Samsung S24 Series vs iPhone 16 Series, Mending Mana?

Persaingan ketat di kelas flagship

Samsung S24 Series vs iPhone 16 Series, Mending Mana?
ilustrasi samsung s24 series vs iphone 16 series (Dok. samsung.com dan Dok. apple.com)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Di tahun 2024, beberapa merek ponsel merilis ponsel terbarunya. Bahkan, perilisannya banyak dinantikan oleh penggemarnya.

Salah satunya Samsung yang meluncurkan Galaxy 24 Series di awal tahun. Apple juga tidak ketinggalan dengan merilis seri iPhone 16 terbarunya pada bulan September ini.  

Peluncuran kedua ponsel flagship ini ternyata banyak dibandingkan satu sama lain. Perdebatan tentang Samsung S24 Series vs IPhone 16 Series pun jadi topik hangat.

Untuk mengetahui lebih jelas perbandingan keduanya, berikut ulasan spesifikasi kedua ponsel tersebut yang menarik untuk diketahui.

Chipset

Samsung S24 Series dan iPhone 16 Series memakai chipset unggulan terbaru untuk mendukung performanya. Namun, keduanya memiliki perbedaan dalam kinerja dan fiturnya.

Dalam seri Galaxy terbarunya, Samsung menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 3 untuk menopang kinerjanya. Ditambah dengan dua varian RAM dan memori penyimpanan, masing-masing sebesar 8/256GB dan 8/512GB

Dengan chipset tersebut, Samsung S24 memberikan pengalaman bermain game dan menangani beban kerja AI lebih optimal.

Di sisi lain, iPhone 16 Series ditenagai oleh chip A18. Pemakaian chipset tersebut dirancang dengan performa terdepan untuk mendukung kinerja game grafis tinggi, fitur fotografi, dan teknologi AI buatan Apple.

Selain itu, chipset yang juga dibangun dengan dengan teknologi 3-nanometer generasi kedua juga mampu meningkatkan efisiensinya.

Layar

Kedua ponsel ini sama-sama mengusung layar berteknologi OLED dengan resolusi tinggi untuk mengahasilkan tampilan yang lebih tajam dan hidup.

Kendati demikian, kedua ponsel ini memiliki perbedaan dari segi layar dan ukurannya.

Galaxy S24 mempunyai layar AMOLED berukurkan 6,2 inci beresolusi 2340 x 1080 pixel dengan refresh rate 120Hz. Untuk kecerahannya, S24 unggul dengan kecerahan maksimal 2600 nits. 

Sementara itu, iPhone 16 menggunakan layar Super Retina SDR OLED 6,1 inci dengan refresh rate 60Hz. Dari segi kecerahan, iPhone 16  memiliki puncak kecerahan 2000 nits.

Kualitas kamera

Selain prosesor yang digunakan, kualitas kamera antara Samsung S24 Series vs iPhone 16 Series juga banyak dibandingkan. Kedua ponsel flagship tersebut menawarkan kamera berkualitas profesional bagi penggunanya.

Dari sektor kameranya, Samsung S24 Series hadir dengan kamera utama 100 MP, dua kamera telefoto 10 MP dengan zoom 3x, dan lensa periskop 50 MP dengan zoom 5x. Kamera depannya memiliki resolusi 12MP.

Tambahan lensa telefoto ini juga menawarkan fleksibilitas lebih pada Samsung S24 Series.

Ponsel ini juga mampu merekam video dalam format 8K pada 30 fps serta 4K pada 60 fps untuk menghasilkan rekaman yang halus dan tajam.

Sementara itu, iPhone 16 Series telah dilengkapi dengan kamera belakang 48MP, 12MP ultra wide, kamera depan 12MP, dan lensa telefoto dengan kemampuan zoom 5x. 

Untuk perekaman video, iPhone 16 Pro Max telah didukung mode sinematik, perekaman 4K dengan 60 fps dan 120 fps, dan teknologi ProSes untuk video profesional.

Pada seri iPhone 16 pro dan Pro Max, Apple juga melengkapinya dengan tombol Kontrol Kamera yang responsif. Di waktu mendatang, fitur tersebut juga akan didukung dengan kecerdasan visual.

Baterai

Daya tahan baterai juga menjadi pertimbangan tersendiri pada kelas flagship. Kapasitas baterai Samsung S24 sebesar 4.000mAh sebagai standarnya dengan pengisian kabel 24W dan pengisian nirkabel Qi2 pada 15W.

