Daftar Fitur iOS 18 iPhone, Mirip HP Android?

Fitur iPhone terbaru

Daftar Fitur iOS 18 iPhone, Mirip HP Android?
ilustrasi fitur ios 18 (Dok. apple.com)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Apple secara resmi meluncurkan sistem operasi terbarunya untuk iPhone. Peluncuran tersebut disampaikan dalam acara WWDC 2024 di Apple Park, Amerika Serikat.

Fitur IOS 18 menjadi penerus iOS 17 yang menghadirkan sejumlah fitur unggulan. Salah satunya kemampuan personalisasi. Lewat fitur tersebut, pengguna bisa bebas mengatur iPhone sesuai keinginan.

Menariknya, beberapa pengguna mengaku beberapa fitur terbaru ini memiliki kesamaan dengan Android. Kira-kira, fitur seperti apa yang ditawarkan pada iOS 18? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Apple Intelligence

Apple Intelligence menjadi salah satu fitur iOS 18 yang banyak dinantikan oleh penggunanya. Dukungan teknologi Artificial Intelligence (AI) tersebut memberikan kemudahan dalam beraktivitas.

Lewat fitur tersebut, pengguna bisa mengolah teks, gambar, dan video lebih canggih, Salah satunya fitur Writing Tools. Fitur canggih ini memungkinkan Anda melakukan peninjauan atas teks yang dibuat lebih mendalam. 

Selain itu, ada fitur Image Wand dan Image Playground yang memberikan pengalaman mengola gambar lebih canggih.

Apple juga membekali fitur AI mereka dengan ChatGPT pada fitur Siri. Dengan begitu, Siri dapat membuka ChatGPT untuk menjawab pertanyaan tertentu.

2. Kustomisasi Home Screen

Seperti yang diketahui, pengaturan ikon aplikasi pada iPhone cukup sederhana dan terkesan kaku. 

Apple membawa terobosan baru yang cukup menarik, yaitu kustomisasi layar Home. Lewat pembaruan sistem terbarunya, pengguna bisa mengatur dan memindahkan posisi ikon pada Home Screen dengan bebas.

Tidak hanya itu saja, pengguna juga dapat mengubah nuansa warna pada ikon aplikasi, baik mode terang atau gelap. Bahkan, Anda bisa mengatur ukuran ikon pada Home Screen sesuai dengan selera.

3. Kustomisasi Control Center

Pembaruan sistem operasi yang dilakukan Apple memang berfokus pada personalisasi penggunanya. Dalam upaya kustomisasi tampilan yang lebih personal, Apple membekali iOS 18 dengan kemampuan kustomisasi Control Center. 

Jika sebelumnya Anda tidak bisa mengubah tampilan Control Center, kini Anda bisa mengubahnya dengan fitur iOS 18. Pengguna bisa mengubah posisi, ukuran, hingga menambah tombol pengaturan di halaman Control Center.

4. Aplikasi Password

Aplikasi bawaan Password juga mengalami peningkatan keamanan bagi penggunanya. Secara sekilas, aplikasi ini memiliki kemiripan pada Keychain Access di Macbook.

Lewat Password, Anda bisa menyimpan semua kata sandi atau informasi login di berbagai platform. 

Pengguna dimudahkan untuk mengakses kata sandi, kunci sandi, Wi-Fi, dan kode verifikasi. Bahkan, aplikasi ini membantu Anda dalam membuat kata sandi.

Aplikasi tersebut akan memberikan peringatan apabila pasword yang dibuat mudah ditebak atau sudah digunakan berkali-kali.

5. Aplikasi Photos

Apple juga melakukan pembaruan pada tampilan aplikasi Photos. 

Lewat perombakan tampilan tersebut, pengguna bisa menemukan dan mengenang momen spesial dengan mudah. Pengguna dapat menelusuri foto dan video berdasarkan tema tanpa harus menyusun konten ke dalam album.

Koleksi foto yang sudah dibuat juga bisa disematkan agar item favorit dapat diakses dengan mudah. Tampilan carousel yang baru juga menyajikan sorotan yang diperbaharui setiap hari.

Perpustakaan foto bisa disesuaikan agar pengguna dapat mengatur koleksi, menyematkan koleksi, hingga menyertakan momen penting pada carousel.

6. Aplikasi Massages

Tampilan aplikasi Massages juga dirombak oleh Apple. Lewat fitur teks baru, Anda bisa membuat percakapan menjadi lebih hidup. Pasalnya, fitur iOS 18 memungkinkan pengguna untuk merespons pesan dengan emoji.

Pengguna juga dapat membuat pesan dengan format lebih bervariatif, seperti huruf tebal, garis bawah, huruf miring, dan coretan. Anda juga bisa membuat sorotan atau highlight pada kata atau frasa dan menggantinya dengan rekomendasi lainya.

Fitur lainnya yang tidak kalah menarik, yaitu penjadwalan pesan. Dengan begitu, Anda bisa leluasa mengirimkan pesan sesuai jadwal yang sudah diatur.

7. Aplikasi Mail

Aplikasi bawaan Mail juga menghadirkan sejumlah fitur baru. Salah satunya fitur kategorisasi pesan. Lewat fitur tersebut, Anda bisa menyortir pesan yang masuk dalam kategori tertentu.

Misalnya pesan promosi, pesan penting, pesan dari keluarga, pesan dari kolega, hingga kategori lainnya. Fitur tersebut tentu sangat membantu pengguna dalam merespons pesan di Mail.

8. Pembaruan Aplikasi Safari

Lewat fitur iOS 18, Safari dirancang menjadi lebih mudah dalam menemukan informasi di website. Safari memungkinkan konten yang ditayangkan tetap relevan dengan kata pencarian yang diketik pengguna. Ringkasan artikel juga ditampilkan sebelum pengguna membacanya secara lengkap. 

9. Mode Game

Bagi pencinta game, Apple juga membekali iOS 18 dengan fitur Game Mode. Lewat fitur tersebut, pengguna bisa mendapatkan frame rates yang jauh lebih stabil dengan meminimalisir aktivitas background.

Anda juga bisa menghubungkan AirPods dan kontroler game wireless sehingga mendapatkan pengalaman yang lebih responsif.

10. Aplikasi Notes

Fitur iOS 18 berikutnya tersedia di aplikasi bawaan Notes. Sistem operasi terbaru yang ditawarkan Apple memungkinkan pengguna untuk merekam audio dan membuat transkripnya secara langsung. Apple juga melengkapinya dengan rumus dan persamaan yang bisa dimasukkan saat mengetik.

Demikian beberapa fitur iOS 18 pada iPhone yang menambah pengalaman pengguna jadi lebih personal dan cerdas. iOS 18 ini bisa dinikmati pengguna model paling lama iPhone Xr dan iPhone Xs series. Semoga artikel ini bermanfaat.

Related Topics

AppleFitur IOS 18

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

MoU: Pengertian, Ciri, Tujuan, Jenis, Perbedaan, dan Contoh MoU
Daftar Perusahaan Terbaik di Dunia versi TIME: 5 dari Indonesia
Kisruh Kursi Kepemimpinan Kadin, Begini Kronologinya
Pemangkasan Bunga The Fed jadi Stimulus Ke Perbankan
BI Bakal Luncurkan Lembaga Central Counterparty (CCP), Apa Itu?
7 Saham IPO 2024 yang Mencatat Kinerja Tertinggi di BEI