Terdapat lima kemungkinan alasan Anda menerima pesan unusual traffic error, seperti:

  1. Googling terlalu cepat
    Salah satu alasan Anda menerima pesan ini adalah terlalu cepat memasukkan istilah pencarian yang berbeda untuk Google. Jika Anda melakukannya berulang kali dalam jangka waktu lama, Google bisa salah menafsirkan aktivitas kalian sebagai aktivitas bot terprogram.
  2. Menggunakan software otomatis
    Penyebab lainnya adalah kemungkinan Anda menggunakan semacam software otomatis,  misalnya keyword research tool yang mengikis kueri yang dimasukkan orang ke dalam Google search box, atau software serupa yang diandalkan oleh para profesional Search Engine Optimization (SEO) untuk melakukan pekerjaan mereka.
  3. Berbagi jaringan dengan orang lain
    Anda mungkin mendapatkan pesan ini saat menggunakan Wi-Fi publik, karena banyak orang lain kemungkinan terhubung ke jaringan yang sama dan mencari di Google, software pun mungkin menandai permintaan tadi sebagai otomatis. Hal ini juga dapat terjadi jika beberapa orang menggunakan jaringan internet di rumah secara bersamaan.
  4. Menggunakan VPN
    Menjelajahi web melalui software Virtual Private Network (VPN), atau menggunakan semacam plugin browser proxy, terkadang dapat menyebabkan Google menampilkan pesan unusual traffic error dan meminta Anda menyelesaikan CAPTCHA.
  5. Terjadi serangan malware
    Ini adalah penyebab yang paling bahaya, meski jadi pertimbangan yang paling terakhir untuk dipikirkan. Ketika ada masalah yang tidak biasa dengan koneksi internet atau perangkat Anda yang menolak untuk pergi, selalu ada kemungkinan pelaku ancaman atau malware yang harus disalahkan.

Demikianlah beberapa hal yang bisa diulas terkait cara mengatasi munculnya pesan unusual traffic error di browser atau aplikasi di gawai yang Anda gunakan. Semoga bermanfaat.

Related Topics

Unusual Traffic Error

Magazine

SEE MORE>
Businessperson of the Year 2024
Edisi Oktober 2024
Turning Headwinds Into Tailwinds
Edisi September 2024
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024

Most Popular

Izin Usaha Investree Dicabut OJK, Bagaimana Nasib Nasabah?
Prabowo Lantik Raffi Ahmad hingga Gus Miftah Jadi Utusan Presiden
Kemenkeu Tidak Lagi di Bawah Menko, Langsung Koordinasi ke Presiden
Ferrari F80, Supercar Edisi Terbatas Rp60 Miliar Resmi Mengaspal
Prabowo Lantik Luhut Jadi Penasihat Khusus Presiden
Daftar Kepala Badan, Utusan Hingga Penasihat Khusus Prabowo