7 Aplikasi Scan Dokumen Terbaik di Android, Bikin Kerjaan Lancar

Scan dokumen mudah di aplikasi Android.

7 Aplikasi Scan Dokumen Terbaik di Android, Bikin Kerjaan Lancar
Ilustrasi aplikasi camscanner/Dok. camscanner
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Aplikasi scan dokumen terbaik di Android bisa membantu Anda memudahlan pekerjaan hanya dari smartphone. Dengan kemajuan teknologi yang pesat, banyak hal yang dulunya memerlukan perangkat besar kini dapat dilakukan hanya dengan smartphone. Salah satunya adalah kemampuan untuk memindai dokumen ke dalam bentuk softcopy atau PDF.

Berkat beberapa aplikasi canggih, kini Anda dapat dengan mudah mengubah dokumen kertas menjadi format digital langsung dari perangkat Android Anda.

Merangkum IDN Times, berikut ini aplikasi scan dokumen terbaik di Android yang tidak hanya memindai, beberapa aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur pengeditan dan integrasi langsung dengan layanan penyimpanan cloud. 

1. Adobe Scan

Adobe Scan (androidpolice.com)

Adobe Scan adalah aplikasi pemindai dokumen yang dikembangkan oleh Adobe, pencipta format PDF yang sering digunakan untuk dokumen digital. Aplikasi ini memanfaatkan kamera ponsel untuk memindai dokumen dan mengubahnya menjadi file PDF. Keunggulan utama menggunakan Adobe Scan adalah kemampuannya untuk terintegrasi dengan aplikasi Adobe lainnya, seperti Adobe Acrobat dan Adobe Fill & Sign.

Salah satu aplikasi scan dokumen terbaik di Android ini memungkinkan pengguna tidak hanya untuk memindai file PDF, tetapi juga untuk mengedit, memberi anotasi, menandatangani, dan banyak lagi. Apa yang terbaik dari semuanya? Adobe Scan dapat diunduh dan digunakan secara gratis.

2. Abby FineReader PDF

Abby FineReader PDF (play.google.com)

Jika Adobe Scan terasa terlalu sederhana, ada Abby FineReader PDF untuk mereka yang membutuhkan fitur lebih lengkap. Aplikasi ini menggunakan metode "pengenalan karakter huruf" untuk memindai teks dalam dokumen dalam 193 bahasa dan mendukung 12 format file termasuk DOCX, PDF, dan TXT.

Selain itu, FineReader juga dilengkapi dengan berbagai alat yang mudah digunakan, di mana pengguna bisa menambahkan tanda tangan atau catatan pada dokumen yang dipilih. Menariknya, aplikasi ini juga memiliki fitur bernama BookScan untuk mendigitalkan buku dengan mudah.

3. Genius Scan

Genius Scan (techpp.com)

Genius Scan adalah salah satu aplikasi pemindai dokumen paling populer, dengan pengembangnya mengklaim telah memindai lebih dari setengah miliar dokumen hingga saat ini. Dokumen yang dipindai dengan aplikasi ini akan disimpan dalam format JPG dan PDF.

Selain itu, aplikasi scan dokumen terbaik di Android ini memiliki beberapa fitur tambahan yang dapat digunakan, seperti peningkatan kualitas dokumen yang telah dipindai untuk memastikan hasilnya terbaca dengan jelas. Seperti kebanyakan aplikasi dalam daftar ini, pengguna juga bisa mengunggah file mereka langsung ke berbagai layanan cloud seperti Dropbox, Google Drive, dan OneDrive.

4. SwiftScan

SwiftScan (softowa.com)

SwiftScan mengeklaim sebagai solusi yang cepat dan mudah untuk memindai dokumen dalam kualitas tinggi hanya dengan menggunakan perangkat mobile. Selain dokumen, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk memindai struk pembelian, kwitansi, tulisan pada papan tulis, kartu nama, dan berbagai jenis dokumen lainnya.

Setelah dipindai, pengguna juga memiliki opsi untuk memotong atau mengoptimalkan dokumen agar hasilnya lebih baik. Setelah proses tersebut selesai, file akan disimpan dalam format PDF atau JPG dan dapat langsung diunggah ke berbagai layanan penyimpanan cloud yang populer.

5. CamScanner

CamScanner (geckoandfly.com)

Seperti namanya, CamScanner mengubah kamera ponsel pengguna menjadi alat pemindai dokumen yang efisien. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat dengan mudah memindai berbagai jenis dokumen, yang akan otomatis disimpan dalam format PDF dan diunggah ke beberapa layanan penyimpanan cloud pilihan.

Sebelum mengunggahnya, pengguna juga memiliki opsi untuk melakukan berbagai penyuntingan seperti menambahkan anotasi dan watermark, atau bahkan menambahkan passcode untuk meningkatkan keamanan. CamScanner dapat diunduh secara gratis, tapi tersedia juga opsi premium untuk fitur tambahan.

6. Office Lens

Office Lens (neowin.net)

Office Lens menjadi salah satu aplikasi pemindai terkemuka bukan hanya karena dikembangkan oleh Microsoft, tetapi juga karena kelebihannya yang tidak memiliki iklan, tidak memiliki pembelian dalam aplikasi, dan dapat diunduh secara gratis.

Dengan Office Lens, pengguna dapat memindai tidak hanya dokumen, tetapi juga tulisan pada papan tulis, dan menyimpannya dalam format PDF, Word, dan PowerPoint.

Selain itu, salah satu aplikasi scan dokumen terbaik di Android ini mendukung penyimpanan dokumen yang dipindai ke OneNote dan OneDrive, serta memiliki dukungan untuk berbagai bahasa seperti Jerman, Spanyol, dan Cina.

7. Clear Scan

Clear Scan (apkpure.com)

Clear Scan adalah aplikasi pemindai dokumen yang sederhana dan mudah digunakan. Proses pemindaian dokumen dengan aplikasi ini sangat cepat, dan pengguna memiliki opsi untuk langsung mengunggahnya ke penyimpanan cloud seperti Google Drive, OneDrive, dan Dropbox.

Dokumen yang dipindai akan disimpan dalam format PDF atau JPG, dan dapat diedit sebelumnya sesuai dengan kebutuhan pengguna. Keunggulan utama aplikasi ini terletak pada kecepatan pemindaian yang efisien, serta fakta bahwa ukurannya kecil dan dapat diunduh secara gratis. Ini adalah ringkasan dan rekomendasi aplikasi terbaik untuk pemindaian dokumen di platform Android.

Itulah ulasan serta rekomendasi aplikasi scan dokumen terbaik di Android. Semoga bermanfaat dan bisa memudahkan Anda dalam bekerja.

 

Related Topics

Aplikasi Android

Magazine

SEE MORE>
Businessperson of the Year 2024
Edisi Oktober 2024
Turning Headwinds Into Tailwinds
Edisi September 2024
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024

IDN Channels

Most Popular

Izin Usaha Investree Dicabut OJK, Bagaimana Nasib Nasabah?
Prabowo Lantik Raffi Ahmad hingga Gus Miftah Jadi Utusan Presiden
Kemenkeu Tidak Lagi di Bawah Menko, Langsung Koordinasi ke Presiden
Ferrari F80, Supercar Edisi Terbatas Rp60 Miliar Resmi Mengaspal
Prabowo Lantik Luhut Jadi Penasihat Khusus Presiden
Daftar Kepala Badan, Utusan Hingga Penasihat Khusus Prabowo