10 Ide Konten YouTube Menarik, Cocok untuk Pemula!

Buat konten lebih menarik

10 Ide Konten YouTube Menarik, Cocok untuk Pemula!
ilustrasi membuat konten YouTube (unsplash/sebastian pandelache)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Youtube merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan penggunanya untuk berkarya. Ada banyak Youtuber yang berlomba-lomba membuat video dengan berbagai Ide Konten YouTube menarik dengan ciri khasnya sendiri.

Untuk bisa menarik penonton, seorang YouTuber haruslah memiliki ciri khas tersendiri yang didukung dengan kualitas konten menarik. 

Tidak heran, persaingan konten di YouTube pun semakin ketat. Bagi pemula, tentu hal ini menjadi tantangan tersendiri untuk bisa merintis channel YouTube.

Ada banyak ide konten yang bisa Anda kembangkan di YouTube. Berikut beberapa pilihan ide yang bisa dicoba.

1. Vlog

Sebagai pemula wajar jika Anda merasa kebingungan mencari Ide konten YouTube untuk channel yang baru dibuat. Sebagai permulaan, Anda bisa membuat konten vlog atau video log. 

Vlog termasuk cara terbaik untuk memulai konten YouTube Anda. Bersifat ringan dan mudah untuk dipahami penonton, Anda bisa membuat konten daily vlog dengan membagikan keseharian.

Terlebih konten daily vlog termasuk konten yang banyak diminati oleh penonton YouTube. Maka dari itu, Anda bisa membuat konten tersebut agar penonton tertarik untuk mengetahui keseharian sebagai kreator.

Anda bisa merekam berbagai kegiatan berkaitan kehidupan Anda. Bisa berupa cerita sehari-hari, perjalanan ke beberapa tempat, ulasan produk, rekomendasi, dan lain sebagainya.

2. Tutorial

Tidak jarang, pengguna YouTube membuka aplikasi tersebut untuk mencari tutorial atau cara melakukan sesuatu dengan format video. Lewat hal tersebut, Anda bisa memanfaatkanya untuk membuat konten tutorial. 

Agar lebih menarik, buatlah tutorial yang informatif dan mudah untuk diikuti oleh penonton. Dengan begitu, pengguna yang menontonnya tidak merasa kesulitan.

Meskipun tergolong sebagai jenis konten yang populer, Anda perlu jeli dalam mencari masalah atau kesulitan yang paling banyak dicari solusinya.

Misalnya, cara transfer uang tanpa admin, cara membuka ponsel yang mati total, dan lain-lain. Anda bisa menemukan berbagai ide konten tutorial dari kegiatan sehari-hari.

3. Travelling

Punya hobi jalan-jalan atau menjelajahi berbagai tempat yang jarang orang tahu? Anda bisa menjadikan hobi tersebut sebagai salah satu ide konten YouTube menarik. 

Selama perjalanan tersebut, Anda bisa mendokumentasikan dan mengeditnya menjadi sebuah konten menarik. 

Dari ide konten ini, Anda bisa membuat berbagai konten tentang travelling, mulai dari pemandangan tempat yang dikunjungi, tips jalan-jalan ke suatu tempat, hingga cara menuju lokasinya.

Lewat satu ide konten utama, Anda sudah bisa mendapatkan berbagai konten menarik.

4. Review

Jika Anda memiliki minat pada produk atau layanan tertentu, Anda dapat menjadi seorang reviewer atau pengulas.

Anda banyak niche konten yang bisa dijadikan konten ulasan, seperti makanan, fashion, makeup, buku, film, gadget, dan sebagainya.

Dalam membuat konten review, penting untuk memberikan ulasan yang jujur dan relevan. Ulasan yang berlebihan tentu akan berdampak keseluruhan konten yang dibuat. 

Maka dari itu, penting untuk memiliki kemampuan deskripsi dan menjelaskan sesuatu dengan baik.

5. Kuliner

Salah satu ide konten YouTube yang potensial mendatangkan banyak penonton adalah konten bertema kuliner.

