Apakah iPhone 13 Masih Worth It? Ini Jawabannya

Ketahui kelebihan dan kekurangannya

Apakah iPhone 13 Masih Worth It? Ini Jawabannya
ilustrasi iphone 13 (unsplash/onur binay)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Tahun ini menjadi tahun ketiga IPhone 13 rilis di pasaran. Seiring berjalan waktu, penerus seri ponsel tersebut bermunculan hingga iPhone 16 yang dirilis tahun ini. 

Di tengah gempuran versi iPhone terbaru, seri iPhone 13 ternyata masih dilirik oleh beberapa konsumen. Tidak dapat dipungkiri bahwa ponsel keluaran Apple lawas masih cukup bisa diandalkan dalam penggunaan sehari-hari.

Namun, iPhone 13 memiliki kekurangan apabila dibandingkan dengan seri ponsel terbaru.  

Lantas, apakah iPhone 13 masih worth it dibeli pada tahun 2024? Simak ulasannya di bawah ini.

Spesifikasi iPhone 13

Untuk ukuran ponsel yang sudah tiga tahun dirilis, iPhone 13 masih bisa bersaing dan mampu mendukung kebutuhan sehari-hari. Adapun spesifikasi iPhone 13, yaitu sebagai berikut:

  • Chipset: A15 Bionic
  • RAM dan penyimpanan: 4GB/128GB, 4GB/256 GB, dan 4GB/512GB
  • Kamera: Wide dan Ultra Wide 12 MP, kamera depan TrueDepth 12 MP, night mode, dan perekaman HDR 4K Dolby Vision.
  • Jaringan: 2G, 3G, 4G, dan 5G
  • Baterai: 3.240 mAh
  • Layar: OLED Super Retina XDR 6,1 inci
  • Fitur lainnya: IP68, Face ID, Silent switch

Kelebihan iPhone 13

Meskipun sudah lama rilis, iPhone 13 masih bisa bersanding dengan ponsel keluaran terbaru. Beberapa fitur dan spesifikasinya bisa diandalkan. Berikut beberapa kelebihan iPhone 13 yang menarik untuk diketahui.

1. Performa masih baik

Ponsel satu ini ditopang oleh chipset A15 Bionic untuk mendukung performanya. Chipset ini masih sangat bertenaga dan mampu menjalankan beberapa aplikasi dan game dengan lancar.  

Selain itu, chip yang dirancang oleh Apple berguna untuk meningkatkan kecepatan dan efisiensi yang lebih baik.

2. Kapasitas baterai besar

Dari segi baterainya, kapasitas iPhone 13 lebih unggul dari pendahulunya. Berkapasitas 3.240 mAh, ponsel satu ini bisa tahan lebih lama untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Ketahanan baterai tersebut juga didukung dari chipset yang dipasang sehingga membuat iPhone 13 memiliki daya tahan yang cukup untuk pemakaian sehari-hari.

3. Kualitas kamera baik

Berbicara tentang kualitas kameranya, iPhone 13 memiliki kamera yang mampu menghasilkan foto dan video berkualitas tinggi. 

Kualitas kamera jauh lebih dari dari pendahulunya iPhone 12 dan menawarkan sejumlah peningkatan, seperti sensor kamera utamanya yang lebih besar. Peningkatan juga terletak pada fitur stabilisasi. 

Selain itu, kamera ponsel ini sudah dilengkapi dengan fitur Cinematic Mode yang bisa digunakan pada kamera utama dan depan.

4. Dukungan sistem operasi yang panjang

Untuk pembaruan sistem operasi, rata-rata seri iPhone akan mendapatkan pembaruan selama lima tahun. Artinya, masa pakai iPhone 13 cocok digunakan untuk jangka panjang.

Hingga saat ini, iPhone 13 masih mendapatkan update iOS 18, sehingga performa dan keamanannya terjamin selama beberapa tahun ke depan. 

5. Dukungan jaringan 5G

Seri iPhone 13 dilengkapi dengan penggunaan Dual SIM, baik SIM fisik dan eSIM dengan dukungan jaringan 5G. Dengan begitu, Anda bisa menikmati akses internet jauh lebih cepat.

