12 Aplikasi Edit Video di Android dan iPhone, Canggih!

Tawarkan fitur canggih

12 Aplikasi Edit Video di Android dan iPhone, Canggih!
ilustrasi mengedit video di HP (unsplash/jonas leupe)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Dewasa ini, konten multimedia berbentuk video pendek banyak diminati di sebagian besar platform media sosial. Tidak hanya menawarkan hiburan, konten video juga memberikan informasi lengkap lewat pengalaman audio visual.

Tidak sedikit, profesi pembuat konten atau content creator bermunculan. Untuk membuat konten video, ada banyak Aplikasi Edit Video di Android dan iPhone yang bisa diandalkan.

Beberapa di antaranya juga sudah dilengkapi dengan fitur canggih dan tentunya lebih praktis. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi edit video yang bisa Anda gunakan.

1. Capcut

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi video satu ini. CapCut merupakan salah satu aplikasi yang sangat populer untuk mengedit video. Dikembangkan oleh perusahaan Bytedance, CapCut sudah diunduh sekitar satu miliar pengguna di Google Play Store.

Jika dilihat dari fitur yang ditawarkan, CapCut menawarkan fitur pengeditan video terlengkap, seperti filter video, animasi, subtitle otomatis, dan masih banyak lagi. Selain itu, penggunaannya juga sangat ramah untuk pemula hingga profesional.

Menariknya, CapCut juga menawarkan berbagai templat video yang bisa Anda coba. Dengan begitu, pengeditan video bisa dilakukan lebih praktis dan mudah. Anda juga bisa langsung mengunggah konten video yang dibuat di platform TikTok.

2. Filmora

Bagi pemula, Anda bisa mencoba menggunakan aplikasi edit video di Android dan iPhone satu ini. Filmora termasuk aplikasi yang banyak diandalkan untuk membuat konten video. Penggunaan aplikasinya cukup sederhana sehingga Anda yang baru belajar mengedit video bisa cepat beradaptasi.

Tidak hanya menawarkan fitur yang lengkap, Filmora juga didukung teknologi Artificial Intelligence (AI). Lewat fitur tersebut, Anda bisa menambahkan teks ke video, teks ke ucapan, maupun ucapan ke teks.

Untuk profesional, Anda bisa berlangganan Filmora Pro dengan biaya tambahan untuk menikmati fitur yang jauh lebih lengkap.

3. KineMaster

KineMaster adalah salah satu aplikasi video yang banyak diminati dan difavoritkan banyak orang. Tidak heran, aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 100 juta pengguna di Google Play Store.

Memiliki fitur yang memudahkan penggunanya, KineMaster lebih banyak digunakan profesional untuk membuat konten video. Mulai dari fitur overlays, voiceover, special effect, dan fitur canggih lainnya. 

KineMaster jadi pilihan yang tepat untuk membuat konten video pendek hingga vlog panjang. Aplikasi ini bisa Anda unduh secara gratis di Google Play Store dan App Store. Tertarik untuk mencoba aplikasi edit video satu ini?

4. VivaVideo

Aplikasi edit video di Android dan iPhone satu ini bisa dikatakan sudah hadir cukup lama dan banyak digunakan pengguna. Pasalnya, aplikasi ini dirilis pada tahun 2013 oleh perusahaan QuVideo.

Tidak heran, aplikasi ini memang cukup dikenal dan diandalkan untuk mengedit konten video. Serupa dengan aplikasi editing lainnya, VivaVideo menyediakan berbagai tools untuk kebutuhan pengeditan video.

Keunggulan dari VivaVideo ada pada variasi filter, efek, dan stiker yang ditawarkan. Tersedia lebih dari seribu pilihan filter hingga stiker yang bia Anda gunakan dengan bebas.

5. YouCut

Ingin mengedit video untuk dibagikan di platform YouTube? Jika iya, Anda bisa mengandalkan YouCut. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi lainnya, fitur yang ditawarkan cukup lengkap. Bahkan, fitur pengeditan videonya gratis dan tanpa watermark.

Tidak hanya fiturnya saja, ukuran penyimpanannya tidak terlalu membebani perangkat Anda. Dengan ukuran penyimpanan yang ringan, aplikasi ini tidak kalah dengan aplikasi edit video lainnya. 

YouCut dibekali dengan fitur memotong, menggabungkan, dan merapikan video. Bahkan, terdapat fitur konversi dan kompresor video gratis yang menghemat penyimpanan jauh lebih baik.

6. LightCut

Aplikasi edit video di Android dan iPhone berikutnya adalah LightCut. Aplikasi pengeditan video bertenaga AI ini akan sangat membantu Anda membuat konten. Dengan Lightcut, Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mengedit video.

LightCut akan membantu Anda menggabungkan klip video dan menambahkan teks, efek, hingga musik dengan mudah. Untuk tampilan yang lebih profesional, tersedia fitur mode inspire cam shooting.

