Menilik Aplikasi Super Logistik Maritim di Indonesia, Seperti Apa?

Aplikasi kolaborasi Google Cloud dan perusahaan Indonesia.

Menilik Aplikasi Super Logistik Maritim di Indonesia, Seperti Apa?
Ilustrasi logistik. Shutterstock/Travel Mania
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT Meratus Line berkolaborasi Google Cloud dan Metrodata Electronics membuat aplikasi super logistik maritim pertama di Indonesia. Platform ini menanamkan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) ke dalam operasional aplikasi.

CEO PT Meratus Line, Farid Belbouab, menjelaskan cloud data terbuka dari Google Cloud memberdayakan staf perusahaan untuk mengembangkan aplikasi super dengan kecepatan dan ketangkasan yang lebih tinggi.

Dia menjelaskan, perusahaan  akan terus bekerja sama dengan Google Cloud dan Metrodata dalam memperluas layanan distribusi logistik di seluruh Nusantara dan sekitarnya.

“Ini untuk mengoptimalkan proses bisnis dan menghadirkan pengalaman pelanggan kelas dunia yang terintegrasi,” ujarnya dalam keterangan pers, dikutip Rabu (22/2).

Presiden Direktur, PT Metrodata Electronics Tbk, Susanto Djaja, mengatakan pihaknya mendukung perjalanan digitalisasi Meratus dan upayanya membangun aplikasi super logistik maritim pertama di Indonesia. Ke depannya, aplikasi diharapkan dapat membawa customer-centricity ke tingkat berikutnya dan memperkuat posisi Meratus di industri.

Hingga saat ini Meratus mengoperasikan lebih dari 40 jaringan keagenan, dua terminal peti kemas, lebih dari 20 pusat logistik peti kemas, dan lebih dari 65 kapal, yang membantu memberikan layanan transportasi point-to-point meliputi jalur pelayaran domestik dan internasional.

Optimalisasi teknologi dalam aplikasi

Kolaborasi Google Cloud dan Meratus/Dok. Meratus

Meratus juga menggandeng Google Cloud dalam pemanfaatan pusat data dan Google Kuberneter Engine (GKE) terkait penerapan aplikasi dan platform manajemen antarmuka pemrograman aplikasi (API) Apigee otomatis dalam memecah silo data internal.

Hasilnya, layanan Meratus dapat diakses oleh pelanggan melalui antarmuka aplikasi tunggal.  Pengguna dapat melihat jadwal kapal terbaru, memesan kiriman, pemberitahuan setelah pesanan dikonfirmasi, dan melacak lokasi kargo saat kapal berada di laut.

Dengan GKE yang mengurangi kebutuhan akan konfigurasi IT backend manual, tim teknologi Meratus dapat menggunakan kembali waktu dan sumber daya mereka untuk mengembangkan fitur aplikasi super baru yang memberi nilai tambah bagi pelanggan.

Kolaborasi ini juga memanfaatkan basis data modern Google Cloud, sehingga memungkinkan Meratus beralih ke VisionAI dan mesin pembelajar atau machine learning yang telah dilatih untuk computer vision, bahasa, dan data terstruktur di platform Vertex AI.

Alat bertenaga AI itu akan memberi tim operasi Meratus visibilitas terperinci dan real-time ke dalam pasokan dan permintaan untuk berbagai jenis kapal dan kontainer pengiriman. Dengan begitu, tim Meratus bisa mencocokkan sumber daya yang tepat dengan jenis pengiriman yang sesuai.

Dengan pola pengidentifikasian Vision AI dari data sensor yang menunjukkan perubahan kondisi peralatan, khususnya degradasi atau keausan, staf Meratus dapat menentukan nilai aset logistik yang tersisa. 

Country Director, Indonesia and Malaysia, Google Cloud Megawaty Khie berharap pihaknya dapat memperluas kolaborasi dengan Meratus. Selain itu, memajukan tujuan keberlanjutannya dengan teknologi cloud agar cita-cita menjadi pusat transshipment internasional dan pusat logistik maritim terintegrasi tercapai. “Perusahaan terus meningkatkan aplikasi super untuk melayani pelanggan dengan lebih baik," ujarnya.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

35 Ucapan Maulid Nabi Muhammad 2024, Penuh Makna!
Meninjau Valuasi Spin-Off Anak Usaha Adaro dan Dampaknya
Adhi Karya Digugat PKPU Gara-Gara Proyek Hambalang
Apakah Uang Rp100 Ribu Bisa investasi? Ini Pilihannya
Mobil BYD Mulai Banyak Terlihat di Jalan, Ini Data Impornya
Tiga Pesan Penting Sidang Kabinet Terakhir Jokowi di IKN