Apakah iPhone 12 Masih Worth It? Ini Pertimbangannya

Sesuaikan dengan kebutuhan

Apakah iPhone 12 Masih Worth It? Ini Pertimbangannya
ilustrasi iphone 12 (unsplah/onur binay)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Di bulan September 2024, Apple meluncurkan iPhone 16 secara resmi di pasar global. Banyak penggemar yang sudah menantikan seri terbaru smartphone dari Apple tersebut.

Perilisan tersebut juga banyak dijadikan ajang untuk membeli iPhone versi lawas. Pasalnya, setiap Apple merilis ponsel terbaru, ponsel versi sebelumnya dengan harga terjangkau dan tetap berkualitas.

Salah satunya adalah IPhone 12 yang terbilang sudah rilis cukup lama. Lantas, apakah iPhone 12 masih worth it dibeli? Berikut beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum melakukan keputusan pembelian iPhone seri ini.

Kelebihan iPhone 12

Dirilis pada tahun 2020, iPhone 12 dilengkapi dengan beberapa teknologi dan fitur menarik. Ponsel flagship ini dilengkapi dengan chipset A14 Bionic dengan 5 nanometer untuk mendukung performanya. 

Prosesor cukup tangguh digunakan untuk menopang kebutuhan sehari-hari dengan memori RAM 4 GB perangkat juga memungkinkan untuk responsif.

Apple juga melengkapinya dengan layar OLED berukuran 6,7 inci. Layarnya juga sudah dilengkapi dengan teknologi True Tone dan Night Shift. 

Menariknya, ponsel satu ini sudah mendukung penggunaan eSIM dan jaringan 5G, sehingga memastikan pengguna bisa menggunakan internet dengan jaringan lebih cepat.

Dari segi keamanan, teknologi IP68 membuatnya tahan air maksimal 6 meter selama 30 menit. Penambahan Ceramic Shield juga menambah daya tahan dan mengurangi risiko kerusakan layar akibat jatuh.

Meskipun sudah lama rilis, kualitas kamera iPhone 12 mampu menghasilkan foto atau video yang ciamik. Lebih lanjut, sistem kameranya sudah dilengkapi fitur mode malam dan potret.

Tidak hanya itu saja, ponsel ini sudah mendukung konektivitas MagSafe dan wireless charging untuk pengisian daya lebih cepat.

Dukungan perangkat lunak juga masih bisa didapatkan oleh pengguna iPhone 12 hingga tahun 2025 atau 2026.

Kekurangan iPhone 12

Di balik kelebihannya, iPhone 12 juga memiliki sejumlah kekurangan dibandingkan dengan versi penerusnya.

Ponsel ini hanya menyediakan lensa telephoto untuk versi Pro sehingga kemampuan kamera lebih lawas dibandingkan seri di atasnya.

Dibandingkan dengan seri iPhone 16, terdapat sejumlah fitur canggih yang tidak dimiliki oleh iPhone 12, seperti Dynamic Island, camera button, dan action button. Sensor yang dimiliki juga lebih sedikit.

Kinerja chipset-nya juga mungkin lebih lambat dan terbatas dari iPhone 12. Kapasitas baterainya juga terbatas hanya 2815 mAH berbeda dari versi di atasnya, seperti iPhone 13 hingga iPhone 16.

Apakah iPhone 12 masih worth it dibeli?

Di tengah minat konsumen membeli iPhone keluaran lawas, tidak jarang pertanyaan apakah iPhone 12 masih worth it dibeli bermunculan. Hal tersebut banyak dijadikan bahan diskusi di kalangan penggemarnya. 

Lalu, apakah ponsel tersebut benar-benar worth it untuk dibeli di tahun 2024? Jawabannya tergantung pada kebutuhan Anda.

Jika Anda mencari ponsel dengan performa yang masih bisa diandalkan dengan harga terjangkau, iPhone 12 bisa dipertimbangkan. 

Lain halnya dengan Anda yang ingin mencari ponsel dengan kualitas kamera mumpuni untuk kebutuhan pembuatan konten profesional. iPhone 12 mungkin bukan pilihan terbaik karena fiturnya masih di bawah versi penerusnya. 

Untuk kebutuhan sehari-hari, iPhone 12 cukup mumpuni dalam beberapa tahun ke depan.

Harga iPhone 12

Selain dari pertimbangan spesifikasi yang dimiliki, harga bisa Anda pertimbangkan sebelum melakukan keputusan pembelian. Jika dibandingkan dengan versi penerusnya, iPhone 12 dijual dengan harga yang relatif terjangkau dari harga rilis pertama kalinya.

Harga yang ditawarkan cukup bervariasi sesuai dengan penyimpanan yang ditawarkan. Berikut harga iPhone 12 terbaru untuk versi standarnya.

  • Harga iPhone 12 64GB: Rp7,9 juta
  • Harga iPhone 12 128GB: Rp8,49 juta
  • Harga iPhone 12 256GB: Rp14,9 juta.

Anda bisa membeli seri iPhone 12 ini melalui distributornya resminya. Namun, Anda perlu mengecek ketersediaan ponsel tersebut karena tidak semua toko memiliki stok baru.

Selain versi baru, pembelian iPhone 12 second juga bisa dipertimbangkan mengingat harga akan lebih terjangkau.

Jadi, apakah iPhone 12 masih worth it untuk dibeli? Jawabannya Anda perlu mempertimbangkan kebutuhannya sebelum melakukan keputusan pembelian. Jika tidak masalah dengan beberapa fitur canggih yang tidak ada di iPhone 12, pembelian bisa dipertimbangkan.

Semoga membantu.

Related Topics

IPhone 12AppleIPhone

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

Kurs Rupiah terhadap Dolar Hari Ini, 7 Oktober 2024: Melemah 0,92%
Riset: Gaji Pekerja Startup di Indonesia Menurun Tajam Sepanjang 2023
Jokowi: Deflasi dan Inflasi Harus Tetap Seimbang dan Terkendali
OJK Ungkap 5 Modus Kejahatan yang Bisa Kuras Isi Saldo M-Banking
5 Provinsi Pengguna Judol Terbanyak di Indonesia, Mana Saja?
Saham Teraktif Pagi Ini, 07 Oct 2024