Dengan kapasitas tersebut, Samusng mengklaim Galaxy S24 Series mampu bertahan hingga 13 jam dengan kecerahan adaptif tanpa perlu mengisi daya.

Dari segi kualitas baterai dan pengisian, iPhone 16 Series mendukung pengisian kabel 25W yang tidak jauh berbeda dengan S24.

Namun, Apple menggunkan MagSafe dan mengadopsi standar Qi2 terbaru sehingga pengisian lebih cepat dan efesien.

Baterai juga lebih tahan lama dari penggunaan chipset A18 yang mendukung efisiensi ponselnya.

Teknologi AI

Dalam perdebatan Samsung S24 Series vs iPhone 16 Series, teknologi Artificial Intelegence (AI) juga menjadi topik menarik antara kedua ponsel tersebut.

Baik Galaxy S24 dan iPhone 16, keduanya sudah dilengkapi dengan fungsional AI.

Dalam seri terbarunya, S24 Series telah dilengkapi dengan Samsung Galaxy AI untuk meningkatkan pengalaman penggunanya.

Sejumlah fitur yang ditawarkan Galaxy AI mampu memberikan kemudahan dalam aktivitas sehari-hari penggunanya.

Ada fitur Circle to Search yang memungkinkan mencari informasi dengan melingkari objek gambar.

Selain itu, Anda bisa menjerjemahkan panggilan atau membuat transkrisp ketika merekam suara secara otomatif dengan fitur Transcipt Assist dan Live Translate. Anda juga dapat mengedit foto lebih mudah dengan fitur Photo Assist.

iPhone 16 Series juga dibekali dengan Apple Intelligence. Teknologi AI buatan Apple ini menawarkan fitur unggulan dalam Writing Tools dan pengeditan foto lebih mudah. 

Menariknya, teknologi ini terintegrasi dengan Siri. Dengan begitu, penggunaan Siri lebih natural, fleksibel, dan terintegrasi lebih menyeluruh.

Desain

Dilihat secara sekilas, kedua ponsel ini memilii kesamaan desain yang mengusung bentuk persegi panjang dengan sudut membulat. Namun, terdapat beberapa perbedaan yang cukup signifikan dari segi desainnya.

Pada bagian depannya, S24 menggunakan kamera depan dengan bulatan kecil di dalam layar sehingga memberi kesan minimalis.

Di sisi lain, iPhone 16 memiliki desain yang lebih menonjol dengan Dynamic Island berbentuk pil untuk menampung kamera depan dan Face ID.

Untuk bagian belakangnya, bentuk kamera S24 tersusun secara vertikal dengan cincin-cincin kamera paa sisi kiri atas.

Sementara itu, iPhone 16 memposisikan kamera ganda dalam susunan vertikal pada model standar dan kotak pada sei Pro.

Material yang dipakai juga berbeda satu sama lain. Galaxy S24 dibuat dengan material alumunium untuk versi reguler dan Titanium untuk model Ultra.

Material yang dipakai iPhone 16 juga serupa dengan S24, tetapi Apple melengkainya dengan lapisan kaca Ceramid Shield.

Harga

Harga Samsung S24 Series vs iPhone 16 Series termasuk kompetitif dengan berbagai fitur yang ditawarkan keduanya. Dilihat dari range harganya, kedua ponsel ini tidak jauh berbeda.

Galaxy S24 sudah bisa dimiliki mulai dari Rp13,9 juta untuk versi regulernya hingga Rp27,9 untuk S24 Ultra.

Di sisi lain, harga iPhone 16 mulai dari 799 dolar AS atau sekitar Rp12,3 juta sampai 1,599 dolar AS atau Rp24,7 juta untuk Pro Max.

Demikian beberapa perbedaan spesifikasi yang bisa Anda temui dalam pembahasan Samsung S24 Series vs iPhone 16 Series. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing sehingga Anda bisa menentukannya sesuai dengan kebutuhan dan bujet.

Semoga bermanfaat.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

12 Tahun Dijual, Rumah Mewah Michael Jordan di Chicago Akhirnya Laku
Isak Tangis Sri Mulyani di Banggar DPR Usai Sepakati RUU APBN 2025
OnlyFans Cetak Rekor Pendapatan, Capai US$6,6 Miliar di 2023
Bunga Acuan Turun, BI Proyeksikan Kredit Bank Tumbuh 12%
Perbedaan Istana Garuda dan Istana Negara IKN, Jangan Keliru
TikTok Ungkap 4 Jenis Konsumen, Penjual Harus Paham