10 Ide Konten Instagram yang Menarik, Pemula Masuk!

Bantu membuat konten dengan konsisten

10 Ide Konten Instagram yang Menarik, Pemula Masuk!
Ilustrasi Instagram (Unsplash/Brett Jordan)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Instagram termasuk sosial media yang sudah memiliki jutaan pengguna di seluruh dunia. Selain digunakan untuk membagikan berbagai momen pada pengikut, Instagram juga menjadi tempat bagi banyak kreator untuk berkarya.

Di sana, kreator hingga perusahaan beramai-ramai untuk membuat konten yang relevan dan bisa menarik perhatian audiensnya. Tanpa Ide Konten Instagram yang menarik, Anda tidak bisa mengembangkan akun tersebut.

Bagi pemula yang ingin berkarya di Instagram, berikut beberapa referensi ide konten yang bisa dicoba.

1. Tutorial

Contoh ide konten Instagram pertama yang bisa Anda coba adalah mengunggah konten tutorial singkat, baik di Story atau Feed.

Ide konten ini bisa diaplikasikan pada berbagai jenis niche, seperti dari teknologi, fashion, makeup, dan lain sebagainya.

Dari segi bisnis, Anda akan sangat terbantu untuk menyakinkan konsumen tentang produk atau layanan yang dibuat. Sebagai kreator, Anda juga bisa memperlihatkan keterampilan dalam mengeksekusi niche tertentu.

Dalam membuat jenis konten ini, penting untuk memberikan penjelasan yang singkat dan sederhana terkait peran produk atau layanan tersebut.

2. Game

Jika Anda bertujuan untuk meningkatkan engagement, konten game bisa untuk dicoba. Meskipun terlihat sederhana, jenis konten ini banyak digunakan untuk menarik perhatian audiens.

Bisa berupa kuis, this or that, tebak-tebakan, dan lain sebagainya. Lewat ide konten ini, Anda dapat meningkatkan interaksi dengan para pengikut.

Interaksi yang terjalin tersebut berguna untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.

Tidak perlu membuat permainan yang sulit, game sederhana juga dapat meningkatkan audiens untuk menanggapi postingan tersebut. Jika terlalu sulit, hal tersebut bisa mengurangi audiens untuk berinteraksi.

3. Meme

Ide konten Instagram lainnya yang bisa Anda unggah adalah meme. Tidak ada salahnya untuk mencoba menghibur audiens dengan meme lucu.

Dalam membuat meme, penting untuk memperhatikan sentuhan humor yang bisa dipahami oleh semua kalangan. Jika menargetkan untuk kalangan tertentu, humor yang dipakai sebaiknya juga umum didengar.

Pasalnya, humor yang hanya dipahami sedikit kalangan tertentu bisa tidak tersampaikan oleh audiens. Akibatnya konten yang dibuat jadi garing atau tidak memiliki sentuhan humor.

Maka dari itu, penting untuk membuat meme yang tetap relevan.

4. Quotes

Selain meme, Anda juga dapat mengunggah konten berupa quotes. Dari segi visual, jenis konten ini sangat menarik untuk membuat tampilan Feed atau Highlights jadi lebih estetik.

Anda dapat memasukan kata-kata indah tersebut ke dalam foto atau menjadi bagian dari caption

Selain mempercantik tampilan akun, pengikut Anda juga bisa berinteraksi pada postingan tersebut, seperti memberikan like, share, dan komen.

Agar tetap relevan, sebaiknya pilih kutipan yang sesuai dengan niche atau personal branding Anda. Manfaatkan juga kreatifitas Anda untuk membuat desainnya.

Jika perlu, Anda bisa membuat template tersendiri untuk jenis konten satu ini.

5. Konten informatif

Sebagai kreator pemula, tidak jarang mencari ide konten menarik jadi tantangan tersendiri untuk bisa meningkatkan brand awareness. Untuk memulai, Anda bisa membuat postingan atau konten yang berisi info menarik. 

Konten sejenis ini memang banyak digunakan kreator guna mengedukasi audiens. Jenis konten ini akan membangun personal brand Anda lebih kredibel. Terlebih konten yang dibuat sesuai dengan niche.

6. Konten wawancara

Jika mendapatkan kesempatan untuk berbincang dengan figur publik atau kreator lainnya, Anda bisa menjadikannya sebagai konten Instagram menarik. Anda dapat mengadakan live Instagram bersama seorang ahli atau publik figur tersebut. 

Konten kolaborasi tersebut tentu akan membantu dalam membangun kredibilitas sebagai kreator. Untuk akun bisnis, konten kolaborasi QnA juga dapat meningkatkan brand awareness bisnis Anda.

7. Menjawab pertanyaan

Dalam rangka meningkatkan interaksi dengan pengikut, konten menjawab pertanyaan bisa dijadikan konten. Anda dapat memanfaatkan bagian komentar untuk memilih beberapa pertanyaan dari audiens untuk ditanggapi.

Ada banyak pilihan format yang bisa dipakai, seperti postingan Feed, Story, Reels, atau menggabungkannya. Hal tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

8. Mengikuti tren

Ide konten Instagram berikutnya adalah memanfaatkan tren yang sedang ramai. Dengan mengikuti tren, konten yang dibuat bisa menjangkau lebih banyak audiens.

Selain topik, Anda dapat menambahkan lagu yang sedang populer sebagai backsound hingga hastag yang paling banyak digunakan.

Sah-sah saja untuk mengikuti tren yang banyak dibicarakan di Instagram. Namun, Anda harus selektif untuk memanfaatkan tren apa saja yang ingin dipakai. Perhatikan juga relevansi tren tersebut dengan niche dan brand.

9. Review

Jika Anda punya minat pada produk atau layanan, konten ulasan jadi pilihan jenis konten yang layak dicoba. Jenis ini termasuk yang banyak digunakan oleh kreator lainnya karena mudah diimplementasikan pada berbagai niche.

Dalam proses pembuatannya, penting untuk memberikan ulasan yang jujur dan tidak berlebihan. Dengan begitu, konten tetap relevan dan tidak terkesan seperti iklan atau menjatuhkan produk atau layanan.

10. Konten Giveaway

Dibandingkan dengan jenis konten lainnya, konten giveaway sangat disukai oleh audiens. Namun, Anda sebagai penyelenggara harus mempersiapkan dana untuk mengadakannya.

Dalam waktu yang singkat, Anda bisa meningkatkan engagement dengan baik. Pasalnya, persyaratan giveaway biasanya harus mengikuti akun Instagram.

Itulah beberapa ide konten Instagram yang dapat Anda terapkan untuk mengembangkan akun. Dari rekomendasi ide di atas, manakah yang ingin dicoba terlebih dahulu?

Related Topics

InstagramIde Konten

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

12 Tahun Dijual, Rumah Mewah Michael Jordan di Chicago Akhirnya Laku
Isak Tangis Sri Mulyani di Banggar DPR Usai Sepakati RUU APBN 2025
OnlyFans Cetak Rekor Pendapatan, Capai US$6,6 Miliar di 2023
Perbedaan Istana Garuda dan Istana Negara IKN, Jangan Keliru
Alibaba Pertahankan Kepemilikan 88 Miliar Saham GoTo hingga 5 Tahun
Bunga Acuan Turun, BI Proyeksikan Kredit Bank Tumbuh 12%