Saking banyak peminatnya, ada banyak YouTuber yang mengklaim dirinya sebagai food traveller, food vlogger, dan lain sebagainya.

Untuk memulai konten satu ini, Anda perlu melakukan riset mendalam agar konten yang dibuat menarik dan unik. 

Konten kuliner mainstream akan sulit untuk bersaing dengan YouTuber yang sudah lama berkecimpung di sana. Oleh sebab itu, Anda bisa menemukan keunikan dan ciri khas yang membedakan konten Anda dengan kreator lainnya.

6. Video game

Berawal dari hobi main game, Anda bisa memperoleh uang dari sana. Selain menjadi profesional gamer, Anda bisa membuat konten tentang video game di channel YouTube

Ada cukup banyak kreator game yang mengunggah video mereka ketika bermain permainan, mulai dari streaming game, ulasan tentang game yang dimainkan, hingga rekomendasi game.

Agar lebih menarik penonton, Anda bisa membangun citra diri yang akan ditampilkan. Hal tersebut membantu Anda dikenali oleh pengguna lainnya.

7. Memasak

Hobi memasak ternyata bisa dijadikan sebagai sebuah konten menarik di YouTube. Jenis konten satu ini juga cukup memiliki banyak peminat.

Dibandingkan teks, sebagian besar orang lebih menyukai konten memasak dalam bentuk format video.

Anda bisa membuat berbagai macam tutorial dan tips memasak untuk kebutuhan konten di channel YouTube. Untuk meningkatkan jumlah penonton, Anda bisa membagikan video resep-resep unik yang jarang diketahui atau resep viral.

8. Cerita horor atau misteri

Ide konten YouTube berikutnya adalah konten cerita horor atau misteri. Bagi Anda yang suka mengeksplorasi cerita misteri atau tempat-tempat angker, hal tersebut bisa menjadi konten yang unik dan menarik.

Ide konten ini juga memiliki peminat yang cukup banyak. Terlebih bagi orang yang penasaran dengan hal-hal yang tidak bisa dijelaskan secara ilmiah atau berbau misteri.

9. Podcast

Konten podcast menjamur kalangan kreator YouTube. Ada banyak konten talkshow yang membahas topik-topik tertentu dan dijadikan sebagai tema obrolan. 

Konten ini cukup menarik karena penonton bisa mengetahui berbagai opini dari orang lain. Tidak jarang, penonton juga memberikan opini mereka di kolom komentar. 

Anda bisa mengajak seseorang untuk diajak untuk berdiskusi dan bertukar pandangan mengenai topik yang sedang hangat dibicarakan atau jarang dibahas.

10. Edukasi

Tidak hanya untuk hiburan semata, YouTube juga banyak dijadikan sebagai media edukasi bagi penggunanya.

Jika Anda merasa memiliki ilmu yang perlu dibagikan kepada orang lain, Anda bisa memanfaatkan YouTube sebagai sarana edukasi.

Konten edukasi bisa berupa banyak ide konten, seperti matematika, kimia, teknologi, dan lain sebagainya. Anda bisa membagikan materi-materi yang relevan atau praktik nyata pengaplikasian ilmu tersebut di dunia nyata.

Itu dia beberapa ide konten YouTube yang bisa dijadikan sebagai referensi oleh content creator pemula untuk membuat konten lebih menarik. Dari rekomendasi di atas, mana ide konten yang ingin dicoba?

Related Topics

YoutubeIde Konten

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

12 Tahun Dijual, Rumah Mewah Michael Jordan di Chicago Akhirnya Laku
Isak Tangis Sri Mulyani di Banggar DPR Usai Sepakati RUU APBN 2025
OnlyFans Cetak Rekor Pendapatan, Capai US$6,6 Miliar di 2023
Perbedaan Istana Garuda dan Istana Negara IKN, Jangan Keliru
Alibaba Pertahankan Kepemilikan 88 Miliar Saham GoTo hingga 5 Tahun
Bunga Acuan Turun, BI Proyeksikan Kredit Bank Tumbuh 12%