Bagi pemula tidak perlu khawatir, tersedia berbagai tempat video yang bisa dipilih. Anda tidak perlu skill khusus dan mendalam untuk bisa membuat konten menarik.

7. VN Video Editor & Maker

Untuk seorang content creator, aplikasi edit video menjadi hal yang wajib dimiliki. Pilihan aplikasi editing yang bisa Anda andalkan, yaitu VN Video Editor & Maker. Dilengkapi dengan berbagai fitur, aplikasi ini cocok untuk pemula yang baru belajar sampai profesional.

Lewat fitur animasi, stiker hingga penambahan teks, Anda bisa membuat konten video lebih menarik. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan lagu atau soundtrack yang bisa digunakan di dalam video.

Penggunaannya juga cukup sederhana, sehingga memudahkan Anda sebagai pengguna untuk mengedit video yang diinginkan. Jika belum terlalu ahli mengedit video, tersedia tempat yang bisa langsung digunakan penggunanya.

8. InShot

Aplikasi edit video di Android dan iPhone yang tidak kalah dengan lainnya adalah InShot. Dengan aplikasi editing gratis ini, Anda bisa mengedit video layaknya aplikasi berbayar. 

Mendapatkan rating 4.9 di Google Play Store, ternyata InShot sudah diunduh lebih dari 500 juta pengguna. Tersedia sejumlah fitur menarik yang ditawarkan. Mulai dari efek glitch, menambahkan audio atau musik, filter, hingga beragam stiker menggemaskan.

Uniknya, Anda bisa membuat konten berupa gabungan video dan foto. Untuk pilihan unduhan, terdapat pilihan format video untuk Instagram dan TikTok.

9. Splice

Tidak kalah canggih dengan aplikasi edit video lainnya, Splice menjadi pilihan terbaik bagi editor dan kreator video. Splice menawarkan hasil video profesional yang bisa diunduh secara gratis.

Ada berbagai fitur menarik dan mudah digunakan pengguna. Salah satunya efek transisi dan kecepatan yang bisa diatur dengan mudah. Anda juga bisa menambahkan latar musik yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan. 

Lewat fitur pengeditan video yang ditawarkan tersebut, Anda bisa lebih mudah dan cepat membuat konten.

10. PowerDirector

PowerDirector merupakan pilihan aplikasi edit video di Android dan iPhone yang cukup mudah untuk digunakan. Hampir semua fitur yang disediakan cukup mudah bagi editor pemula.

Tampilannya cukup sederhana sehingga Anda bisa merasa nyaman dalam mengedit konten video. Menariknya, Anda bisa melakukan pengeditan dan ekspor video dalam resolusi hingga 4K. 

Tersedia berbagai template video yang bisa dipilih dengan mudah sehingga Anda bisa mempersingkat waktu pengeditan. Bagi Anda yang ingin menikmati fitur lebih lengkap, PowerDirector juga memberikan paket premium.

11. VITA

Untuk kebutuhan pengeditan video, Anda bisa mengandalkan aplikasi VITA. Terlebih bagi Anda yang kerap mengunggah konten video di akun media sosial. VITA dapat membantu Anda membuat konten menjadi lebih menarik.

Tersedia berbagai filter video hingga berbagai efek yang bisa ditambahkan dengan mudah. Percantik video dengan berbagai pilihan stiker lucu dan menggemaskan.

Bagi yang tidak terbiasa mengedit video, tersedia pula berbagai macam template yang bisa digunakan dengan praktis.

12. Magisto

Magisto termasuk salah satu aplikasi edit video populer yang sudah banyak diunduh di Google Play Store. Bahkan, aplikasi ini sempat memenangkan penghargaan. 

Dilengkapi dengan berbagai fitur, Anda bisa mengedit video secara lebih mudah dan praktis. Mulai dari menambahkan transisi, musik, hingga animasi yang pastinya akan mempercantik konten video yang dibuat. Bahkan, Anda bisa menambahkan foto dan teks dengan memanfaatkan fitur Slideshow.

Magisto juga sudah dibekali dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang canggih. 

Itu dia beberapa rekomendasi aplikasi edit video di Android dan iPhone yang Anda gunakan untuk membuat konten berkualitas. Tertarik untuk mencoba salah satu aplikasinya?

Related Topics

Aplikasi Edit Video

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

MoU: Pengertian, Ciri, Tujuan, Jenis, Perbedaan, dan Contoh MoU
Daftar Perusahaan Terbaik di Dunia versi TIME: 5 dari Indonesia
Kisruh Kursi Kepemimpinan Kadin, Begini Kronologinya
Pemangkasan Bunga The Fed jadi Stimulus Ke Perbankan
BI Bakal Luncurkan Lembaga Central Counterparty (CCP), Apa Itu?
7 Saham IPO 2024 yang Mencatat Kinerja Tertinggi di BEI