7 Cara Kurangi Paparan Radiasi HP pada Tubuh

Hindari efek negatifnya

7 Cara Kurangi Paparan Radiasi HP pada Tubuh
ilustrasi bermain HP (Unsplash/camilo jimenez)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Tidak dapat dipungkiri bahwa smartphone sudah menjadi barang penting yang selalu digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Penggunaannya dalam keseharian ini ternyata kerap membawa dampak tertentu pada kesehatan penggunanya. 

Perlu diingat bahwa smartphone memancarkan radiasi Radio Frequency (RF) ketika sedang mencari sinyal.

Terlalu sering terpapar radiasi tersebut ternyata tidak baik bagi kesehatan. Maka dari itu, Anda sebagai pengguna harus mengurangi paparannya.

Agar terhindar dari dampak negatif, berikut beberapa cara kurangi paparan radiasi HP yang wajib dipahami.

1. Mengurangi pemakaian ponsel

Sebenarnya belum ada bukti atau penelitian spesifik yang membuktikan bahwa radiasi HP dapat membahayakan kesehatan tubuh. Satu-satunya efek yang berhasil dibuktikan dari radiasi frekuensi radio pada manusia adalah pemanasan.

Meskipun begitu, ada banyak pengguna yang merasa khawatir dengan paparan radiasi HP secara terus-menerus. Salah satu cara kurangi paparan radiasi HP yang efektif untuk dilakukan adalah mengurangi pemakaian ponsel.

Dalam sehari, Anda bisa mengurangi jam penggunaan ponsel. Berikan batasan waktu yang pasti mengenai jumlah waktu dalam penggunaan HP. 

Hal tersebut membantu Anda dalam mengurangi paparan radiasi dalam jangka waktu yang panjang.

2. Berikan jarak dari tubuh

Selain mengurangi frekuensi dalam menggunakan ponsel, Anda juga bisa memberikan jarak dengan ponsel. Saat menelpon atau menerima panggilan telepon, pengguna kerap memposisikan ponsel lebih dekat pada bagian kepala, terutama telinga.

Hal tersebut membuat tubuh terkena paparan radiasi HP secara langsung. Ketika menerima telepon, Anda dapat memberi jarak lebih jauh antara kepala dan ponsel.

Dilansir laman fda.gov, Anda bisa menggunakan mode speaker, headphone, atau ear bud ketika menerima panggilan. Dengan melakukan cara tersebut, Anda bisa meminimalisir paparan radiasi secara langsung pada tubuh.

3. Hindari melakukan panggilan saat sinyal lemah

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, radiasi yang dihasilkan dari HP terjadi ketika perangkat sedang mencari sinyal. Daya transmisi frekuensi radio bisa mengalami peningkatkan ketika sinyal HP lemah.

Ketika sinyal sedang lemah, cara kurangi paparan radiasi HP yang bisa dilakukan adalah menghindari melakukan panggilan. Kondisi tersebut sebaiknya dihindari karena radiasi yang dipaparkan jauh lebih besar dari biasanya.

Selain menghindari melakukan panggilan, tidak menggunakan HP sementara hingga sinyal kembali membaik jadi cara efektif untuk mengurangi paparan radiasi.

4. Mengirim pesan teks bisa dilakukan

Dibandingkan dengan melakukan panggilan telepon, mengirim pesan teks tidak terlalu meningkatkan frekuensi radio. Anda dapat mempertimbangkan untuk tetap berkomunikasi dengan mengirim pesan teks.

Jika pembicaraan atau komunikasi bisa dilakukan lewat pesan teks, mengirimkan pesan jadi cara terbaik untuk mengurangi paparan radiasi HP secara langsung. Selain pesan teks, Anda juga bisa mengirimkan pesan suara.

Namun, perhatikan saat menerima pesan suara sebaiknya menggunakan alat bantu sehingga posisi HP tidak terlalu dekat dengan tubuh, terutama bagian kepala.

Meskipun begitu, tidak disarankan untuk mengirim pesan teks ketika sedang mengemudi karena berisiko kecelakaan dan hal yang tidak diinginkan lainnya.

5. Hindari membawa ponsel di kantong

Salah satu cara kurangi paparan radiasi HP yang bisa Anda lakukan adalah menghindari membawa ponsel di kantong. 

Kebiasaan membawa HP di saku atau kantong celana ternyata menyebabkan paparan radiasi HP secara langsung pada tubuh. Pasalnya, ponsel akan terus memancarkan radiasi secara terus-menerus bahkan saat Anda tidak menggunakannya secara aktif.

Kebiasaan tersebut harus dikurangi apabila Anda ingin mengurangi paparan radiasi secara langsung pada tubuh. 

Menaruh HP pada kantung atau saku juga berpotensi hilang atau jatuh jadi Anda bisa menaruhnya pada tempat yang aman. Anda bisa menyimpan HP pada tas atau dompet yang setidaknya memiliki jarak ketika dibawa saat bepergian.

6. Nyalakan mode pesawat

Solusi terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi paparan radiasi smartphone adalah mengaktifkan mode pesawat. Bukan hanya saat melakukan perjalanan dengan pesawat saja, Anda juga bisa menyalakan mode pesawat sesuai kebutuhan.

Saat Anda tidak menggunakan ponsel secara aktif, Anda bisa menyalakan mode pesawat.

Model pesawat aktif akan membuat sinyal juga tidak aktif sehingga radiasi yang terpancar dapat berhenti sementara. Dengan begitu, Anda bisa mengurangi dampak paparan Radiasi Ponsel secara terus-menerus.

Anda juga bebas menyimpan smartphone di saku atau kantung untuk sementara waktu.

7. Batasi penggunaan ponsel sebelum tidur

Cara kurangi paparan radiasi HP berikutnya adalah membatasi penggunaan ponsel sebelum tidur. Tidak sedikit pengguna yang kerap bermain ponsel sebelum waktu tidur. 

Kebiasaan membuka HP sebelum tidur membuat pengguna kesulitan tidur tepat waktu. Kebiasaan tersebut tentu tidak baik bagi kesehatan tubuh. Pasalnya, waktu istirahat menjadi terganggu.

Terlebih bagi Anda yang suka menelepon sebelum tidur atau sleep call tanpa memperhatikan batas waktunya. Hal tersebut menyebabkan Anda terpapar radiasi HP secara terus-menerus selama sehari penuh. 

Itu dia beberapa cara kurangi paparan radiasi HP yang bisa Anda lakukan untuk mencegah risiko berbahaya pada tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat.

Related Topics

Radiasi PonselPonsel

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

7 CEO dengan Gaji Tertinggi di Dunia
Grup Astra Sebar Dividen Interim, Ini Jadwal ASII, AALI, dan UNTR
6 Multifinance Lokal dicaplok Asing, Ini Negara Peminatnya
Mengenal Aplikasi Temu yang Bakal Diblokir Kominfo
Aksi Beli Prajogo Pangestu atas BREN Saat Pemeriksaan OJK
Arsjad Rasjid Dijanjikan Posisi Ketua Dewan Pertimbangan Kadin