Zoom Mulai Terapkan Teknologi AI pada Layanan Platform Kerja

Transformasikan produktivitas kerja dan interaksi pelanggan.

Zoom Mulai Terapkan Teknologi AI pada Layanan Platform Kerja
Ilustrasi pertemuan via Zoom. Shutterstock/ymphotos
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Perusahaan penyedia aplikasi konferensi video, Zoom Video Communications, Inc, mengumumkan sejumlah penerapan Teknologi AI (artificial intelligence) pada Zoom Workplace dan Zoom Business Services. Fitur tersebut ditujukan untuk mentransformasi produktivitas kerja tim, serta cara berkomunikasi, berkolaborasi, dan berinteraksi dengan pelanggan.

Pendiri dan CEO Zoom, Eric S. Yuan, mengatakan inovasi itu mencakup Zoom AI Companion 2.0, Zoom Tasks, dan inovasi lain yang didukung teknologi AI.

“Kami tidak hanya menata ulang cara berkomunikasi saja, tetapi juga turut merevolusi seluruh proses kerja. Kami memiliki visi untuk menciptakan platform kerja yang mengutamakan AI, guna menciptakan hubungan antar manusia yang mendorong tim untuk mencapai lebih banyak hal,” ujarnya dalam acara Zoomtopia 2024, yang dilaksanakan secara daring, Kamis (10/10).

Lebih lanjut, Eric menjelaskan bahwa Zoom AI Companion 2.0 akan memastikan kerja aplikasi Zoom Workplace lebih persisten, memiliki konteks yang makin luas, bisa meringkas materi dan percakapan dalam waktu singkat, terhubung ke web, dan memaksimalkan kinerja dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan.

“Dengan AI Companion yang mampu meningkatkan produktivitas, kami membantu para pelanggan kami dalam mentransformasi cara mereka bekerja. Hal ini lebih dari sekadar evolusi tetapi sebuah perombakan total tentang cara kita bekerja di era digital,” kata Eric.

Selain itu, AI Companion, kata Eric, juga akan dilengkapi beberapa pilihan add-on khusus, seperti personalisasi pengalaman pengguna menggunakan AI Studio, kemampuan menghubungkan aplikasi pihak ketiga, serta personalisasi yang disesuaikan dengan kebutuhan para pengguna.

Berbagai pembaruan

Tampilan Zoom yang sudah dilengkapi teknologi AI. (dok. Zoom)

Untuk memaksimalkan penggunaan teknologi AI di Zoom, Eric juga mengungkap sejumlah pembaruan pada Zoom Workplace maupun Business Services.

Zoom Workplace dilengkapi dengan Zoom Tasks yang mendeteksi, merekomendasikan, dan menyelesaikan pekerjaan dengan mengambil informasi dari seluruh percakapan Zoom; serta kemampuan merangkuman panggilan Zoom Phone saat panggilan tersebut terjadi (real-time).

Sedangkan Zoom Clips untuk menghasilkan konten video berdasarkan teks; Zoom Docs, berhubungan dengan pembuatan konten tulisan; Zoom AI Companion mengoptimalkan pengalaman pertemuan tatap muka; dan AI Companion for Workvivo menjadi solusi berbasis AI untuk membantu karyawan saling terhubung.

Zoom pun memiliki beragam solusi baru yang secara khusus ditujukan bagi industri tertentu dan telah disempurnakan dengan AI, mulai dari inovasi bagi pekerja lapangan, layanan kesehatan, sampai pendidikan.

Related Topics

ZoomTeknologi AI

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

49.062 Orang Dapat Insentif Motor Listrik, Ini Cara Pengajuannya
Kemendag: Aplikasi Temu Bisa Dapat Izin jika Taati Aturan Permendag 31
Satgas Perumahan Prabowo Usul Hapus PPN Perumahan dan BPHTB
Isu Akuisisi Bukalapak oleh Temu: Respons BUKA dan Analisis
Manajemen Bukalapak Bantah Ada Informasi Akan Diakuisisi Temu
Menkominfo Resmi Blokir Aplikasi Temu