Kekurangan iPhone 13

Di balik kelebihan yang dimiliki, iPhone 13 juga memiliki kekurangan apabila dibandingkan dengan ponsel keluaran terbaru. Adapun kekurangan iPhone 13 yang bisa menjadi pertimbagan, yaitu sebagai berikut:

1. Pengisian daya kurang cepat

Meskipun memiliki daya baterai yang cukup besar, iPhone 13 memiliki pengisian daya yang terbilang kurang cepat dibandingkan dengan penerusnya. 

Sayangnya, Apple tidak memberikan peningkatan teknologi pengisian cepat pada seri ponsel ini. iPhone 13 masih mendukung pengisian cepat 20W seperti pendahulunya.

Berbeda dengan keluaran iPhone 16 yang terbaru yang sudah didukung dengan pengisian cepat dan teknologi pengisian 25W.

2. Kecepatan layar rendah

Untuk kecepatan layar, Apple tidak memilih untuk memberikan refresh rate 120 Hz pada layar iPhone 13 versi standar dan iPhone 13 mini.

Teknologi tersebut hanya tersedia untuk versi Pro dan Pro Max. Veris standar hanya mentok di 60 Hz. Mak dari itu, iPhone 13 tidak memiliki laju penyegaran tinggi.

Selain itu, ponsel satu ini juga tidak terlalu cocok untuk digunakan dalam kegiatan di luar ruangan karena kecerahannya tidak mendukung aktivitas tersebut.

3. Desainnya yang serupa

Jika dilihat dari desainnya, iPhone 13 tidak memiliki perubahan yang signifikan dari versi pendahulunya. Artinya, desain seri ini memiliki kesamaan desain dengan iPhone 12.

Apakah iPhone 13 masih worth it?

Jawabannya bergantung pada kebutuhan Anda. Secara keseluruhan, iPhone 13 memang masih worth it untuk dibeli pada tahun 2024. 

Untuk kebutuhan sehari-hari dan digunakan dalam jangka waktu panjang, iPhone 13 masih didukung dengan performa yang andal dan pembaruan sistem operasinya.

Kualitas kameranya juga cukup baik untuk kebutuhan pembuatan konten di media sosial yang didukung daya tahan yang mumpuni.

Jika Anda mencari ponsel dengan refresh rate tinggi, iPhone 13 bukan pilihan terbaik. Terlebih bagi yang mempertimbangkan kecepatan pengisian dayanya, seri ponsel ini bisa dipertimbangkan kembali.

Harga iPhone 13

Harga juga menjadi pertimbangan penting dalam keputusan pembelian iPhone 13. Harga yang ditawarkan tentu lebih terjangkau dibanding harga saat pertama kali dirilis oleh Apple.

Berikut rincian harga iPhone 13 terbaru untuk versi standar.

  • Harga iPhone 13 128GB: Rp10,249 juta
  • Harga iPhone 13 256GB: Rp12,749 juta
  • Harga iPhone 13 512GB: Rp21,19 juta

Jadi, apakah iPhone 13 masih worth itu dibeli di tahun 2024? Secara keseluruhan, ponsel flagship ini cocok bagi yang mencari smartphone ringkas dengan dukungan pembaruan perangkat dalam beberapa tahun ke depan. 

Semoga ulasan ini bermanfaat!

Related Topics

IPhoneIPhone 13Apple

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

5 Perbedaan JKN, KIS dan BPJS Kesehatan, Harus Tahu!
Riset: Gaji Pekerja Startup di Indonesia Menurun Tajam Sepanjang 2023
Jokowi: Deflasi dan Inflasi Harus Tetap Seimbang dan Terkendali
Kisi-Kisi Antrean IPO Awal Oktober, Ada 30 Perusahaan
Kurs Rupiah terhadap Dolar Hari Ini, 7 Oktober 2024: Melemah 0,92%
OJK Sebut Paylater Sebabkan Anak Muda Terlalu Banyak Utang