Apa itu Quishing? Ini Cara Kerja dan Menghindarinya

Modus penipuan dengan kode QR

Apa itu Quishing? Ini Cara Kerja dan Menghindarinya
ilustrasi memindai qr code (unsplash/marielle ursua)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Di balik kemudahan yang ditawarkan teknologi, ada ancaman dan bahaya yang harus diwaspadai pengguna. Salah satu ancaman serius yang seringkali dijumpai adalah serangan phising.

Biasanya, serangan tersebut memakai tautan yang dibagikan kepada korbannya. Namun, bentuknya semakin bervariasi untuk mengelabui penggunanya. Quishing menjadi salah satu bentuk serangan yang memanfaatkan kode QR.

Jika tidak jeli mengenalinya, Anda berpotensi menjadi korban serangan phising ini. Lantas, sebenarnya apa itu quishing

Berikut ulasan lengkap tentang modus penipuan yang bisa Anda pahami.

Apa itu quishing?

Istilah quishing mungkin terdengar asing bagi orang awam. Tidak jarang pertanyaan apa itu quishing banyak bermunculan ketika membahas bentuk-bentuk serangan phising.

Quishing merupakan singkatan dari QR code phising. Sesuai namanya, quishing adalah serangan phising yang memanfaatkan kode QR untuk menipu korbannya.

Lewat kode QR tersebut, oknum tersebut akan mengelabui korbannya agar mengunjungi situs berbahaya.

Cara tersebut dianggap cukup mudah dan cepat dilakukan sehingga dimanfaatkan pelaku untuk melakukan kejahatan. Tanpa disadari, pengguna sudah jadi korban penipuan ini.

Terlebih membedakan kode QR yang asli dan palsu cukup sulit dilihat secara mata telanjang. Maka dari itu, quishing sangat berbahaya dan menyebabkan potensi kerugian yang signifikan bagi korbannya.

Cara kerja quishing

Ciri khas serangan phising satu ini menggunakan kode QR yang bisa terbaca apabila pengguna memindainya dengan kamera ponsel. Ketika kode berhasil dipindai, korban akan diarahkan menuju situs berbahaya.

Dalam melancarkan aksinya, pelaku akan menyebarkan kode QR palsu tersebut melalui pesan teks email atau media sosial.

Meskipun teknik ini serupa dengan serangan phising pada umumnya, penggunaan kode QR membuatnya jauh lebih sulit untuk dideteksi dan diblokir. 

Pasalnya, serangan ini memakai gambar yang tidak mudah dideteksi. Mengidentifikasi kode QR dalam pesan yang dikirimkan dan mengekstrak URL jauh lebih sulit daripada sekedar membaca tautan.

Dampak quishing

Selain apa itu quishing, pertanyaan mengenai apa dampak quishing juga seringkali ditanyakan di kalangan masyarakat. Serangan phising dengan teknik ini dapat mempengaruhi pengguna.

Bahkan, bisa membahayakan keamanan privasi Anda secara signifikan. Berikut beberapa dampak quishing yang perlu Anda ketahui.

1. Meminta data-data sensitif

Kode QR palsu biasanya akan mengarahkan Anda untuk membuka situs berbahaya. 

Dalam situs tersebut, Anda akan diminta untuk mengisi data-data pribadi, seperti nomor telepon, nama, NIK, hingga nomor kartu kredit.

Hal tersebut tentu sangat membahayakan keamanan data Anda karena bisa dimanfaatkan untuk kejahatan atau pemalsuan identitas.

2. Serangan malware atau peretasan

Selain risiko tercurinya data pribadi, Anda juga perlu mewaspadai serangan malware yang bisa terjadi setelah kode QR terpindai. 

Pasalnya, kode QR bisa menampung konten ransomware atau virus yang bisa mempengaruhi ponsel Anda. Bahkan, serangan tersebut banyak dipakai untuk tindakan pemerasan oleh pelaku.

Cara menghindari modus quishing

Risiko quishing tersebut bisa dihindari dengan berbagai cara. Meskipun sulit dikenali secara sekilas, terdapat beberapa petunjuk yang patut dicurigai.

Dengan mengenali modusnya dan mewaspadainya, Anda bisa melindungi diri dari serangan phising ini. Adapun cara menghindari quishing yang bisa dilakukan, yaitu sebagai berikut:

1. Perhatikan pengirim 

Cara menghindari quishing yang pertama dan termudah untuk dilakukan adalah mengidentifikasi pengirimnya. Jika Anda mendapatkan pesan berupa kode QR, jangan terburu-buru untuk memindainya.

Periksa nama pengirimnya terlebih dahulu. Jika bukan orang yang Anda kenal, ada baiknya untuk tidak mengikuti arahan yang diperintahkan.

Segera lapor dan blokir alamat email atau akun tersebut.

2. Verifikasi URL 

Jika terlanjur memindai kode QR dan masuk ke situsnya, jangan langsung memasukan informasi pribadi Anda. Periksa tautan tersebut terlebih dahulu untuk memastikannya.

3. Rutin memperbarui perangkat

Dengan rutin memperbarui perangkat lunak, keamanan juga akan ditingkatkan sehingga dapat digunakan untuk melawan ancaman serangan terbaru.

Demikian penjelasan mengenai apa itu quishing yang perlu Anda waspadai ketika memindai kode QR. Semoga membantu.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

12 Tahun Dijual, Rumah Mewah Michael Jordan di Chicago Akhirnya Laku
Isak Tangis Sri Mulyani di Banggar DPR Usai Sepakati RUU APBN 2025
OnlyFans Cetak Rekor Pendapatan, Capai US$6,6 Miliar di 2023
Perbedaan Istana Garuda dan Istana Negara IKN, Jangan Keliru
Alibaba Pertahankan Kepemilikan 88 Miliar Saham GoTo hingga 5 Tahun
Bunga Acuan Turun, BI Proyeksikan Kredit Bank Tumbuh 12%