Meta Habiskan Rp358,02 M untuk Keamanan Mark Zuckerberg

Jutaan dolar dikeluarkan setiap tahun untuk melindungi CEO.

Meta Habiskan Rp358,02 M untuk Keamanan Mark Zuckerberg
CEO Meta, Mark Zuckerberg/Dok. instagram.com/zuck
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Perusahaan teknologi terbesar di dunia mengeluarkan jutaan dolar setiap tahun untuk melindungi CEO mereka. Perlindungan ini dianggap penting karena ancaman terhadap keselamatan CEO dapat berdampak besar pada kinerja perusahaan secara keseluruhan, baik dari segi finansial maupun reputasi. 

Di antara tunjangan yang diberikan kepada para eksekutif, biaya keamanan sering kali menjadi yang termahal terutama untuk pemimpin bisnis ternama. Biaya ini mencakup pemantauan rumah, pengawal pribadi, hingga konsultasi keamanan, dan bisa menelan biaya besar, bergantung pada eksekutifnya. Melansir Fortune.com pada (17/9), biaya yang dikeluarkan tak sedikit. Misalnya, Meta yang menganggarkan US$23,4 juta atau setara Rp358,02 miliar untuk keamanan pribadi Mark Zuckerberg 

CEO LionHeart Security Services, Bill Herzog, menjelaskan bahwa penting bagi perusahaan untuk berinvestasi dalam perlindungan CEO, khususnya jika mereka adalah orang-orang terkaya di dunia seperti Mark Zuckerberg dari Meta dan Elon Musk dari Tesla. Menurut Herzog, CEO selebritas seperti mereka bisa menjadi target khusus. Jika terjadi sesuatu pada mereka, dampak finansial dan reputasi bagi perusahaan bisa sangat besar.

“Ketika seseorang bernilai jutaan atau miliaran dolar dan memimpin perusahaan, ada ancaman nyata akan penculikan, pemerasan, bahkan ancaman terhadap nyawa mereka,” kata Herzog.

Perlindungan 24 jam yang membutuhkan tenaga ahli keamanan dan sumber daya khusus dapat menelan biaya hingga US$1 juta per tahun untuk dua penjaga, dengan tarif per jam mencapai US$60 atau lebih. Namun, beberapa perusahaan membayar lebih dari itu. Berikut beberapa perusahaan teknologi yang mengeluarkan biaya terbesar untuk melindungi CEO mereka. Seberapa mahal biaya yang harus dikeluarkan perusahaan?

Berapa anggaran keamanan untuk melindungi para CEO?

Fortune.com

Meta
Meta menjadi perusahaan dengan pengeluaran keamanan tertinggi untuk CEO dan pendirinya, Mark Zuckerberg. Pada 2023, perusahaan ini menghabiskan US$23,4 juta untuk keamanan pribadi Zuckerberg, dengan perincian US$9,4 juta untuk biaya keamanan langsung dan US$14 juta sebagai tunjangan tahunan sebelum pajak untuk menutupi biaya keamanan tambahan bagi Zuckerberg dan keluarganya. Pada 2022 dan 2021, biaya ini bahkan mencapai US$24 juta dan US$25 juta. 

Meta berpendapat bahwa biaya ini sangat penting karena posisi Zuckerberg yang identik dengan perusahaan, sehingga sentimen negatif terhadap Meta seringkali beralih langsung kepada Zuckerberg. Untungnya, Zuckerberg juga penggemar seni bela diri campuran, yang mungkin sedikit membantu perlindungannya.

Alphabet
CEO Alphabet, Sundar Pichai, juga mendapatkan perlindungan keamanan tinggi. Pada 2023, perusahaan menghabiskan US$6,8 juta untuk keamanan pribadi Pichai. Selain itu, Alphabet juga menyediakan mobil perusahaan dan akses ke pesawat jet pribadi.

Tesla
Elon Musk, CEO Tesla, terkenal sering berada di bawah sorotan publik. Pada 2023, Tesla membayar US$2,4 juta kepada perusahaan keamanan milik Musk untuk melindunginya, ditambah US$500.000 hingga Februari tahun ini. Musk mengklaim bahwa ada dua upaya pembunuhan terhadap dirinya dalam delapan bulan terakhir.

Nvidia
CEO Nvidia, Jensen Huang, meskipun menjadi salah satu bintang di dunia teknologi saat ini, mendapatkan biaya keamanan yang relatif lebih rendah dibandingkan rekan-rekannya. Pada tahun fiskal 2024, Nvidia menghabiskan US$2,2 juta untuk keamanan rumah dan konsultasi, serta ratusan ribu dolar untuk layanan pemantauan keamanan dan sopir.

Apple
CEO Apple, Tim Cook, meskipun tidak seterkenal pendahulunya Steve Jobs, juga mendapatkan perlindungan ketat. Pada 2023, Apple mengeluarkan US$820.309 untuk biaya keamanan Cook, yang masih lebih rendah dibandingkan US$1,6 juta yang dihabiskan untuk penggunaan jet pribadinya.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

12 Tahun Dijual, Rumah Mewah Michael Jordan di Chicago Akhirnya Laku
Isak Tangis Sri Mulyani di Banggar DPR Usai Sepakati RUU APBN 2025
OnlyFans Cetak Rekor Pendapatan, Capai US$6,6 Miliar di 2023
Perbedaan Istana Garuda dan Istana Negara IKN, Jangan Keliru
Alibaba Pertahankan Kepemilikan 88 Miliar Saham GoTo hingga 5 Tahun
Bunga Acuan Turun, BI Proyeksikan Kredit Bank Tumbuh 12%