Fitur AI di Samsung Galaxy S24 yang Wajib Dicoba!

Mempermudah aktivitas sehari-hari

Fitur AI di Samsung Galaxy S24 yang Wajib Dicoba!
Ilustrasi Galaxy AI/Dok. Samsung
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Awal tahun 2024, Samsung meluncurkan seri Galaxy S24 di pasar Indonesia. Peluncurannya tentu sangat disambut baik oleh para penggemarnya.

Pada seri S24 ini, Samsung sudah melengkapinya dengan berbagai spesifikasi dan fitur menarik bagi para penggunanya. Salah satunya adalah Galaxy AI, sebuah teknologi Artificial Intelligence (AI) yang dikembangkan oleh Samsung.

Adanya fitur tersebut semakin menambah pengalaman pengguna Galaxy S24 dalam beraktivitas sehari-hari.

Penasaran, fitur AI di Samsung Galaxy S24 yang bisa ditemui di sana? Berikut ulasan mengenai beberapa fiturnya.

1. Click to Search

Salah satu fitur AI di Samsung Galaxy S24 yang menarik dan wajib Anda coba adalah Click to Search. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk mencari berbagai informasi dari apa pun yang muncul pada layar ponsel.

Menariknya, fitur tersebut juga terintegrasi dengan Google. Tanpa perlu mengetikan kata kunci di kolom pencarian, Anda bisa melingkari objek yang ingin dicari dengan jari atau S Pen. 

Google akan otomatis mendeteksi dan menelusuri objek yang berada dalam lingkaran tersebut. 

Jika objek yang dicari tertutup search bar, Anda bisa memindahkan search bar ke posisi yang ideal pada tampilan layar yang diinginkan.

2. Live Translate

Berkomunikasi dengan orang luar negeri tidak perlu khawatir lagi dengan kendala bahasa.

Pasalnya, Anda bisa menggunakan fitur Live Translate yang ada pada Galaxy S24 Series untuk memudahkan berkomunikasi, baik secara pesan atau telepon.

Samsung sudah membekali fitur satu ini dengan total 13 pilihan bahasa yang dapat dipilih. Dengan begitu, Anda tidak perlu membutuhkan aplikasi ketiga untuk menerjemahkan bahasa satu ke bahasa lainnya.

Untuk pengalaman lebih seamless, Samsung juga menawarkan pengalaman menggunakan fitur ini dengan menggunakan Galaxy Buds2, Buds2 Pro, atau Buds FE.

3. Interpreter

Serupa dengan Live Translate, Interpreter juga memungkinkan Anda untuk bisa menerjemahkan bahasa dengan mudah. Perbedaannya terletak pada tampilan terjemahan yang disajikan.

Lewat fitur Interpreter, Anda bisa menerjemahkan percakapan langsung secara tatap muka.

Artinya, hasil terjemahan akan muncul di layar selama percakapan berlangsung sehingga cocok untuk digunakan untuk telepon.

Selain telepon, fitur ini juga sangat direkomendasikan untuk digunakan ketika ingin berkomunikasi dengan warga lokal ketika bepergian ke luar negeri. 

Suara akan diterjemahkan dan ditulis secara langsung untuk kedua orang selama percakapan. Uniknya, fitur ini bisa beroperasi tanpa perlu tersambung dengan koneksi internet atau WiFi.

4. Note Assist

Fitur AI di Samsung Galaxy S24 ini cocok bagi Anda yang ingin membuat catatan lebih efisien dan tertata. Note Assist memungkinkan pengguna bisa mengatur catatan sesuai kebutuhan dengan fitur canggih di Samsung Note.

Salah satunya fitur Auto Format yang akan membuat catatan yang dibuat lebih tersusun rapi dengan menggunakan bullet points, headings, dan subheadings.

Selain itu, Anda bisa meringkas catatan dengan fitur Summarize dengan mudah.

Agar terhindar dari kesalahan ejaan atau tata bahasa, Note Assist juga membantu penggunanya lewat Spell Check.

Tidak ketinggalan, Anda juga bisa melakukan penerjemahan secara langsung tanpa perlu bantuan pihak ketiga dengan memakai fitur Translate.

5. Photo Assist

Lewat teknologi Galaxy AI yang dikembangkan Samsung, pengeditan yang sebelumnya sulit dilakukan di ponsel, kini jadi lebih mudah dan praktis.

Lewat fitur Photo Assist, Anda bisa mengedit foto atau konten langsung dari galeri ponsel.

Fitur Photo Remaster memungkinkan Anda untuk menyempurnakan warna, kontras, dan elemen lainnya secara otomatis. Dalam hitungan detik, Anda bisa mendapatkan hasil foto dengan kualitas yang diinginkan.

Selain itu, Anda bisa membuat konten time lapse yang unik dengan fitur 24-hour time-lapse. Anda bisa mengubah konten foto menjadi sebuah video pendek yang ciamik tanpa memerlukan banyak waktu pengeditan.

6. Chat Assist

Fitur AI di Samsung Galaxy S24 berikutnya adalah Chat Assist. Dengan mengaktifkan fitur ini, Anda bisa menerjemahkan pesan atau email ke bahasa tujuan secara real time.

Pada dasarnya, Chat Assist mempunyai tiga fungsi utama. Pertama, menerjemahkan pesan teks secara otomatis ke bahasa tujuan dengan Chat Translation. Kedua, menyesuaikan nada dan gaya bahasa sesuai konteks lewat Chat Tone. Terakhir, memberikan saran kata hingga emoji yang relevan melalui Chat Suggestion.

7. Transcript Assist

Transcript Assist merupakan salah satu fitur yang dihadirkan Samsung pada Galaxy S24 Series untuk merekam dan membuat transkripsi secara langsung.

Fitur ini tentu sangat berguna bagi Anda yang ingin mendapatkan catatan dengan mudah dari rekaman atau video dengan lebih mudah. 

Selain membuat transkrip, Anda juga bisa memperoleh hasil ringkasan yang sudah otomatis dibuat oleh sistemnya.

Itulah beberapa fitur AI Samsung Galaxy S24 yang dihadirkan Samsung bagi para penggunanya. Dari sejumlah fitur di atas, adakah yang menarik perhatian Anda?

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

12 Tahun Dijual, Rumah Mewah Michael Jordan di Chicago Akhirnya Laku
Isak Tangis Sri Mulyani di Banggar DPR Usai Sepakati RUU APBN 2025
OnlyFans Cetak Rekor Pendapatan, Capai US$6,6 Miliar di 2023
Perbedaan Istana Garuda dan Istana Negara IKN, Jangan Keliru
Alibaba Pertahankan Kepemilikan 88 Miliar Saham GoTo hingga 5 Tahun
Bunga Acuan Turun, BI Proyeksikan Kredit Bank Tumbuh 12%