Fitur AI di Canva, Buat Desain Makin Mudah!

Buat desain anti ribet!

Fitur AI di Canva, Buat Desain Makin Mudah!
ilustrasi fitur ai di canva (Dok. Canva.com)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Canva merupakan salah satu aplikasi desain grafis yang banyak diandalkan untuk membuat desain. Tanpa perlu jago mendesain, semua pengguna bisa merancang desain sesuai keinginannya.

Tidak heran, Canva jadi aplikasi yang cocok digunakan pemula hingga profesional untuk meraih kepraktisan dalam mendesain. Canva juga menghadirkan berbagai fitur menarik dan canggih.

Salah satunya fitur Artificial Intelligence (AI) yang digunakan oleh Canva. Lewat fitur ini, pengguna bisa merancang desain jauh lebih mudah dan hemat waktu.

Kira-kira, apa saja fitur AI di Canva? Simak ulasan setiap fiturnya di bawah ini.

1. Text to Image

Masifnya perkembangan tren AI membuat Canva menghadirkan fitur yang sudah terintegrasi dengan teknologi tersebut.

Terinspirasi dari kesuksesan DALL-E, Canva menawarkan salah satu fitur Text to Image pada penggunanya.

Fitur tersebut sudah dirilis Canva sejak akhir tahun 2023 lalu. Sesuai namanya, fitur AI di Canva satu ini memungkinkan Anda untuk menciptakan desain dari deskripsi teks yang dimasukan pada sistem. 

Untuk bisa menghasilkan gambar yang lebih baik, Anda bisa memberikan deskripsi sedetail mungkin. Sistem akan menampilkan beberapa opsi gambar yang sesuai dengan deskripsi tersebut.

Jika belum puas dengan hasilnya, Anda bisa menambahkan deskripsi kembali hingga mendapatkan gambar yang diinginkan.

2. Magic Design

Canva memang dikenal sebagai aplikasi yang sangat direkomendasi kepada pemula yang baru belajar desain. Pasalnya, ada banyak template desain yang ditawarkan dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk membantu pengguna menemukan template desain, Canva menawarkan fitur Magic Design. Dengan memanfaatkan teknologi AI, Anda bisa menyesuaikan elemen desain sesuai keinginan.

Hal tersebut tentu sangat membantu dalam mempersingkat waktu dalam memilih, mengedit, dan menghasilkan desain. Tanpa harus merancang desainnya dari awal, Anda sudah bisa mendapatkan hasil yang sesuai dengan konten.

3. Magic Eraser

Sesuai dengan nama fiturnya, Canva merancang fitur satu ini untuk bisa menghapus dan menghilangkan objek yang tidak diinginkan pada gambar atau desain.

Tanpa harus memerlukan waktu yang banyak, Anda bisa menghilangkan objek dalam hitungan detik saja.

Meskipun cukup canggih, fitur ini juga memiliki batasan. Hasil Magic Eraser akan terlihat lebih baik ketika diaplikasikan pada gambar dengan latar belakang sederhana.

Selain itu, fitur Magic Eraser hanya tersedia untuk layanan Pro atau berbayar sehingga aksesnya terbatas.

4. Magic Edit

Magic Edit merupakan salah satu fitur AI di Canva yang merupakan kombinasi dari Text to Image dan Magic Eraser.

Fitur ini memungkinkan Anda untuk bisa menukar objek tertentu dengan objek lain yang dibuat oleh AI Generatif.

Anda bisa menciptakan berbagai desain yang lebih menarik dan unik lewat fleksibilitas yang ditawarkan oleh Canva dalam proses pengeditan. Misalnya, Anda bisa mengganti gambar kucing dengan anjing pada suatu gambar.

Cara satu ini tentu jauh lebih praktis dan cepat untuk bisa memberikan sentuhan unik pada desain tanpa harus membuat desain dari awal.

5. Magic Write

Bingung mencari caption yang menarik untuk diposting di media sosial? Anda bisa menggunakan fitur Magic Write untuk membantu menghasilkan kata-kata yang sesuai saat mengalami kebuntuan ide.

Fitur yang dihadirkan Canva ini membantu pekerja kreatif untuk bisa menciptakan konten lebih efisien. Anda cukup memberikan deskripsi konten yang ingin dibuat dan sistem akan memberikan draf tulisan yang bisa ditinjau.

6. Instant Presentation

Fitur AI di Canva berikutnya adalah Instant Presentation. Fitur ini bisa dikatakan sebagai pengoptimalan fitur Magic Design dalam membuat presentasi.

Dengan memanfaatkan fitur ini, Anda bisa membuat suatu presentasi lebih hemat waktu dan tenaga. Canva akan memberikan sejumlah elemen dan gambar yang relevan dengan topik yang akan dipresentasikan.

Bahkan, Canva akan memberikan sejumlah informasi terkait topik atau tema yang diperintahkan. Agar hasilnya sesuai, Anda hanya perlu mempersiapkan draf presentasi dengan lengkap.

7. Beat Sync

Tidak hanya terbatas pada gambar saja, Canva juga memungkinkan pengguna untuk membuat video menarik. Terlebih adanya fitur Beat Sync akan menambah kesan tersendiri pada konten video yang dibuat.

Dengan menggunakan fitur pengeditan video tersebut, Anda bisa mencocokan elemen visual dan musik pada konten dengan mudah.

Penggunaannya yang cukup mudah tentunya cocok bagi Anda yang belum terlalu mahir dalam mengedit video.

8. Translate

Fitur AI di Canva berikutnya yang tak kalah menarik lainnya adalah Translate. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan Anda menerjemahkan teks jadi lebih praktis.

Menariknya, fitur ini sudah memungkinkan untuk menerjemahkan teks dari total 134 bahasa. Anda hanya perlu mengetuk satu tombol dan hasil terjemahannya akan ditampilkan dalam hitungan beberapa detik.

Itu dia beberapa fitur AI di Canva yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat desain semakin ciamik tanpa perlu membutuhkan waktu yang lama. Dari beberapa fitur di atas, adakah yang ingin Anda coba terlebih dahulu?

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

OnlyFans Cetak Rekor Pendapatan, Capai US$6,6 Miliar di 2023
The Fed Pangkas Suku Bunga 50 Bps, Sentimen Positif IHSG (19/9)
BREN Batal Masuk FTSE, Saham Prajogo Pangestu Kompak Merah
Transaksi Kripto Pulih, Ini Lokasi Peretas Indodax
Ini Strategi Atur Keuangan Hadapi Tekanan Ekonomi Agar Tak Turun Kelas
Program Prioritas Prabowo Rp121 Triliun Masuk APBN 2025